Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Euphorbia

Euphorbia

Ratings: (0)|Views: 634 |Likes:
Published by Iya Willya
tugas bahasa indonesia kelas XI SMA
tugas bahasa indonesia kelas XI SMA

More info:

Published by: Iya Willya on Aug 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2013

pdf

text

original

 
MERINGKAS BUKU NON-FIKSI“EUPHORBIA : ARIE W. PURWANTO”
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Sastra dan Bahasa IndonesiaGuru Pembimbing : Hj. Dian Anggraini, S.Pd
OlehTry Willyam NingsihXI IPA 4SMA NEGERI 1 PADANG2009 / 2010
 
Buku ini terdiri dari enam bab yang menjelaskan tentangperawatan euphorbia agar tumbuh lebih baik.
Mengenal Si Mahkota Duri
Euphorbia merupakan salah satu famili Euphorbiaceae yangmempunyai lebih dari 2000 spesies. Tanaman ini tumbuh di daerahyang tropis dan menyukai sinar matahari, sehingga akanmenampilkan bunga yang banyak apabila diletakkan di tempat yangterbuka dengan sinar matahari.Euphorbia memiliki akar tunggang. Akar yang sehat berwarnaputih kecokelatan, sedangkan akar yang sudah tua berwarnacokelat. Tanaman ini memiliki bentuk batang yang bervariasi, adayang menjulang ke atas dan ada yang melengkung. Semakinbertambahnya umur tanaman, batang akan mengeras. Bentukdaunnya pun bervariasi. Ada yang berbentuk bulat telur, lonjongdan jorong. Masing-masing mempunyai ketebalan yang berbeda-beda.Bunga euphorbia memiliki empat bagian utama bunga, yaitumahkota bunga semu, stamen(benang sari), putik, dan bakal buah.Buah euphorbia terletak di ujung tangkai bunga. Buah mudaberwarna hijau dan buah yang tua akan berwarna cokelat. Bijieuphorbia terdapat di dalam buah yang tua. Biji akan terbentuksetelah 3-6 hari sejak penyerbukan dan dapat segera disemaikansetelah dipetik.
Memilih Media Tumbuh
Euphorbia merupakan tanaman yang membutuhkan mediakering. Media tumbuh yang dapat digunakan yaitu arang sekamkarena mudah mengikat air, pasir yang bersifat mudah basah dancepat mengering kembali, serbuk kelapa yang bersifat ringan danmudah pemeliharaanya, pakis yang mudah dihancurkan menjadipotongan-potongan kecil dan mengandung unsur hara serta pupukkandang juga dipakai sebagai campuran media tanam. Tanaman euphorbia yang berkualitas tinggi dapat dilihat daribatang yang terlihat gemuk berisi, padat, kuat, tegak dan tidakbengkok. Daun yang berwarna hijau muda sampai hijau tua dantidak terserang hama atau penyakit. Bunga dengan helaianmahkota tebal menandakan tanaman berkualitas bagus.
Memperbanyak Euphorbia
Euphorbia termasuk tanaman yang sangat mudahdiperbanyak. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan secarageneratif ataupun secara vegetatif. Perbanyakan secara generatif contohnya dengan teknik persilangan dan teknik pembibitandengan biji. Perbanyakan secara vegetatif contohnya dengan setekdan sambung pucuk.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->