Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gembala Yang Sebenarnya

Gembala Yang Sebenarnya

Ratings: (0)|Views: 366|Likes:
GEMBALA YANG SEBENARNYA
“Kamu adalah domba-dombaku, domba GembalaanKu, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah Firman Tuhan Allah”. (Yehezkiel 34:31). Sejak ITKA Extension didirikan pada tahun 1977 sampai saat ini, inilah retreat pertama yang dilaksanakan dan didanai sepenuhnya oleh mahasiswa. Tentu semuanya ini adalah merupakan hasil kerja keras para anggota Ministrial Club, staff dan officers Ministrial Club. Untuk itu saya secara pribadi harus menyampaikan salut dan terimakasih yang sebesarbesarn
GEMBALA YANG SEBENARNYA
“Kamu adalah domba-dombaku, domba GembalaanKu, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah Firman Tuhan Allah”. (Yehezkiel 34:31). Sejak ITKA Extension didirikan pada tahun 1977 sampai saat ini, inilah retreat pertama yang dilaksanakan dan didanai sepenuhnya oleh mahasiswa. Tentu semuanya ini adalah merupakan hasil kerja keras para anggota Ministrial Club, staff dan officers Ministrial Club. Untuk itu saya secara pribadi harus menyampaikan salut dan terimakasih yang sebesarbesarn

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Rudolf Weindra Sagala on Aug 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
GEMBALA YANG SEBENARNYA
“Kamu adalah domba-dombaku, domba GembalaanKu, dan Aku adalah Allahmu,demikianlah Firman Tuhan Allah”. (Yehezkiel 34:31).
Sejak ITKA Extension didirikan pada tahun 1977 sampai saat ini, inilah retreat pertama yangdilaksanakan dan didanai sepenuhnya oleh mahasiswa. Tentu semuanya ini adalahmerupakan hasil kerja keras para anggota Ministrial Club, staff dan officers Ministrial Club.Untuk itu saya secara pribadi harus menyampaikan salut dan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada para mahasiswa Kependetaan. STFT Surya Nusantara, khususnya jugaterima kasih kepada Adcom. PTASN.Pada saat ini saya mengajak anda untuk belajar dari “The Real Shepherd”.Saudara-saudara para calon gembala, pada saat ini kita akan melihat “Gembala yangSebenarnya” itu. Sehingga kita dapat meneladani cara kerja dan sifatNya.Untuk itu mari kita membuka Alkitab kita dalam Yehezkiel 34:31;“Kamu adalah domba-dombaku, domba gembalaanKu,dan Aku adalah Allahmu, demikianlah Firman Tuhan Allah”.Berulang kali Alkitab menegaskan bahwa yang menjadi gembala kita adalah Yesus,Dialah”The Real Shepheardsementara kita menurut Ellen G. White hanya “TheUndershepheard”.A.Yesus: Gembala yang Baik Alkitab mencatat bahwa satu-satunya Gembala yang baik adalah Yesus. Injil Yohanes 10:11 berbunyi: “Akulah Gembala Yang Baik”.Dalam bukunya Gospel Workers, halaman 181-184 memberikan sedikitnya 6 ciri-ciri dariGembala yang baik:1.Mengenal Bapa (GW 181; Yohanes 10:15).Istilah mengenai
(

)
dalam ayat ini bukan hanya sekedar mengetahui secaraluar saja, melainkan secara luar dan dalam. Ini berarti, mengetahui sifat dan tabiat Allah danmemiliki sifat seperti sifat Allah.Salah satu sarana yang dapat membantu kita untuk lebih mengenal Allah adalah dengan belajar Alkitab. Yesus adalah seorang pelajar Alkitab yang rajin, tidak heran Dia dapatmengenal Allah secara sempurna dan lengkap. Lukas 4:16 menyatakan bahwa adalahmerupakan kebiasaan Yesus untuk membaca Alkitab. Jadi masuk akal jika Yesus dapatmegalahkan cobaan setan dengan mengatakan “ada tertulis”, sebab Dia sudah biasamempelajarinya, bagaimana mungkin Yesus dapat berkata “ada tertulis” jika Dia tidak  pernah membacanya.
 
