Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
113Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANDUAN MEMBUAT RPS DAN RAPBS SEKOLAH

PANDUAN MEMBUAT RPS DAN RAPBS SEKOLAH

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 9,885 |Likes:
Published by daryono
CARA DAN PANDUAN BAGAIMANA MEMBUAT RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) DAN RANCANGAN ANGGARAN DAN BELANJA SEKOLAH (RAPBS)
CARA DAN PANDUAN BAGAIMANA MEMBUAT RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH (RPS) DAN RANCANGAN ANGGARAN DAN BELANJA SEKOLAH (RAPBS)

More info:

Published by: daryono on Aug 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2014

pdf

text

original

 
UNIT 4 :
MANAJEMEN SEKOLAH :
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan RencanaAnggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)
 
PAKET PELATIHAN 1
77
UNIT 4 :
MANAJEMEN SEKOLAH
A. PENGANTAR
Sekolah, sebagai lembaga/institusi, mempunyai satuatau lebih tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut,perlu disusun rencana dan langkah bagaimana caramencapai tujuan tersebut. Pada umumnya tujuansekolah dipaparkan dalam bentuk Visi dan MisiSekolah. Cara pencapaiannya dilakukan melaluiberbagai perencanaan dan program kegiatan yangdituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah(RPS).Umumnya sekolah cenderung statis. Mereka mulaibergerak setelah ada masalah yang muncul. Peren-canaan dilakukan tidak hanya untuk mengatasimasalah yang sedang dihadapi, tetapi juga untuk perencanaan ke depan dalam hal peningkatankinerja sekolah atau untuk mengantisipasi perubahan dan tuntutan jaman.Visi-Misi sekolah pada umumnya masih bersifat umum, sehingga perlu dijabarkan dalam KomponenVisi-Misi, termasuk program yang harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Sekolah. Sangatsering ditemukan Sekolah yang tidak mempunyai program yang relevan dengan Visi-Misinya.Agar sekolah dapat berkembang optimal, perlu mempunyai RPS. Idealnya RPS harus mengacu visidan misi sekolah dan penjabarannya. Perencanaan program dirinci secara terukur dan realistisdalam jenis-jenis kegiatan konkret yang mampu dilaksanakan. Perencanaan sebaiknya tidak dibuatterlalu muluk, tidak berpijak pada kondisi yang sesungguhnya, dan kurang melihat inti permasalahan. Hal seperti ini perlu diidentifikasi terlebih dahulu, dianalisis penyebabnya, dan dicarikan alternatif pemecahannya.
UNIT 4 :
MANAJEMEN SEKOLAH :
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) dan RencanaAnggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS)
 Waktu: 240 menit
Rencana Pengembangan Sekolah yangtelah dikembangkan oleh sekolah danKomite Sekolah dipajangkan dan dapatdilihat oleh semua pihak
 
UNIT 4 :
MANAJEMEN SEKOLAH
PAKET PELATIHAN 1
78
Alternatif mengatasi permasalahan yang dijadikan pilihan prioritas atas kegiatan haruslah dicariterlebih dahulu, disusun anggarannya, kemudian dicarikan kekurangan dananya (yang masihdiperlukan).
Bukan sebaliknya,
dari uang yang sudah terkumpul baru disusun rencana dananggarannya.RPS sebaiknya dibuat bersama secara partisipatif antara pihak sekolah (KS dan guru), bersamadengan
stakeholder 
(pihak yang berkepentingan lainnya), misalnya: Komite sekolah, tokoh masyarakat,dan pihak lain yang peduli pendidikan di sekitar sekolah. Dengan melibatkan mereka, sekolah telahmenunjukkan sikap terbuka dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan meningkatkan rasa memiliki,serta dapat mengundang simpati sehingga masyarakat akan merasa senang memberikan dukunganatau bantuan yang diperlukan sekolah.
B.TUJUAN
Dengan melaksanakan penyusunan RPS secara bertahap dan partisipatif, peserta diharapkan mampu:mengidentifikasi/memotret/ memetakan kondisi yang adamerencanakan tujuan yang realistismengindentifikasi kesenjangan yang dihadapi sekolahmengidentifikasi penyebab permasalahanmengidentifikasi alternatif pemecahan permasalahanmenganalisis dan menentukan alternatif yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhanmenyusun rencana pengembangan sekolah dalam jangka menengah (3-5 tahun)melakukan penghitungan Rencana Anggaran Biayamengidentifikasi sumber dana untuk membiayai program/kegiatan-kegiatan untuk RPS.Menyusun RAPBS ( Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah)
C.BAHAN DAN ALAT
1.Formulir 1 82.Foto copy RPS dan RAPBS sekolah rintisan3.Presentasi melalui LCD Projector/ OHP/ Bahan Penyerta (
Handouts
)4.kertas plano
(Flipchart 
) dan Spidol Besar

Activity (113)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Faisal Sandi liked this
tiasyunita liked this
terima kasih

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->