Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Demam Rematik

Demam Rematik

Ratings: (0)|Views: 2,277 |Likes:
Published by Dexzal
Demam Rematik
Demam Rematik

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Dexzal on Aug 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
1
Demam Rematik 
BAB IPENDAHULUAN
 
I.1 Latar Belakang
Prevalensi demam rematik/penyakit jantung rematik yang diperoleh dan penelitianWHO mulai tahun 1984 di 16 negara sedang berkembang di Afrika,Amerika Latin, Timur Jauh, Asia Tenggara dan Pasifik Barat berkisar 0,1 sampai12,6 per 1.000 anak sekolah, dengan prevalensi rata-rata sebesar 2,2 per 1.000(5).Prevalensi pada anak-anak sekolah di beberapa negara Asia pada tahun 1980-an berkisar 1 sampai 10 per 1.000(3). Dari suatu penelitian yang dilakukan di IndiaSelatan diperoleh prevalensi sebesar 4,9 per 1.000 anak sekolah(6), sementaraangka yang didapatkan di Thailand sebesar 1,2 sampai 2,1 per 1.000 anak seko1ah(7).Prevalensi demam rematik di Indonesia belum diketahui secara pasti,meskipun beberapa penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa prevalensi penyakit jantung rematik berkisar 0,3 sampai 0,8 per 1.000 anak sekolah. Dengan demikian, secara kasar dapat diperkirakan bahwa prevalensidemam rematik di Indonesia pasti lebih tinggi dan angka tersebut, mengingat penyakit jantung rematik merupakan akibat dari demam rematik(8).
 
2
BAB IIISI2.1 Definisi
Demam rematik merupakan suatu penyakit sistemik yang, dapat bersifatakut, subakut, kronik, atau fulminan, dan dapat terjadi setelah infeksiStreptococcus beta hemolyticus group A pada saluran pernafasan bagian atas(1-4).Demam rematik biasanya terjadi akibat infeksi streptokokus pada tenggorokan.Demam rematik bukan merupakan suatu infeksi, tetapi merupakan suatu reaksi peradangan terhadap infeksi, yang menyerang berbagai bagian tubuh (misalnya persendian, jantung, kulit). Penyakit ini dan gejala sisanya, yaitu penyakit jantungrematik, merupakan jenis penyakit jantung didapat yang paling banyak dijumpai pada populasi anak-anak dan dewasa muda(2,3,5). Puncak insiden demam rematik terdapat pada kelompok usia 5-15 tahun; penyakit ini jarang dijumpai pada anak dibawah usia 4 tahun dan penduduk di atas 50 tahun(1). Demam rematik dan penyakit jantung rematik hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan yang penting di negara-negara yang sedang berkembang(2,3,5).
2.2 Diagnosis
Diagnosis demam rematik lazim didasarkan pada suatu kriteria yang untuk  pertama kali diajukan oleh T. Duchett Jones dan, oleh karena itu kemudiandikenal sebagai kriteria Jones(2,9).
 
3Kriteria Jones memuat kelompok kriteria mayor dan minor yang padadasarnya merupakan manifestasi klinik dan laboratorik demam rematik. Pada perkembangan selanjutnya, kriteria ini kemudian diperbaiki oleh American HeartAssociation dengan menambahkan bukti adanya infeksi streptokokus sebelumnya(Tabel 1). Apabila ditemukan 2 kriteria mayor, atau 1 kriteria mayor dan 2 kriteriaminor, ditambah dengan bukti adanya infeksi streptokokus sebelumnya,kemungkinan besar menandakan adanya demam rematik(1-4,9-12). Tanpadidukung bukti adanya infeksi streptokokus, maka diagnosis demam rematik harus selalu diragukan, kecuali pada kasus demam rematik dengan manifestasimayor tunggal berupa korea Syndenham atau karditis derajat ringan, yang biasanya terjadi jika demam rernatik baru muncul setelah masa laten yang lamadan infeksi strepthokokus(4,9).Perlu diingat bahwa kriteria Jones tidak bersifat mutlak, tetapi hanya sebagaisuatu pedoman dalam menentukan diagnosis demam rematik(1,10). Kriteria ini bermanfaat untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan diagnosis, baik  berupa over-diagnosis maupun underdiagnosis(10).
riteria Mayor
1) Karditis merupakan manifestasi klinik demam rematik yang paling berat karenamerupakan satu-satunya manifestasi yang dapat mengakibatkan kematian penderita pada fase akut dan dapat menyebabkan kelainan katup sehingga terjadi penyakit jantung rematik(2,4,9).

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Firman Islami liked this
Margaret Beatrik liked this
Margaret Beatrik liked this
dintols liked this
kucingdekil liked this
Septiani Anwar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->