Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
07. PKN KLS 7 GLOSARIUM

07. PKN KLS 7 GLOSARIUM

Ratings: (0)|Views: 1,952|Likes:
Published by info-pelajar

More info:

Published by: info-pelajar on Aug 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2012

pdf

text

original

 
127
Glosarium
 
Daftar Pustaka
 
Glosarium
Deklarasi pembela HAM.
Pernyataan Majlis Umum PBB yang menyatakanbahwa setiap orang mempunyai hak secara sen-diri – sendiri maupun bersama – sama untuk ikut sertadalam kegiatan menentang pelanggaran HAM.
Diskriminasi.
adalah setiap pembatasan, pelecehan, atau peng-ucilan yang didasarkan pada pembedaan manusiaatas dasar agama, suku, ras, kelompok, golongan,status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasadan keyakinan politik.
Hak anak.
adalah hak sasi manusia dan untuk kepentinganhak anak itu diakui dan dilindungi oleh hukumbahkan sejak dalam kandungan.Misalnya :hak per-lindungan oleh orang tua, keluarga, masyarakat dannegara, beribadah menurut agamanya, berekspresi,perlakuan khusus bagi anak cacat, perlindungandari eksploitasi ekonomi, pekerjaan, pelecehan sex-ual, perdagangan anak, penyalahgunaan narkotika,psikotropika dan zat adiktif lainnya.
Hak mengembangkan diri.
adalah hak setiap orang atas pemenuhan kebutuhandasarnya untuk tumbuh dan berkembang secaralayak. Misalnya : hak memperoleh pendidikan, hakmencerdaskan dirinya, hak meningkatkan kualitashidupnya agar menjadi manusia bertakwa.
Kewajiban dasar manusia.
adalah seperangkat kewajiban yang apabila tidakdilaksanakan , tidak memungkinkan terlaksana dantegaknya hak asasi manusia. Misalnya :berbuat adil(tidak diskriminatif) kepada orang lain, menghormatihak asasi orang lain.
Kejahatan kemanusiaan.
adalah perbuatan yang dilakukan sebagai bagiandari serangan terhadap penduduk sipil. Misalnya:pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, peng-
 
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas VII
128
usiran, penyiksaan, perkosaan, penganiayaan,penghilangan orang secara paksa, dan kejahatanapartheid.
Pelanggaran hak asasimanusia.
adalah setiap perbuatan yang secara melawan hu-kum mengurangi, menghalangi, membatasi danatau mencabut hak asasi manusia.
Kejahatan genosida.
adalah setiap perbuatan yang dilakukan denganmaksud untuk menghancurkan atau memusnah-kan seluruh atau sebagian kelompk bangsa, ras,kelompok, etnis, dan agama.
Komisi PerlindunganAnak Indonesia (KPAI).
adalah lembaga independen yang kedudukannyasetingkat dengan Komisi Negara dalam rangka un-tuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan per-lindungan anak di Indonesia.
Kovenan internasional
suatu perjanjian antar negara mengenai masalahtertentu (termasuk HAM) yang mengikat para nega-ra penandatangannya.
Komisi Kebenarandan Rekonsiliasi.
merupakan suatu pilihan untuk menyelesaikanpelanggaran HAM tidak lewat Peradilan HAM tetapidengan cara mengungkap masalah kebenaran dankemudian melakukan perdamaian antara pihak ko-rban atau ahli warisnya dengan para pelaku pelang-garan.
Pokok pokok pikiran dimasukanyaHAM dalam UUD 1945.
merupakan pemikiran yang melatar belakangi ataualasan dimasukannya pasal–pasal tentang hakasasi manusia (HAM) dalam UUD 1945 yaitu untukmencegah berkembangnya ”negara kekuasaan” atauotoriter yang dapat bertindak sewenang – wenangkepada rakyatnya.
 
129
Glosarium
Pengadilan HAM Ad Hoc.
 yaitu lembaga pengadilan yang memiliki kewenan-gan melakukan proses peradilan terhadap parapelaku pelanggaran HAM berat yang diberlakukansurut (retroaktif) sebelum berlakunya UU Nomor 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM.
Pelanggaran HAM berat.
pelanggaran yang digolongkan kejahatan luar biasa,seperti antara lain pembunuhan untuk memusnh-kan suatu kelompok atau etnis tertentu (genoside),teroris, kejahatan perang.
Advokat.
Adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum,baik di dalam maupun di luar pengadilan yang me-menuhi persyaratan berdasarkan ketentuan Un-dang-Undang (11)
Adat.
Keseluruhan hukum dan tradisi yang amat tua.(3,6,7)
Boikot.
Dikucilkan (7)
BW (Burgerlijk Wetboek).
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (21)
Core Values.
Nilai-nilai inti (5)
Doktrin Hukum.
Pendapat para ahli, atau sarjana hukum ternama/terkemuka (20)
Etika.
Berarti watak kesusilaan atau adat atau Ilmu ten-tang apa yang baik dan buruk dan tentang hak dankewajiban moral (akhlak) (3)
Hakim.
Aparat penegak hukum/pejabat peradilan ne-gara yang diberi wewenang oleh Undang-Undang untukmengadili/ memutus suatu perkara. (17)
Harmoni.
Keselarasan. (3)
Ius Constituendum.
Hukum yang dicita-citakan (20)
Ius Constitutum.
Hukum positif, hukum yang berlaku disuatu negaratertentu waktu tertentu (20)
Ius Naturale/Hukum Asasi.
Hukum yang berlaku di mana-mana dalam segala waktu dan untuk segala bangsa di dunia (20)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->