Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis Narkoba Dan Bahayanya

Jenis Narkoba Dan Bahayanya

Ratings: (0)|Views: 3,466 |Likes:
Published by Imam -farie

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Imam -farie on Aug 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2013

pdf

text

original

 
JENIS-JENIS NARKOBA DAN BAHAYANYA
 Ancaman bahaya Narkoba memang tidak pandang usia, bahkan sampai saat ini telahmenyentuh seluruh lapisan masyarakat termasuk dilingkungan TNI. Untuk itu perlunyalangkah dan tindakan untuk memeranginnya yang salah satu diantaranya masyarakatharus mengenali jenis-jenis narkoba agar dapat melakukan tindakan pencegahannya yangtepat, baik terhadap peredaran maupun pencegahan agar tidak mejadi korban keganasannarkoba.Namun sebelum kita dapat melakukan tindakan pencegahan, terlebih dahulu perlunyapemahaman yang benar terhadap apa itu Nakoba. Pengertian narkoba (narkotika danbahan adiktif) menurut Badan Kerjasama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama(Bersama) terbitan 2005 adalah merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman ataubukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunanatau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasanyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan . Mengingat banyaknya jenis narkoba baikyang berasal dari tumbuhan maupun bahan kimia sintetis dan semi sintetis, maka masing-masing keluarga perlu mengetahui jenis-jenis narkoba yang banyak beredar dimasyarakat.
Jenis-jenis narkoba.
 Secara umum jenis narkoba itu dapat dikelompokan dalam tiga golongan yaitu : Bahanberbahaya, Psikotropika dan narkotika. Berbagai jenis narkoba yang perlu kita waspadaidan telah banyak beredar dipasaran meliputi :
1.
 
BAHAN BERBAHAYA
. Adalah zat atau bahan yang berasal dari bahan kimia atau biologi, baik dalam bentuktunggal maupun campuran yang dapat membahayakan kesehatan tubuh dan lingkunganhidup. Yang termasuk dalam golongan bahan berbahaya ini adalah :
Minuman keras. Adalah semua jenis mengadung alcohol yang kadar prosentasenyaberkisar antara 1 % ± 50 % . Jenis minuman yang banyak beredar dipasaran antara lain :Bir dan Green sand ( kadar alakoholnya 1% -5 %), Martini dan Wine atau anggur (kadarnya antara 5 % ± 20 %),sedang Whisky brandy kadar alkoholnya antara 20 % ±50%.
¤
Nikotin. Adalah merupakan bahan adiktif seperti k0okain dan heroin. Yang paling umumterdapat pada tembakau yang dihsap dalam bentuk rokok maupun cerutu. Nikotin sangatberacun (toksik) yang dalam dosis 60 mg pada orang dewasa dapat mematikan karenakegagalan pernafasan.
¤
Volatile solvent atau inhalensia. Adalah zat adiktif yang pada umumnya berbentukcairan yang mudah menguap diudara terbuka. Uapnya ini yang membahayakan dancontoh yang banyak beredar dipasaran seperti : lem uhu, acetone,aica aibon, castol dandan premix.
¤
Dan zat desainer. Adalah obat ramuan jalanan yang dapat menimbulkan kecanduan.Misalnya : speed ball, peace pills, crystal, angle dust, rocketfuel dll.
 
2.
PSIKOT 
OPIK 
A
. Adalah obat baik alamiah atau sintetis yang bersifat psikoaktif yangmelalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khaspada aktifis mental dan perilaku. Bahan ini dapat menimbulkan depresi mental,merangsang (stimulasi) gangguan syaraf dan menimbulkan halusinasi atau daya khayalantentang kindahan yang luar biasa. Jenis-jenis psikotropika yang populer dan banyakberedar di masyarakat serta dikonsumsi oleh para remaja adalah : Ecstacy : zat ini juga dikenal dengan XTC yang nama kimianya adalah 3-4 MethyleneDioxy Vethil Amphetainine. Yang mengkonsumsi barang ini seluruh tubuhnya terasamelayang-layang dan menghilangkan perasaan malu,sehingga berani tampil percaya diri .Yang ada dibnaknya hanyalah pikiran yang kosong, rilex dan bayangan yang indah-indah. Shabu-shabu : adalah jenis narkoba yang juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat,bentuknya kristal berwarna putih.Cara memakainya dengan dibakar di atas kertasaluminium foil yang asapnya dihirup dengan menggunakan bong (alat penghisap). Efekdari bahan ini dapat menimbulkan paranoid atau rasa takut yang belebihan dan menjadilebih sensitive serta mudah tersinggung. Contoh yang dapat menimbulkan dipresi mentalmisalnya pil BK,Magadon, Valium, mandrake dan rohypnol. Sedang yang dapatmenimbulkan halusinasi ialah LSD (Licercik acid dhietilamide).3.
 NAR 
KOTIK 
A
. Yang termasuk dalam kelompok narkotika pada umumnya berasal dariberbagai jenis tumbuhan seperti :a
. Opiod.
Kata ini berasal dari tumbuhan opium yang banyak mengandung alkaloid opiumtermasuk morfin. Contoh yang banyak beredar dipasaran adalah candu, morfin, heroinatau putauw, codein, Demerol dan methadone. Efek terhadap kesehatan tubuh adalahkekacauan dalam bicara, rabun dimalam hari, merusak liver dan ginjal, resiko HIV tinggi,kematian bila overdisis.b.
Kokain 
. zat ini juga berasal dari tumbuhan liar Erythroxylon coca . Nama lain yang seringkita dengar adalah snow, coke, girl,lady dan crack. Efek yang menonjol dari kokain iniapabila terjadi putus kokain maka akan timbul kinginan bunuh diri.c.
Kanabis atau ganja 
. Ini adalah sejenis tanaman yang nama latinnya Cannabis sativa danmasyarakat sudah banyak yang mengenalnya. Karena tanaman ini termasuk dalam jenisnarkoba ,maka peredarannyapun juga dilarang, karena dapat menimbulkan gangguanpada syaraf.
Bahaya narkoba atau narkotika telah diketahui secara luas. Namunmasih, saja banyak yang doyan menikmati barang laknat itu. Kali inieL-Ka, menguraikan apa saja sih yang termasuk dalam golongannarkoba dan bahayanya. Agar kita semua menghindarinya.
 Mitra muda, tak dapat dipungkiri bahwa narkoba merupakan wabah palingberbahaya yang menjangkiti manusia di seluruh pelosok bumi. Tidak diragukanlagi, bahwa kelemahan iman dan ketidakbersimpuhan kepada Allah dalamsegala kesulitan merupakan faktor terpenting yang mengkondusifkankecanduan narkoba.Manusia yang taat beragama pasti akan jauh dari neraka narkoba. Tidakmungkin dia akan mengulurkan tangannya pada narkoba, baik membeli,mengedarkan, maupun menyelundupkannya. Sebab, jalan narkoba adalah jalan setan dan jalan Allah tidak mungkin bertemu dengan jalan setan.
 
