Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
04. PKN KLS 8 BAB 3

04. PKN KLS 8 BAB 3

Ratings: (0)|Views: 4,938 |Likes:
Published by info-pelajar
bse pkn smp kelas 8 bab 3
bse pkn smp kelas 8 bab 3

More info:

Published by: info-pelajar on Aug 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/03/2014

pdf

text

original

 
Bab - 3 Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-Undangan
65
vv
 
Ketaatan terhadapPerundang-undangan
 Tata Urutan PeraturanPerundang-undanganMasyarakat Tertibdan DamaiProses PembuatanPeraturan Perundang-undanganKasus Korupsi dan UpayaPemberantasannyaMentaati PeraturanPerundang-undanganAnti Koupsi dan InstrumenHukum Serta KelembagaanAnti Korupsi di Indonesia
Peta Konsep
KETAATAN TERHADAP PERATURANPERUNDANG-UNDANGAN
Sebelum mempelajari materi ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, silahkan buka memori kalian tentang kejadian di rumah masing-masing. Apakah orang tua kalian entah ayah atau ibu pernah mem-beri nasehat atau bahkan memarahi kalian? Untuk apa orang tua kalian memberinasehat dan mengapa orang tua kalian sampai marah?Untuk lebih jelasnya mengenai gambaran materi yang akan disajikan padabagian ini cermati dan bila perlu diskusikan dengan teman sebangku peta konsepdi bawah ini !
3
Bab
Kata Kunci :
Tata Urutan, Peraturan, dan Perundang-undangan.
 
Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII
66
Dengan memahami peta konsep di atas, mudah-mudahan kalian akan faham apa manfaatnya tata tertib, baikuntuk kehidupan dalam keluarga, di sekolah, dan masyarakatserta sebagai warga negara.Sajian materi juga dilengkapi dengan berbagai ilustrasi,baik dalam bentuk ceritera, gambar atau bagan. Kalian jugadiminta mengerjakan tugas latihan individu dan kelompok,mencari berbagai informasi berkenaan dengan materi yangdibahas, mengadakan pengamatan dan mencermati rangku-man, serta mengerjakan soal-soal evaluasi.Dengan demikian setelah mempelajari bagian ini ka-lian akan memiliki kemampuan mengidentikasi tata urutanPeraturan perundang-undangan; Mendeskripsikan pro-ses pembuatan perundang-undangan nasional; Mentaatiperaturan perundang-undangan, Mengidentikasi kasuskorupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesiadan Mendskripsikan pengertian anti korupsi dan instru-men hukum serta kelembagaan anti korupsi di Indonesia.menguraikan prinsip-prinsip peraturan perundang-undangan, menguraikan jenis dan hierarki peraturanperundang-undangan nasional, dan menjelaskan teknikpenyusunan peraturan perundang-undangan.
A. TATA URUTAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGANNASIONAL 1. Konsep dan Hakekat Perundang-undanganNasional
Untuk mempelajari bagian ini, ada dua kegiatan yangharus kalian lakukan. Pertama, cermati dan perhatikangambar di samping ini. Kemudian kalian beri komentar,mengapa dalam halaman perkantoran ada tulisandilarang parkir? Mengapa pemilik kendaraan tersebuttetap memarkirkan kendarannya? Mengapa pihak yangbertugas sebagai pengaman atau scurity kantor tersebutmembiarkan kendaran diparkir? Apa yang seharusnyadilakukan oleh petugas keamanan kantor ketika melihatpemilik kendaraan memarkinkan kendaraan di bawahrambu-rambu dilarang parkir?
 
Bab - 3 Ketaatan Terhadap Peraturan Perundang-Undangan
67
Kegiatan kedua yang harus kamu lakukan adalahmencermati uraian, mengerjakan soal-soal latihan atautugas lainnya, membuat simpulan dan mengerjakan soal-soal latihan di bawah ini.Bagaimana seharusnya seseorang bersikap danbertindak baik terhadap sesamanya maupun terhadapalam? Perbuatan-perbuatan apasaja yang dapat dilakukan olehseseorang, dan perbuatan-per-buatan apa saja yang tidak bolehdilakukan oleh seseorang dalamkehidupan bermasyarakat danberbangsa? Agar dalam bersikapdan bertindak tidak saling meru-gikan di antara sesama manusiadiciptakanlah seperangkat kaidahatau norma atau aturan. Hal inidikarenakan setiap orang mempu-nyai keinginan dan kepentingan yang berbeda. Agar kepentingan yang satu dengan yang lainnya tidak saling bertubrukandibuatkan seperangkat aturan. Jadi yang disebut kaidahadalah seperangkat aturan yang mengatur kehidupan ma-nusia dalam bergaul dengan manusia lainnya.
Coba renungkan!
Apakah di sekitar tempat tinggal kalian ada orang yang bisa hidup sendiri, dan mampu memenuhi segalakebutuhannya tanpa bantuan orang lain? Jawabannyasudah pasti tidak akan ada dan dijumpai dalam kehidu-pan di masyarakat ada orang yang mampu hidup sendiri,dan tanpa memerlukan bantuan orang lain, sekalipun diamemiliki jabatan atau pangkat yang tinggi dan harta yangberlimpah.Contoh lain, seorang ibu yang akan melahirkananaknya, dia memerlukan bidan atau dokter ataudukun beranak untuk membantu proses persalinan terse-but. Begitu juga ketika anak itu sudah lahir, dia memer-lukan orang lain untuk mandi, berpakaian, menggantipakaian; dan makan atau menyusu pada ibunya. Bahkan
Gambar 1
 Kendaran yang diparkir di bawah rambu “dilarang  parkir”. Sumber : Maludong.com Bagaimana  pendapatmu mengenai kepastian hukum di Indonesia? 
Inkuiri Nilai

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lambang Nax Bhonex added this note
gimn cara nya
Marisyah Putri added this note
thankssssss..... dapat mnyelesaikan tugas saya,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Utami Ami liked this
IlhamMR liked this
Daffa Umar Reza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->