Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Op

Pengertian Op

Ratings: (0)|Views: 467 |Likes:
Published by Rizal Tri Susilo

More info:

Published by: Rizal Tri Susilo on Aug 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/13/2013

pdf

text

original

 
Operational Amplifier operational amplifier atau di singkat op-amp merupakan salah satukomponenanalogyang sering digunakan dalam berbagai aplikasi rangkaian elektronika. Aplikasi op-amp yang paling sering dipakai antara lain adalah rangkaian inverter, non-inverter,integrator dan differensiator. Pada pokok bahasan kali ini akan dipaparkan beberapaaplikasi op-amp yang paling dasar, yaitu rangkaian penguat inverting, non-invertingdifferensiator dan integrator.
I. Pengertian Dasar Op-Amp
Operational Amplifier atau di singkat op-amp merupakan salah satu komponen analogyang sering digunakan dalam berbagai aplikasirangkaian elektronika. Aplikasi op-amp yang paling sering dipakai antara lain adalah rangkaian inverter, non-inverter,integrator dan differensiator. Pada pokok bahasan kali ini akan dipaparkan beberapaaplikasi op-amp yang paling dasar, yaitu rangkaian penguat inverting, non-invertingdifferensiator dan integrator.Pada Op-Amp memiliki 2 rangkaian feedback (umpan balik) yaitu feedback negatif dan feedback positif dimana Feedback negatif pada op-amp memegang peranan penting. Secara umum, umpanbalik positif akan menghasilkan osilasi sedangkanumpanbalik negatif menghasilkan penguatan yang dapat terukur.
Op-amp ideal 
Op-amp pada dasarnya adalah sebuah differential amplifier (penguat diferensial) yangmemiliki dua masukan. Input (masukan) op-amp ada yang dinamakan input invertingdan non-inverting. Op-amp ideal memiliki open loop gain (penguatan loop terbuka)yang tak terhingga besarnya. Seperti misalnya op-amp LM741 yang sering digunakanoleh banyak praktisi elektronika, memiliki karakteristik tipikal open loop gain sebesar 104 ~ 105. Penguatan yang sebesar ini membuat op-amp menjadi tidak stabil, dan penguatannya menjadi tidak terukur (infinite). Disinilah peran rangkaian negativefeedback (umpanbalik negatif) diperlukan, sehingga op-amp dapat dirangkai menjadiaplikasi dengan nilai penguatan yang terukur (finite).Impedasi input op-amp ideal mestinya adalah tak terhingga, sehingga mestinya arusinput pada tiap masukannya adalah 0. Sebagai perbandingan praktis, op-amp LM741memiliki impedansi input Zin = 106 Ohm. Nilai impedansi ini masih relatif sangat besar sehingga arus input op-amp LM741 mestinya sangat kecil.Ada dua aturan penting dalam melakukan analisa rangkaian op-amp berdasarkankarakteristik op-amp ideal. Aturan ini dalam beberapa literatur dinamakan goldenrule, yaitu :
 Aturan 1:
Perbedaan tegangan antara input v+ dan v- adalah nol
(v+ - v- = 0 atau v+v- )
 Aturan 2:
Arus pada input Op-amp adalah nol
(i+ = i- = 0)
 
Inilah dua aturan penting op-amp ideal yang digunakan untuk menganalisa rangkaianop-amp.
II. Karakteristik Dasar Op-Amp
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pada dasarnya Op-amp adalahsebuah differential amplifier (penguat diferensial), yang mana memiliki 2 inputmasukan yaitu input inverting (V-) dan input non-inverting(V+), Rangkaian dasar dari penguat diferensial dapat dilihat pada gambar 1 dibawah ini:Gambar 1 : Penguat DiferensialPada rangkaian diatas, dapat diketahui tegangan output (Vout) adalah Vout = A(v1-v2) dengan A adalah penguatan dari penguat diferensial ini. Titik input v1 dikatakansebagai input non-iverting, sebab tegangan vout satu phase dengan v1. Sedangkansebaliknya titik v2 dikatakan input inverting sebab berlawanan phasa dengantengangan vout.
Diagram Blok Op-amp
Op-amp di dalamnya terdiri dari beberapa bagian, yang pertama adalah penguatdiferensial, lalu ada tahap penguatan (gain), selanjutnya ada rangkaian penggeser level (level shifter) dan kemudian penguat akhir yang biasanya dibuat dengan penguat push-pull kelas B. Gambar-2(a) berikut menunjukkan diagram dari op-amp yangterdiri dari beberapa bagian tersebut. gambar 2 (a) : Diagram Blok Op-Amp gambar 2 (b) : Diagram Schematic Simbol Op-AmpSimbol op-amp adalah seperti pada gambar 2 (b) dengan 2 input, non-inverting (+)dan input inverting (-). Umumnya op-amp bekerja dengan dual supply (+Vcc dan – Vee) namun banyak juga op-amp dibuat dengan single supply (Vcc – ground). Simbolrangkaian di dalam op-amp pada gambar 2 (b) adalah parameter umum dari sebuahop-amp. Rin adalah resitansi input yang nilai idealnya infinit (tak terhingga). Routadalah resistansi output dan besar resistansi idealnya 0 (nol). Sedangkan AOL adalahnilai penguatan open loop dan nilai idealnya tak terhingga.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ryan Sugoi liked this
Tmc Onhe Respect liked this
mkafiya liked this
Sanda Meutuah liked this
iriantos liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->