Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
77Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERDARAHAN INTRACRANIAL

PERDARAHAN INTRACRANIAL

Ratings: (0)|Views: 3,416 |Likes:
Published by Dexzal

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Dexzal on Aug 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
PERDARAHAN INTRACRANIAL(Perdarahan Dalam Otak)
A. Definisi.
Perdarahan intracranial adalah Perdarahan yang tiba-tiba dalam jaringan otak merupakan bentuk yang menghancurkan pada stroke hemoragik dan dapat terjadi pada semua umur dan juga akibattrauma kepala seperti kapitis,tumor otak dan lain-lain.
B. Etiologi dan Faktor Resiko.
Bermacam macam penyebab terjadinya perdarahan spontan pada otak danumumnya multifaktorial. Berbagai bentuk congenital dan yang diperdapat pada penyakit kardiovaskuler merupakan mekanisme penyebab yang paling sering, tapistruktur yang mirip dapat juga terjadi akibat komplikasi tumor otak primer dansekunder,peradangan dan penyakit autoimmune otak,trauma otak,atau manifestasi penyakit sistemik yang menyebabkan hipertensi atau coagulopathy.Juga dapat terjadi perdarahan otak karena terapi trombolitik pada miokard infark dan cerebral infark.Oleh karena faktor-faktor penyebabnya heterogen,pengobatannya khusus danintervensi penyesuaiannya harus hati-hati terhadap masing-masing individu.Penyebab yang paling sering adalah hipertensi dari non trauma perdarahan dalam otak,dimana terjadi perubahan-perubahan pathologiseperti micro aneurysma,lipohyalinosis,terutama pada arteri-arteri kecil,lemahnyadinding pembuluh darah dan cenderung pecah.Perokok ,pemakai alkohol, kadar serum kolesterol juga mempengaruhi terjadinya perdarahan otak. Resiko perdarahan 2,5 kali lebih tinggi pada perokok. Resiko perdarahan bertambah pada pemakai alcohol.Serum kolesterol yang rendah dibawah 160mg/dl,berhubungan denganmeningkatnya resiko perdarahan pada laki-laki JepangPemakaian Aspirin dengan terjadinya perdarahan dalam otak masih kontroversi.
 
D
alam penelitian dimana penggunaan Aspirin dosis rendah (325mg/hari) terhadap plasebo pada pencegahan primer penyakit jantung,diperoleh hasilnya signifikan borderline bertambah resiko perdarahan pada group AspirinPenyebab perdarahan dalam otak yang non hipertensi antara lain:- kelainan pembuluh darah yang kecil seperti angioma,biasanya lokasi perdarahannya lobar.Umumnya terjadi pada usia muda. Toffol et al mendapati perdarahan pada AVM,lokasi perdarahan umumnya superfisial.- Obat-obat symptomatik. Perdarahan dalam otak berhubungan dengan penggunaanamphetamine. Penggunaan obat ini kebanyakan intra vena, juga dilaporkandengan intra nasal atau oral. Lokasi perdarahan kebanyakan lebar. Efeknya karena tekanandarah meninggi (50% dari kasus) atau perubahan histologis pembuluh darah seperti arteritis, mirip, periarteritis nodosa.Ini oleh karena efek toksik dari obat tersebut. Pada angiography dijumpaimultiple area dari fokal arteri stenosis atau konstriksi dengan ukuran sedang padaarteri besar intra kranial. Ini bersifat reversible dan akan hilangdengan berhentinya penyalah gunaan obat ini.- Cerebral amyloid angiopathy atau congophilic angiopathy merupakan bentuk yangunik dan pada angiography khas adanya penumpukan/deposit amyloid pada bagianmedia dan adventitia dengan ukuran sedang dan kecil dari arteri cortical danleptomeningeal.
D
eposit pada dinding arteri cenderungmenyebabkan penyumbatan pada lumen arteri karena penebalan basementmembrane,fragmentasi dari lamina elastik interna dan hilangnya sel-sel endothel. Juga terjadinekrosis fibrinoid pada pembuluh darah. Keadaanini tidak berhubungan dengan sistemik vaskular amyloidosis. Sekitar Cerebralamyloid angiopathy berhubungan dengan dementia senilis yang progressive.Biasanya terjadi pad a usia yang lebih lanjut dan jarang berhubungandengan hipertensi.
 
- Intra cranial tumor; jarang terjadi perdarahan pada tumor otak ; dijumpai sekitar 6-10%. Yang paling sering menimbulkan perdarahan yaitu tumor ganas,baik primer ataupun metastase ; jarang pada meningioma atauoligodendroma. Tumor ganas primer pada otak yang paling seringmenimbulkan perdarahan yaitu glioblastoma multiform, lokasi perdarahanumumnya deep cortical seperti basal ganglia,corpus callosum. Tumor metastase yang paling sering menimbulkan perdarahan yaitu germ selltumor,sekitar 60% dan lokasi perdarahan umumnya sucortical.- Anti coagulant. Pemakaian obat oral anticoagulant yang lama dengan warfarinsering menyebabkan perdarahan otak ; dijumpai sekitar 9% dari kasus. Resikoterjadinya perdarahan dengan pemakaian oral anticoagulant yang lama, 8-11 kalidibandingkan dengan yang tidak menggunakan obat tersebut pada usia yang sama. Lokasi perdarahan paling sering pada serebellum. Mekanismeterjadinya perdarahan ini masih belum diketahui.- Fibrinolytic agent. Ini termasuk Streptokinase, Urokinase dan tissue type plasminogen aktivator (tPA) yang digunakan dalam pengobatan coronary, arteridan venous trombosis. Kemampuan obat-obat ini yaitu menghancurkan clot danrelatif menurunkan tingkatan sistemik hipofibrinogenemia, sehingga sangat idealdalam pengobatan akut trombosis.Komplikasi yang utama walaupun jarang yaitu perdarahan intra cerebral.
D
ijumpai 0,4%-1,3% penderita dengan miokard infark yang diobati dengan tPA. Perdarahan yang cenderung terjadi setelah pemberian tPA 40% sewaktu dalam pemberian infus,25% terjadai dalam 24jamsetelah pemberian. 70-9-% lokasi perdarahan lobar. 30% perdarahannyamultiple dan mortality 40-65%. Mekanisme terjadinya perdarahan ini masih belum diketahui.- Vaskulitis. Cerebral vaskulitis dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan cerebralinfark serta jarang menimbulkan perdarahan intra cerebral. Proses radangumumnya terjadi dalam lapisan media dan adventitia pembuluh darah arteri dan

Activity (77)

You've already reviewed this. Edit your review.
ramditaamalya liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Yunita Sari liked this
mega_ayu liked this
mega_ayu liked this
Dendi Mahardika liked this
Dendi Mahardika liked this
asripl liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->