Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kiat-kiat Belajar Efektif

Kiat-kiat Belajar Efektif

Ratings: (0)|Views: 1,277 |Likes:
Published by Hairu Zaman

More info:

Published by: Hairu Zaman on Aug 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/24/2013

pdf

text

original

 
Kiat-Kiat Belajar Efektif Hairu Zaman 08711228 FKUII
BAB I.PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Banyak para pelajar tidak mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif dan tidak mengetahui hal-hal apa saja yang harus mereka ketahui agar bisa belajar dengan efektif serta memberikan hasil yang optimal. Bayak orang beranggapan belajar yang efektif adalah dengan cara banyak-banyak membaca. Namun, sebenarnya ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi agar belajar dapatmenjadi efektif yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Faktor internal meliputi motivasi yang dapat bersumber dari dalam dirisendiri maupun yang berasal dari luar diri sendiri untuk belajar sesuatu, caramenghadapi hambatan-hambatan belajar yang berasal dari diri sendiri sepertikurang kosentrasi saat belajar serta yang berasal dari luar berupa lingkungan pergaulan, cara membagi waktu belajar dengan kegiatan yang lain atau cara agar dapat memprioritaskan mana hal-hal yang lebih penting dan mana hal-hal yangtidak penting karena kebanyakan orang lebih mementingkan sesuatu yangsebenarnya bukan prioritas utama sehingga hasil yang diharapkan tidak optimal.Sebagai contoh, banyak para pelajar sering menunda-nunda waktu belajar merekadikarenakan hal-hal yang tidak penting seperti nonton TV, jalan-jalan bersamateman-teman sehingga pada saat akan menghadapi tes mereka harus mempelajarimateri dari awal hingga akhir dalam satu hari atau satu malam dan akhirnyamendapatkan hasil yang tidak optimal.Faktor eksternal meliputi bagaimana lingkungan belajarnya apakahmendukung terhadap gaya belajar yang dimilikinya karena setiap orang memilikigaya belajar yang berbeda-beda, ada yang harus ditempat sunyi, ada yang denganmendengarkan musik, ada yang harus dengan berkelompok kecil, ada yang harusdengan menggerak-gerakan tangan dan lain-lain.Faktor-faktor inilah yang belum banyak diketahui oleh para pelajar sehingga cara belajar mereka tidak menjadi efektif. Oleh karena itu, agar belajar menjadi lebih efektif dan efisien, mereka harus mengetahui strategi belajar yangefektif.
 
Kiat-Kiat Belajar Efektif Hairu Zaman 08711228 FKUII
BAB II. ISI2.1 Kiat ± Kiat Strategi Belajar Efektif 
 
Strategi adalah suatu cara digunakan untuk mencapai suatu tujuansedangkan belajar adalah suatu proses perubahan dari yang belum tahu menjaditahu. Jadi Strategi belajar adalah suatu cara yang digunakan untuk suatu proses perubahan dari yang belum tahu menjadi tahu. Agar belajar menjadi efektif dibutuhkan suatu strategi belajar yang baik. Oleh karena itu, kiat-kiat strategi belajar efektif adalah :1.
 
Tentukan TujuanTrieexs media inc (2008), tujuan berkaitan dengan apa yang ingindicapai dalam hidup. Tanpa tujuan belajar yang jelas sama halnya denganmembuang waktu secara sia-sia, seperti seseorang yang terus berjalan tapitidak mengetahui sebenarnya kemana ia harus pergi. Jadi, peran tujuandalam belajar sangat penting untuk mengetahui apa yang ingin dicapaidalam proses belajar. Trieexs media inc (2008) tujuan harus memiliki 5sifat berikut (SMART) :1.
 
Specific
 (Spesifik, jelas, tidak ambigu, contohnya menyelesaikan 3 babdalam 2 bulan kedepan )2.
 
 M 
easurable
 (Dapat diukur, contohnya melihat dari nilai tes-tes yang dihadapisetelah belajar)3.
 
 A
chievable
 (Bisa dicapai, dalam kapasitas, contohnya seseorang yang bisanya belajar efektif selama 60 menit perhari ingin ditambah menjadi 90menit perhari)4.
 
 R
ealistic
 (Tidak mengawang-awang, contohnya seseorang inginmempelajari 3 buah buku dengan tebal lebih dari 500 halamandalam 1 malam)5.
 
ime-bound 
(Ada target waktunya, contohnya satu bulan harus memahami2 bab pelajaran)
 
Kiat-Kiat Belajar Efektif Hairu Zaman 08711228 FKUII2.
 
Tumbuhkan MotivasiKamus bahasa Indonesia (dalam Manzilatusifa 2008) motivasiadalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan tindakan, tujuan tertentu. Menurut E. KusmanaFachrudin (dalam Manzilatusifa 2008), motivasi dibagi menjadi dua yaitumotivasi asli yaitu dorongan yang berasal dari diri seseorang dan motivasi buatan yaitu motivasi yang berasal dari luar kemudian menjadi dorongandiri seseorang baik secara sengaja maupun tidak disengaja.Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan motivasi adalahsuatu dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu danmotivasi dibagi menjadi dua yaitu motivasi internal yaitu yang berasal daridalam diri sendiri serta motivasi eksternal yaitu motivasi yang berasal dariluar diri sendiri. Hubungan motivasi dengan belajar adalah sangat pentingkarena motivasi berperan sebagai pendorong untuk belajar. MenurutPramuji Prabowo (2007) ³Belajar tanpa motivasi bagaikan kendaraan bermotor tanpa bahan bakar, sehingga semewah apapun kendaraantersebut tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya bahan bakar.´Asian Brain (2008), terdapat 2 faktor yang membuat seseorang dapattermotivasi untuk belajar, yaitu:1.
 
Motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalanikehidupan.2.
 
Motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapat beruparangsangan dari orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapatmemengaruhi psikologis orang yang bersangkutan.3.
 
Tentukan Gaya Belajar Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Olehkarena itu, kita harus mengenali gaya belajar masing-masing agar proses belajar akan menjadi efektif. Menurut DePorter (dalam Susanto 2006)³Terdapat tiga macam modalitas belajar yang digunakan oleh seseorangdalam pembelajaran, pemrosesan informasi, dan komunikasi.´Setiap orang kecenderungan menggunakan salah satu dari ketiga gaya

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nur Lina added this note
sedikit sekali orang yang menyadari akan penting nya suatu kesadaran diri. kesadaran yang akan menuntun nya pada suatu tujuan yang jelas dan pasti. betapa tidak, banyak orang pintar tapi gagal dalam hidupnya. hal itu karena ia tidak menyadari potensi kepintaran yang ia punya, dan ia gagal dalam mengambil kesempatan terbaik dalam hidupnya. percayalah, Hidup itu untuk belajar, dan dengan belajar k
riee_nha7372 liked this
eriezkyy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->