Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
118Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Adat Budaya Flores

Adat Budaya Flores

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 14,631 |Likes:
Published by bagonk kusudaryanto

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: bagonk kusudaryanto on Aug 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG
Flores berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Flores termasuk dalamgugusan Kepulauan Sunda Kecil bersama Bali dan NTB, dengan luas wilayah sekitar 14.300 km². Daerah ini termasuk daerah yang kering dengan curah hujan rendah,memiliki potensi bidang pertanian yang rendah. Meskipun potensi di bidang pertanian rendah, Flores memiliki potensi di bidang lain yang cukup menjanjikan.Tetapi sayang, tidak banyak yang tahu mengenai potensi tersebut. Potensi pariwisatadan budaya Flores dianggap akan dapat memakmurkan perekonomian daerah Flores.Daerah Flores yang indah sangat mendukung untuk dikembangkannya pariwisatadisana. Ada banyak tempat-tempat indah di Flores yang bisa dikunjungi olehwisatawan, baik wisatawan luar negeri maupun dalam negeri, misalnya Air TerjunKedebodu/Ae Poro, Kebun Contoh Detu Bapa, Air Panas Ae Oka Detusoko, Air Panas Liasembe dan sebagainya.Tetapi pengembangan atas bidang ini masih sangat kurang. Budaya Flores yang beraneka ragam juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Anekatarian, lagu daerah, alat musik dan berbagai produk budaya lainnya merupakankekayaan Flores yang menuntut warganya untuk selalu melestarikannya. Upacara-upacara adat yang unik juga dapat memberikan ciri khas bagi daerah Flores. Apabila potensi-potensi di bidang budaya ini dikembangkan, akan dapat memajukan danmeningkatkan perekonomian Flores di masa depan. Pembelajaran, pendalaman, pengembangan dan pelestarian terhadap budaya-budaya Flores harus mulaidilakukan sekarang, terutama oleh masyarakat Flores sendiri.
 
2
 
BAB IIPEMBAHASANA. IDENTIFIKASI FLORES
 Nama Pulau Flores mulanya berasal dari bahasa Portugis ³Cabo de Flores´ yang berarti ³Tanjung Bunga´. Nama ini semula diberikan oleh S. M. Cabot untuk menyebut wilayah paling timur dari pulau Flores. Nama ini kemudian dipakai secararesmi sejak tahun 1636 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Hendrik Brouwer. Nama Flores yang sudah hidup hampir empat abad ini sesungguhnya tidak mencerminkan kekayaan flora yang dikandung oleh pulau ini. Karena itu, lewatsebuah studi yang cukup mendalam Orinbao (1969) mengungkapkan bahwa namaasli Pulau Flores adalah Nusa Nipa yang artinya Pulau Ular.Dari sudut Antropologi, istilah ini lebih bermanfaat karena mengandung berbagaimakna filosofis, kultural dan ritual masyarakat Flores.Sejarah kependudukan masyarakat Flores menunjukkan bahwa pulau ini dihuni oleh berbagai kelompok etnik yang hidup dalam komunitas-komunitas yang hampir eksklusif sifatnya. Masing-masing etnis menempati wilayah tertentu lengkap dengan pranata sosial budaya dan ideologi yang mengikat anggota masyarakatnya secarautuh (Barlow,1989;Taum,1997b).Heterogenitas penduduk Flores terlihat dalam sejarah asal-usul, suku, bahasa, filsafatdan pandangan dunia.Suku bangsa Flores dianggap merupakan percampuran etnis antara Melayu,Melanesia, dan Portugis. Dikarenakan lokasi yang berdekatan dengan Timor, yang pernah menjadi Koloni Portugis, maka interaksi dengan kebudayaan Portugis pernahterjadi dalam kebudayaan Flores, baik melalui Genetik, Agama, dan Budaya.
 
3
 
B. SISTEM KEKERABATAN
Klen (Clan) sering juga disebut kerabat luas atau keluarga besar. Klen merupakankesatuan keturunan (genealogis), kesatuan kepercayaan (religiomagis) dan kesatuanadat (tradisi). Klen adalah sistem sosial yang berdasarkan ikatan darah atauketurunan yang sama umumnya terjadi pada masyarakat unilateral.Pada MasyarakatFlores menganut klen atas dasar garis keturunan ayah (patrilineal) di mana klennyadisebut Fam antara lain : Fernandes, Wangge, Da Costa, Leimena, Kleden, De-Rosari, Paeira.Kelompok kekerabatan di Manggarai yang paling kecil dan yang berfungsi palingintensif sebagai kesatuan dalam kehidupan sehari-sehari di dalam rumah tangga ataudi ladang dan kebun, adalah keluarga luas yang virilokal (kilo). Pada orang Ngadasuatu keluarga luas virilokal serupa itu disebut sipopali.Beberapa istilah yang dikenal dalam sistem kekerabatan Manggarai antara lain WaeTua (turunan dari kakak), Wae Koe (turunan dari adik), Ana Rona (turunan keluargamama), Ana Wina (turunan keluarga saudara perempuan), Amang (saudara lelakimama), Inang (saudara perempuan bapak), Ema Koe (adik dari bapak), Ema Tua(kakak dari bapak), Ende Koe (adik dari mama), Ende Tua (kakak dari mama), Ema(bapak), Ende (mama), Kae (kakak), Ase (adik), Nana (saudara lelaki), dan Enu(saudara wanita atau istri).
C
. SISTEM KEMASYARAKATAN
Dalam masyarakat sub-sub suku bangsa di flores yang kuno ada suatu sistemstrafikasi sosial kuno, yang terdiri dari tiga lapisan. Dasar dari pelapisan itu ialahketurunan dari klen-klen yang dianggap mempunyai sifat keaslian atau asassenioritet. Biasanya ada tiga lapisan sosial. Pada orang manggarai misalnya ada

Activity (118)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Vincent Harap added this note
terimakasih atas ulasannya. Saya usul supaya pembahasannya fokus ke salah satu daerah supaya lebih detail sehingga pemahaman kami para pembaca lebih mendalam. tks
Lilik Awaludin added this note
Sangat bermanfaat sekali, tuk menambah wawasan Kita semua tentang budaya negeri ini. . . . ! ! !
Miely Making Survivor added this note
sangat bermanfaat bagi pembaca yang belum mengenal flores island....teruslah menulis tentang budaya karena dengan demikian anda turut melestarikan budaya kita.....salam....makasih...:)
Riza Khumairoh liked this
Alex Lin added this note
terima kasih atas! karena ini sangat membantu saya untuk mengenali asal usul saya sebagai orang flores, karena saya lahir ditanah rantau. semoga dengan banyaknya tulisan dan membaca mengenai budaya sendiri, dapat membantu kita untuk memajukan pulau flores.
adambitor1713 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->