Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
02. PKN KLS 9 BAB 1

02. PKN KLS 9 BAB 1

Ratings: (0)|Views: 3,119 |Likes:
Published by info-pelajar
bse pkn smp kelas 9 bab 1
bse pkn smp kelas 9 bab 1

More info:

Published by: info-pelajar on Aug 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2013

pdf

text

original

 
Bab - 1 Partisipasi Dalam Usaha Pembelaan Negara
1
vv 
Peta Konsep
PARTISIPASI DALAMUSAHA PEMBELAAN NEGARA
Partisipasi dalam UsahaPembelaan NegaraBentuk bentuk UsahaPembelaan NegaraPeran Serta dalam UsahaPembelaan NegaraPentingnya UsahaPembelaan Negara
Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaanya pada tanggal 17 Agus-tus 1945. Bangsa Indonesia bertekad bulat untuk membela, mempertahankan danmenegakkan kemerdekaan, serta kedaulatan negara berdasarkan Pancasila danUUD 1945. Sebagai anak bangsa dan warga negara kalian perlu memiliki kemam-puan partisipasi dalam usaha pembelaan negara. Kemampuan ini sangat pen-ting agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tercinta dapat melakukanfungsinya yakni mewujudkan tujuan bernegara. Tujuan NKRI sangat mulia, yaitu:melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukankesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakanketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dengan ber-partisipasi dalam usaha pembelaan negara sesuai dengan kemampuan kalian ma-sing–masing, berarti kalian telah melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warganegara. Partisipasi kalian ini dapat menunjang usaha NKRI dalam mewujudkantujuan bernegara dan menjaga kelangsungan hidupnya.
 
1
Bab
Kata Kunci :
Peran Serta, Usaha Pembelaan Negara, Bentuk –bentukPembelaan Negara.
 
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas IX
2
Selanjutnya dengan mempelajari materi partisipasidalam upaya pembelaan negara ini, kalian diharapkanmampu menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara,mengidentikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara,dan menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan neg-ara. Sedangkan bahan pelajaran yang dikembangkan dalammenunjang kemampuan tersebut, dapat digambarkan padadiagram atau peta konsep.
A. PENTINGNYA USAHA PEMBELAAN NEGARA
Pada bagian ini kalian diajak untuk mempelajaripentingnya usaha pembelaan negara. Materi ini pentingdipahami agar setiap warga negara memiliki pemahaman,kesadaran, dan kemauan berpartisipasi dalam usahapembelaan negara.
1. Pengertian Usaha Pembelaan Negara
Pernahkah kalian melihat atau meraba wujudnegara? Tentu kalian sulit melihat atau meraba wujudnegara, karena negara bersifat abstrak
(in abstracto) 
.Namun demikian, untuk mengetahui wujud negara dapatkita telusuri dari unsur-unsur negara seperti penduduk, wilayah, pemerintah, dan pengakuan. Unsur-unsur itulah yang mesti kita bela.Dalam UUD 1945 tidak dijelaskan pengertian usahapembelaan negara. Untuk mengetahui hal tersebut, dapatdilihat dalam UU RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Per-tahanan Negara. Istilah yang digunakan dalam undang-undang tersebut bukan ”usaha pembelaan negara” tetapidigunakan istilah lain yang mempunyai makna sama yaitu”upaya bela negara”. Dalam penjelasan tersebut ditegas-kan, bahwa upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepadaNegara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkanPancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsunganhidup bangsa dan negara.
 
Bab - 1 Partisipasi Dalam Usaha Pembelaan Negara
3
Berdasarkan pengertianupaya bela negara, apakah ka-lian pernah ikut serta dalamusaha pembelaan negara? Apa-bila kalian pernah ikut sertamenjaga wilayah negara terma-suk wilayah lingkungan seki-tar dari gangguan atau ancaman yang membahayakan kesela-matan bangsa dan negara berartikalian sudah berpartisipasi dalamusaha pembelaan negara. Sikap hormat terhadap bendera,lagu kebangsaan, dan menolak campur tangan pihakasing terhadap kedaulatan NKRI juga menunjukkan suatusikap dalam usaha pembelaan negara.Dengan demikian pengertian usaha pembelaannegara tidak terbatas memanggul senjata, tetapi meliputiberbagai sikap dan tindakan untuk meningkatkankesejahteraan warga negara. Untuk meningkatkankesejahteraan warga negara, misalnya dengan usaha untukmewujudkan keamanan lingkungan, keamanan pangan,keamanan energi, keamanan ekonomi. Misalnya, yangtelah dilakukan Elan Wukak Victor, dari Nusa Tenggara Timur merupakan usaha pembelaan negara dalam bentukkeamanan lingkungan, seperti tampak pada Gambar 1.
2. Usaha Pembelaan Negara Penting Dilakukan
Pernahkah kalian memiliki barang yang diganggu atauakan diambil alih orang lain yang tidak berhak? Apakahkalian berusaha membela atau mempertahankannya?Pasti kalian mempertahankannya bukan? Setiap manusianormal secara naluriah pasti akan selalu melindungi,membela, dan mempertahankan apa yang dimiliki dariganguan orang lain. Lebih-lebih jika sesuatu itu sangatdisenangi, sangat penting, dan sangat berharga bagikalian.
Gambar 1
PAHLAWAN TANAH TANDUS. Elan Wukak Victor (63 tahun), dari Nusa Tenggara Timur berhasil mengubah tanah tandus 21 ribu hektar di Kecamatan Loura, Sumba Barat,Nusa Tenggara Timur,menjadi hutan jati dan lamtoro. Sumber : TEMPO, 24 -30 Desember 2007 

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Lusinda Pakpahan liked this
Mulfi Imran liked this
Fenii Malinda liked this
Rio Eka liked this
Banner Van Dago liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->