Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
komunikasi

komunikasi

Ratings: (0)|Views: 1,919|Likes:
Published by riza hafizi
pengantar manajemn
pengantar manajemn

More info:

Published by: riza hafizi on Aug 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/16/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUANLATAR BELAKANG
Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimanadapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Manusia adalahmakhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang laindi lingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan orang lain dilingkungannya adalah komunikasi baik secara verbal maupun non verbal (bahasa tubuh danisyarat yang banyak dimengerti oleh suku bangsa).Dakwah Nabi-Nabi terdahulu sukses. Karena mereka mampu memahami keadaankaumnya, tahu bagaimana cara menyampaikan risalahnya sehingga kaumnya rela menerimarisalah yang dibawanya. Walaupun juga ada yang menolak. Nabi Muhammad dilahirkan ditengah kaumnya yang penyair dan ditengah banyaknya sastrawan yang lahir saat itu. MakaBeliau pun diberi mukjizat Alqur’an yang gaya bahasanya tidak dapat tertandingi.Model komunikasi yang digunakan Allah dalam Alqur’an merupakan model komunikasiyang beragam. Yang dianggap mampu mempengaruhi manusia secara umum dan berlakusepanjang masa.
RUMUSAN MASALAH
1.Apa komunikasi itu?2.Apa fungsi dan tujuan komunikasi?3.Seperti apa komunikasi dalam organisasi?4.Seperti apa model komunikasi dalam pandangan Islam?
TUJUAN
1.Untuk mengetahui pengertian/definisi dari komunikasi.2.Untuk memahami fungsi dan tujuan komunikasi.3.Untuk mengetahui bentuk atau proses komunikasi dalam organisasi.
4.
Untuk mengetahui komunikasi dalam pandangan Islam.
 
PEMBAHASANKOMUNIKASIA.Pengertian Komunikasi
Banyak ahli yang mengemukakan pandangannya tentang komunikasi. Antara satu denganyang lainnya memiliki perbedaan, hal ini karena sudut pandang yang mereka pergunakan jugasedikit berbeda. Beberapa definisi komunikasi dapat disebutkan di bawah ini:1.Gatewood dan Taylor mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses memindahkaninformasi dan pengertian (maksud) dari satu orang kepada orang lain.2.Stoner, Freeman, dan Gilbert mengartikan komunikasi sebagai prosses yang dipergunakanoleh manusia untuk mencari kesamaan arti lewat transmisi pesan simbolik.
3.
 Newman dan Summer mengartikan komunikasi sebagai proses pertukaran fakta, ide, opini,atau emosi melalui kata-kata, surat-surat simbol-simbol, atau pesan.
1
4.
Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara manusia baik individu maupunkelompok. Dalam kehidupan sehari-hari disadari atau tidak disadari komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, paling tidak sejak ia dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya.
2
5.
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan atau informasi dariseseorang ke orang lain.
3
B.Fungsi Komunikasi
1
Pengantar Manajemen, Amirullah Haris Budiyono, Hal 282
2
http://bandono.web.id/2007/06/11/makalah-komunikasi/
3
Manajemen, T, Hani Handoko, Hal 272
 
Dalam suatu organisasi baik yang berorientasi komersial maupun sosial, tindak komunikasi dalam organisasi atau lembaga tersebut akan melibatkan empat fungsi, yaitu:
1.Fungsi Informati
Organisasi dapat dipandang sebagai suatu system pemrosesan informasi. Maksudnya,seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik, dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggotaorganisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti informasi pada dasarnyadibutuhkan oleh semua orang yang mempunyai perbedaan kedudukan dalam suatu organisasi.Orang-orang dalam tataran menajemen mebutuhkan informasi untuk membuat suatukebijakan organisasi ataupun guna mengatasi konflik yang terjadi dalam organisasi. Sedangkankaryawan (bawahan) membuthkan informasi tentang jaminan keamanan, jaminan social dankesehatan, izin cuti dan sebagainya.
2.Fungsi Regulati
Fungsi regulatif ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatuorganisasi. Pada semua lembaga atau organisasi, ada dua hal yang berpengaruh terhadap fungsiregulatif ini, yaitu:a.Atasan atau orang-orang yang berada dalam tataran manajemen yaitu mereka yang memilikikewenangan untuk mengendalikan semua informasi yang disampaikan. Disamping itumereka juga mempunyai kewenangan untuk memberikan instruksi atau perintah, sehinggadalam struktur organisasi kemungkinan mereka ditempatkan pada lapis atas (position of authority) supaya perintah-perintahnya dilaksanakan sebagaimana semestinya. Namundemikian, sikap bawahan untuk menjalankan perintah banyak bergantung pada:1.Keabsahan pimpinan dalam penyampaikan perintah2.Kekuatan pimpinan dalam memberi sanksi3.Kepercayaan bawahan terhadap atasan sebagai seorang pemimpin sekaligus sebagai pribadi

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Siti Matnor liked this
Sherry Umairah liked this
Nur Ida liked this
Gonda Siifeira liked this
Annisa Jamilah liked this
Diane Purba liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->