Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
40Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Phase 05 Bab II (Ahad,27Juni2010) (Perbaikan IV)

Phase 05 Bab II (Ahad,27Juni2010) (Perbaikan IV)

Ratings: (0)|Views: 14,628|Likes:
Published by Addin Alfahrie

More info:

Published by: Addin Alfahrie on Aug 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IILANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang penjabaran teori-teori yang melandasi prosesperencanaan, perancangan, dan pembuatan Skripsi ini. Bab ini diharapkan dapatmemberikan gambaran jelas mengenai serba-serbi yang menjadi bahanpertimbangan dalam segenap tahapan pengerjaan Skripsi ini.
1.1.Konsep Sistem Informasi
Sistem adalah sekumpulan elemen yang terintegrasi denganmaksud yang sama untuk mencapai sebuah tujuan (McLeod Jr., 2004. p.9). Sistem dapat didefinisikan dengan dua pendekatan, yaitu berdasarkanpendekatan prosedur dan berdasarkan pendekatan komponen atauelemennya. Sistem dengan pendekatan prosedur adalah sekumpulanprosedur yang saling terhubung, untuk menyelesaikan suatu sasarantertentu. Sedangkan sistem dengan pendekatan komponen atauelemennya adalah sekumpulan elemen yang saling terhubung danberinteraksi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuantertentu.Gambar 2.1 Bagian-bagian komponen dari suatu sistem yang dapatmengendalikan operasinya sendiri
1
MekanismePengendalianOutputTujuanInputTransformasi
 
Sumber : Management Information System (McLeod Jr., 2004. p. 10)Sistem mempunyai susunan dasar elemen-elemen sistem yangterlihat dalam Gambar 2.1 diatas. Sumberdaya input diubah menjadisumberdaya output melalui suatu elemen transformasi. Suatu mekanismepengendalian digunakan untuk memantau jalannya proses transformasitersebut untuk memastikan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya.Suatu sistem memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :
a.
Komponen Sistem (
Components
) yaitu bagian/elemen darisistem yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
 b.
Batas Sistem (
Boundary 
) adalah daerah yang membatasiantara suatu sistem dengan lingkungannya atau dengan sistem yanglain sehingga sistem dapat dikatakan sebagai satu kesatuan.
c.
Lingkungan Luar Sistem (
Environments
) yaitu segala sesuatuyang berada di luar sistem. Environment ini dapt bersifatmenguntungkan maupun merugikan sistem.
d.
Penghubung (
Interface
) yaitu suatu media yang dapatmenghubung-kan antara satu subsistem dengan subsistem yanglainnya sehingga dapat menjadi penyebab beberapa sub sistem tadiberinteraksi dan membentuk satu kesatuan.
e.
Masukan (
Input 
) yaitu segala sesuatu yang dimasukkan kedalam sistem yang berasal dari llingkungannya.
f.
Pengolahan (
Process
) yaitu suatu bagian dari sistem yangdapat mengubah masukan menjadi keluaran.
g.
Keluaran (
Output 
) yaitu suatu hasil dari proses pengolahansistem yang dikeluarkan ke lingkungannya.
2
 
h.
Sasaran (
Objective
) yaitu sesuatu yang menjadi penyebabmengapa sistem tersebut ada.
i.
Tujuan (
Goal 
) yaitu bentuk-bentuk sasaran yang ingin dicapaioleh sistem.Sedangkan informasi merupakan salah satu sumber daya yangsangat penting bagi suatu perusahaan dan bermanfaat dalam setiappengambilan keputusan. Selain itu informasi juga dapat didefinisikansebagai data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebihberarti bagi yang menerimanya (McLeod Jr., 2004. p. 12). Informasimempunyai sumber yaitu data. Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakai (McLeod Jr., 2004. p. 12).Data yang belum diolah menjadi sebuah informasi belum bergunasebagai pendukung pengambilan keputusan, meskipun mungkin terdapatbeberapa pihak yang sudah mendapatkan keuntungan tanpa mengolahdata tersebut terlebih dahulu.
1.1.1.Pengertian Sistem informasi
Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa sisteminformasi adalah sekumpulan elemen atau prosedur-prosedur kerja yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasiyang berguna untuk pengambilan keputusan. Di dalamensiklopedia bebas Wikipedia (2010) dijelaskan bahwa SistemInformasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi darisuatu organisasi : operasi, instalasi, perawatan komputer,perangkat lunak, dan data. Pendapat lainnya dalam Wikipediabahwa Sistem Informasi adalah sekumpulan
hardware, software,
3

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Diah Koddie liked this
Luzy Luthu liked this
Veedauss Diana liked this
Phoo Yunii liked this
Hanafi Hdy liked this
akmalm_2 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->