Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PELAKU EKONOMI

PELAKU EKONOMI

Ratings: (0)|Views: 5,328|Likes:
Published by Fakhruddin Iwan

More info:

Published by: Fakhruddin Iwan on Aug 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/29/2012

pdf

text

original

 
 STEM PEREKONOMIAN INDONESIA
 
petensi Dasar: Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesiakator:Mendeskripsikan pengertian demokrasi ekonomi yang merupakan sistem perekonomian IndonesiaMengidentifikasi beberapa ciri positif demokrasi ekonomi IndonesiaMenunjukkan ciri-ciri negatif yang tidak sesuai dengan demokrasi ekonomi IndonesiaMenyebutkan tiga pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian IndonesiaMengemukakan dua peranan pemerintah dalam sistem ekonomi IndonesiaMenunjukkan contoh kebijaksanaan pemerintah dalam mengatur kegiatan ekonomiMengidentifikasi peran koperasiMenunjukkan beberapa manfaat koperasiMenunjukkan contoh usaha informal dalam masyarakat
 
Prof. Edi Swasono dalam sesuatu seminarnya mengatakan bahwa Pasal 33 UUD 1945 harus dipertahankan. PasaUUD 1945 adalah pasal mengenai keekonomian yang berada pada Bab XIV UUD 1945 yang berjudul “KesejahteSosial”. Kesejahteraan sosial adalah bagian tak terpisahkan dari cita-cita kemerdekaan. Dengan menempatkan Pasa1945 di bawah judul Bab “Kesejahteraan Sosial” itu, berarti pembangunan ekonomi nasional haruslah bermuarapeningkatan kesejahteraan sosial. Peningkatan kesejahteraan sosial merupakan
test 
untuk keberhasilan pembangubukan semata-mata per-tumbuhan ekonomi apalagi kemegahan pembangunan fisikal. Pasal 33 UUD 1945 adalah pyang mulia, pasal yang mengutamakan kepentingan bersama masyarakat, tanpa mengabaikan kepentingan indiorang-perorang. Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal restrukturisasi ekonomi, pasal untuk mengatasi ketimpanstruktural ekonomi.
 SISTEM EKONOMI
“Perekonomian suatu negeri pada umumnya ditentukan oleh tiga hal. Pertama,kekayaan tanahnya. Kedua, keduduka terhadap negeri lain dalam lingkungtan Internasional. Ketiga, sifat dan kecakapan rakyatnya, serta cita-citanya. Terh Indonesia harus ditambah satu hal lagi, yaitu sejarahnya sebagi tanah jajahan”. (Hatta, 1971).
Sistem ekonomi/ sistem perkonomian
adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sudaya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebsistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dabeberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, sefaktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem eksttersebut. Beberapa sistem ekonomi yang dianut oleh masyarakat internasional
1.
 
Sistem Ekonomi Terpusat
Sistem ekonomi terpusat sering disebut sebagai sistem ekonomi sosialis, yaitu suatu sistem ekonomi diseluruh sumber daya dan pengolahannya direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah. Pemerintah dalam sisekonomi terpusat berperan sangat dominan.Adapun ciri-ciri sistem ekonomi terpusat adalah:a.
 
seluruh sumber daya dikuasai oleh negara,b.
 
produksi dilakukan untuk kebutuhan masyarakat,c.
 
kegiatan ekonomi direncanakan oleh negara dan diatur pemerintah secara terpusat,d.
 
hak milik individu tidak diakui. Sistem perekonomian terpusat ini diterapkan di negara-negara Eropa Tiyang pada umumnya menganut paham komunis.Kebaikan sistem ekonomi terpusat adalah:a.
 
pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perekonomianb.
 
pemerintah bebas menentukan barang/jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakatc.
 
pemerintah mengatur distribusi hasil dan produksid.
 
mudah melakukan pengelolaan dan pengawasane.
 
pelaksanaan pembangunan lebih cepat karena sudah disusun dalam suatu perencanaan.Kelemahan sistem ekonomi terpusat adalah:
 
c.
 
segala kebijakan pemerintah harus dilakukan oleh rakyat dan pemerintah bersifat paternalisme.
2.
 
Sistem Ekonomi Liberal
Sistem ekonomi liberal disebut juga sistem ekonomi pasar, yaitu sistem ekonomi di mana pengelolaan ekondiatur oleh kekuatan pasar (permintaan dan penawaran) . Sistem ekonomi ini menghendaki adanya kebebindividu dalam melakukan kegiatan ekonomi. Artinya setiap individu diakui keberadaannya dan mereka bbersaing. Setiap pelaku ekonomi didorong untuk melakukan yang terbaik agar ia memperoleh laba sebebesarnya. Sistem ekonomi pasar atau liberal banyak dianut negaranegara Eropa dan Amerika Serikat.Adapun ciri-ciri sistem ekonomi liberal adalah:a.
 
adanya pengakuan terhadap hak individub.
 
setiap manusia adalah homo economicusc.
 
kedaulatan konsumen dan kebebasan dalam konsumsid.
 
menerapkan sistem persaingan bebase.
 
motif mencari laba terpusat pada kepentingan sendirif.
 
peranan modal sangat pentingg.
 
peranan pemerintah dibatasi.Kebaikan sistem ekonomi liberal (sistem ekonomi pasar) adalah:a.
 
setiap orang bebas menentukan perekonomian sendirib.
 
setiap orang bebas memiliki alat produksi sendiric.
 
kegiatan ekonomi lebih cepat maju karena persaingand.
 
produksi didasarkan kebutuhan masyarakat.Kelemahan sistem ekonomi pasar (sistem ekonomi liberal):a.
 
mengakibatkan adanya eksploitasi terhadap orang lain,b.
 
menimbulkan monopoli,c.
 
terjadinya kesenjangan pendapatan,d.
 
rentan terhadap krisis ekonomi.
3.
 
Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang berusaha mengurangi kelemahan- kelemahan yang tidalam sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi dasar. Dalam sistem ekonomi campuran pemerintah bek sama dengan pihak swasta dalam menjalankan kegiatan perekonomian. Sistem ekonomi campuran banditerapkan di negar-anegara yang sedang berkembang, seperti Malaysia, India, Filipina, Mesir, dan Maroko.Kebaikan sistem ekonomi campuran adalah:a.
 
meskipun swasta diberi kebebasan, namun tetap ada intervensib.
 
pemerintah sehingga kestabilan ekonomi tetap terjamin

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Puri Hapsari liked this
Abdul Sofi'i liked this
Febyana Dwi liked this
Ask Dhiqi liked this
Rina Anggi Riani liked this
Irawan Wahyudi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->