Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
105Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
lompat jauh

lompat jauh

Ratings: (0)|Views: 10,831 |Likes:
Published by smkn1mataram

More info:

Published by: smkn1mataram on Aug 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
LOMPAT JAUH
INFORMASI
Prinsip dasar LOMPAT JAUH adalah : Meraih kecepatan awalan yang setinggi tingginya sambil tetap mampu melakukan tolakan yang kuat keatas dengan satu kakiuntuk meraih ketingian saat melayang yang memadai sehingga dapat menghasilkan jarak lompatan.Kondisi fisik dan tehnik yang memadai perlu dimiliki oleh seorang pelompat yang baik.Pengaruh kondisi pisik atau terlihat pada kecepatan pelompat ketika melakukan awalandan kekuatan dan tolakan pada lompat jauh.Sedangkan keserasian gerak awalan dan tolakan sempat bergantung padakemampuan tehniknya.Apabila kecepatan lari awalan dan tolakan yang baik maka hasil lompatannya pun akanbaik pula.
AWALAN I
Awalan dilakukan dengan berlari yang kian lama kian mendekati kecepatan maksimalnamun masih tetap terkendali untuk melakukan tolakan tujuannya adalah meraihkecepatan maksimal yang terkendali untuk melakukan tolakan yang sekuat-kuatnya.Frekwensi dan panjang langkah lari awalan makin meningkat sampai persiapanmelakukan tolakkan. Sementara itu badan melompat semakin tegak. Pada tiga limalangkah terakir pelompat mempersiapkan diri untuk mengalihkan kecepatan gerakhorizontal kepada kecepatan gerak vertikal dengan tanpa mengurangi kecepatan lari.Pelompat dianjurkan melakukan tolakan pada saat mencapai kecepatan maksimaluntuk mendapatkan tenaga tolakan yang sebesar – besarnya.
 _______________________________________________________ Modul Penjaskes Utk kelas 1 SMKN 1 Mataram
1
 
Untuk itu untuk jarak lari awalan yang digunakan oleh setiap pelompat berbeda – bedatergantung pada kemampuan untuk mencapai kecepatan maksimalnya. Mereka yanglebih cepat mencapai kecepatan maksimalnya. Akan memerlukan jarak awalan yanglebih pendek. Ketimang mereka yang lamban mencapai kecepatan maksimalnyakebanyakan dari para pelompat menggunakan jarak awalan sejauh 45 meter.
TOLAKAN II
Tolakan dilakukan sebagai tahap pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas.Tujuannya adalah menghasilkan tolakan sekuat – kuatnya agar dapat menggangkat titikberat badan setinggi – tingginya.Seluruh telapak tangan kaki bergulir ke depn kaki tolak sedikit dibengkokkan dandisusul oleh gerakan kaki ayun lengan diayun tinggi kedepn berlawanan dengan gerakkaki badan bagian depan dijaga atas dijaga tegak membentuk sudut hampir 90 derajatdengan pandangan kedepan.
 _______________________________________________________ Modul Penjaskes Utk kelas 1 SMKN 1 Mataram
2
 
MELAYANG DI UDARA III
Sasaran pokok dari tehnik melayang diudara adalah :
-
Memelihara keseimbangan badan saat melayang.
-
Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
-
Mengusakan melayang diudara selama mungkin dan
--
Menyiapkan letak kaki dalam posisi yang menguntungkan pada wakti mendarat.Yaitu dengan cara menjulurkan kaki lemas kedepan sehubungan dengan sasaranpokok tehnik melayang diudara maka selanjutnya sering disebut sebagai gaya dalammelakukan lompat jauh.
GAYA LOMPAT JAUH
 
-
Gaya Langkah / Jongkok (Float Style )
-
Merupakan gaya lompat yang dianjurkan diberikan pada pemula termasuk siswa disekolah.
-
Gaya Menggantung ( Hang Style )
-
Karna anggota tubuh bagian bawah mengandung dibawah badan. Kedua lututbembentuk sudut siku – siku dan kedua lengan berada di atas kepala sehinggaposisi tersebut sedang menggantung.
-
Gaya Jalan Diudara ( Walking In The Air )
-
Merupakan gaya yang sekarang paling populer dari pada kedua gaya sebelumnya.Gaya inim lebih menjanjikan tinggal landas yang efisien dan kesempatanmempersiapkan pendapatan yang lebih awal.
 _______________________________________________________ Modul Penjaskes Utk kelas 1 SMKN 1 Mataram
3

Activity (105)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jankz Hungkul liked this
airmy liked this
jp sia liked this
manupsipjj liked this
Bahtiar Tiar liked this
Aizat Fikri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->