Cara yang lainnya agar kita dapat mengenal Bapa adalah melalui “doa”, yang adalahmerupakan “nafas jiwa” dan “rahasia kuasa rohani”. Ny. White berkata dalam buku Gospel Workers, hal. 249: “Ministers who would labor effective for the salvation of souls must be both Bible students and men of prayer”. (Para pendeta yang ingin bekerja dengan efektif bagi keselamatan jiwa-jiwa haruslah menjadi pelajar Alkitab dan menjadi orang yang suka berdoa).Sebenarnya kesua hal ini yaitu kemauan untuk “belajar Alkitab” dan “berdoa” sudah cukupuntuk menjadikan anda menjadi seorang “gembala bawahan yang baik” sama seperti Yesusadalah gembala yang baik. Ny. White lebih lanjut menerangkan manfaat belajar Alkitab:
“Memperkuat otak, mengagungkan tabiat, berpikiran luas dan memiliki tujuan yang stabil,menghindarkan diri dari dosa, memperbaiki diri, membangkitkan hasrat untuk menenangkan jiwa-jiwa, membuat kita sempurna, dll.
Mengenai manfaat doa, Ny. White berkata: “
memperbaiki kesehatan rohani, menguatkan syaraf dan otot pengalaman kerohanian, memberikan pandangan yang jelas kepada Kristus,menimbulkan kerinduan untuk seperti Kristus, dll.
2.Mengenal Domba (GW 181; Yohanes 10:14).Pengenalan kepada domba tidak didapat hanya dengan memberikan salaman kepada anggota jemaat setelah pendeta selesai berkhotbah. Agar kita dapat mengenal domba-domba makakita harus pergi megunjungi mereka, bergaul dengan mereka.Yesus, gembala yang baik itu telah melakukanNya. Dia pergi kepada orang-orang yangmemerlukan pertolonganNya, pelayananNya tidak pernah dibentengi oleh kelompok, suku,ras, bangsa, dan warna kulit. Dia menerobos bahkan meghancurkan dinding pemisah itu.Dalam buku Ministry of Healing, halaman 143 “Christ method alone will give true succesin reaching the people”. The saviour mingled with men, as one who desired their good. Heshowed His sympathy for them, ministered to their needs, and won their confidence. ThenHe bade them, “follow me”.Untuk dapat mengenal domba, saudara harus bergaul dengan mereka, memelihara mereka,membimbing mereka dan memberi makan mereka, mengunjungi mereka di tempat mereka berada.3.Selalu Memperhatikan Kualitas dan Kuantitas Dombanya (GW 181).Yesus sebagai gembala yang baik selalu memperhatikan kebutuhan dombaNya, Dia selalumemberikan makanan yang bergizi kepada dombaNya (Mazmur 23). Dia juga selalumemlihara dombaNya dan memberikannya perlindungan yang aman. Segala keperluannyadipenuhi serta membimbing dan memberikan pengarahan kepada dombaNya.
 
Dalam cerita mengenai perumpamaan domba yang hilang dalam Lukas 15:1-7, disebutkan bahwa gembala yang baik itu pergi untuk mencari dombanya yang hilang, meskipun hanyaseekor saja yang hilang. Gembala yang baik sangat concern terhadap jumlah dombanya.Sebenarnya dari segi jumlah apalah artinya, tetapi baginya seekor domba sangat berharga.Bagi anda yang ingin menjadai sebagai calon gembala yang baik, ikutilah teladan Yesusyaitu The Reasl Shepherd. Perhatikanlah kelak kualitas dan kuantitas domba-dombamu, berimereka makanan yang segar, bukan khotbah yang gersang, isi mereka dengan Firman Allahyang selalu baru tiap hari.4.Bila Ada Salah Satu Dombanya yang Hilang, Bagaimana Sikapnya? (GW 181, 182).Roh Nubuat menyebutkan bahwa jika hal ini terjadi, maka:(a)hatinya akan sedih(b)Ia akan berusaha untuk mencari domba yang hilang itu meskipun ia harus menghadapi banyak tantangan, seperti: gelap, badai, bahaya, tempat yang tidak pasti. Dia tidak perdulimeskipun waktu untuk mencari itu sangat lama dan melelahkan.Yang pasti, dia tidak akan merasa senang sebelum dia menemukan dombanya yanghilang itu. Segala upaya akan di buat untuk menemukan domba yang hilang itu.Anda sebagai calon gembala, haruslah punya sikap yang sama, jangan puas kalau adaanggota jemaat anda yang murtad atau yang tidak aktif datang ke gereja. Sebaliknyausahakan dengan segenap upayamu untuk kembali menemukan mereka.5.Bilamana Dombanya Yang Hilang itu Ditemukan Kembali Bagaimana Sikapnya? (GW182)Roh Nubuat dalam Gospel Workers, halaman 182 mencatat bagaimana sikap gembala yangitu bila dombanya yang hilang itu ditemukan, antara lain:a.Ia tidak akan memerintahkan domba itu untuk berjalan mengikutinya. b.Ia tidak mengancam atau mencubit domba ituc.Sebaliknya, dia menggendong domba yang hilang itu.d.Ia gembira sidang harus berani mengorbankan segalanya demikepentingan anggota jemaatnya, termasuk mengorbankan waktu dan tenaganya.B.SYARAT UTAMA APAKAH YANG DITUNTUT YESUS DARI KITA AGAR KITALAYAK UNTUK MENJADI GEMBALA?Yohanes 21:15“Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini? Jawab PetruskepadaNya: “Benar, Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau”. Kata Yesuskepadanya: “Gembalakanlah domba-dombaku”.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Apnest Sumule liked this
Masrolince Purba liked this
damarindah liked this
James Bahasa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->