D
r. Hassan Syamsi Pasya dalam bukunya yang berjudul
Hamasa fi UdzunSyâb
(Bisikan Pada Pemuda) menjelaskan bahwa jenis narkoba yang palingberbahaya adalah jenis narkotika yang menyebabkan ketagihan mentalmaupun organik, seperti opium dan derivasi turunannya.
 NAMA-NAMA DAN JEN
IS
NAR 
KO
BA
 S
ER 
 T 
A BAHAYANYA AN
 T 
ARA LA
I
 N:
1. Opium
Opium
adalah jenis narkotika yang paling berbahaya.
D
ikonsumsi dengan caraditelan langsung atau diminum bersama teh, kopi atau dihisap bersama rokokatau syisya (rokok ala Timur Tengah). Opium diperoleh dari buah pohon opiumyang belum matang dengan cara menyayatnya hingga mengeluarkan getahputih yang lengket.Pada mulanya, pengonsumsi opium akan merasa segar bugar dan mampuberimajinasi dan berbicara, namun hal ini tidak bertahan lama. Tak lamakemudian kondisi kejiwaannya akan mengalami gangguan dan berakhir dengantidur pulas bahkan koma.. Kedua Jika seseorang ketagihan, maka opium akan menjadi bagian darihidupnya. Tubuhnya tidak akan mampu lagi menjalankan fungsi-fungsinyatanpa mengonsumsi opium dalam dosis yang biasanya.
D
ia akan merasakansakit yang luar biasa jika tidak bisa memperolehnya. Kesehatannya akanmenurun drastis. Otot-otot si pecandu akan layu, ingatannya melemah dannafsu makannya menurunmatanya mengalami sianosis dan berat badannyaterus menyusut.
2
. Morphine
Orang yang mengonsumsi morphine akan merasakan keringanan (kegesitan)dan kebugaran yang berkembang menjadi hasrat kuat untuk terusmengonsumsinya.
D
ari sini, dosis pemakaian pun terus ditambah untukmemperoleh ekstase (kenikmatan) yang sama.Kecanduan bahan narkotika ini akan menyebabkan pendarahan hidung(mimisan) dan muntah berulang-ulang. Pecandu juga akan mengalamikelemahan seluruh tubuh, gangguan memahami sesuatu dan kekeringanmulut. Penambahan dosis akan menimbulkan frustasi pada pusat pernafasandan penurunan tekanan darah. Kondisi ini bisa menyebabkan koma yangberujung pada kematian.
3. Heroin
Bahan narkotika ini berbentuk bubuk kristal berwarna putih yang dihasilkandari penyulingan morphine. Menjadi bahan narkotika yang paling mahalharganya, paling kuat dalam menciptakan ketagihan (ketergantungan) danpaling berbahaya bagi kesehatan secara umum.Penikmatnya mula-mula akan merasa segar, ringan dan ceria.
D
ia akanmengalami ketagihan seiring dengan konsumsi secara berulang-ulang. Jikademikian, maka dia akan selalu membutuhkan dosis yang lebih besar untukmenciptakan ekstase yang sama. Karena itu, dia pun harus megap-megapuntuk mendapatkannya, hingga tidak ada lagi keriangan maupun keceriaan.

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Thole Nax Smart liked this
Deni Ramdani liked this
amskum@yahoo.com liked this
garasand liked this
Uminurul Numi added this note
trimzzzz ya,,, sangat membantu menyelesaikan tuga q
Indra Ayu AW liked this
Winda Isnaeni liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->