Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karang taruna

Karang taruna

Ratings: (0)|Views: 3,004 |Likes:
Published by Andi Iye

More info:

Published by: Andi Iye on Aug 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
 
Karang Taruna untuk pertama kalinya lahir pada tanggal 26 September 1960 di Kampung Melayu,Jakarta. Dalam perjalanan sejarahnya, Karang Taruna telah melakukan berbagai kegiatan, sebagai upayauntuk turut menanggulangi masalah-masalah Kesejahteraan Sosial terutama yang dihadapi generasi mudadilingkungannya, sesuai dengan kondisi daerah dan tingkat kemampuan masing-masing.Pada mulanya, kegiatan Karang Taruna hanya sebatas pengisian waktu luang yang positif sepertirekreasi, olah raga, kesenian, kepanduan (pramuka), pendidikan keagamaan (pengajian) dan lain-lain bagianak yatim, putus sekolah, tidak sekolah, yang berkeliaran dan main kartu serta anak-anak yang terjerumusdalam minuman keras dan narkoba. Dalam perjalanan sejarahnya, dari waktu ke waktu kegiatan KarangTaruna telah mengalami perkembangan sampai pada sektor Usaha Ekonomis Produktif (UEP) yang membantumembuka lapangan kerja/usaha bagi pengangguran dan remaja putus sekolah.Pada masa Pemerintahan Orde Baru, nama Karang Taruna hanya diperuntukkan bagi kepengurusantingkat Desa/Kelurahan serta Unit/Sub Unit saja (tingkat RT/RW). Sedangkan kepengurusan tingkatKecamatan sampai Nasional menggunakan sebutan Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT), hal tersebutdiatur dalam Kepmensos No 11/HUK/1988. Krisis Moneter yang melanda bangsa ini tahun 1997 turutmemberikan dampak bagi menurunnya dan bahkan terhentinya aktivitas sebagian besar Karang Taruna. Saatdilaksanakan Temu Karya Nasional (TKN) IV tahun 2001 di Medan, disepakatilah perubahan nama menjadiKarang Taruna Indonesia (KTI). Oleh karena masih banyaknya perbedaan persepsi tentang Karang Tarunamaka pada TKN V 2005 yang diselenggarakan di Banten tanggal 10-12 April 2005, Namanya dikembalikanmenjadi Karang Taruna. Ketetapan ini kemudian diatur dalam Peraturan Menteri Sosial RI Nomor83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. Dengan dikeluarkannya Permensos ini diharapkantidak lagi terjadi perbedaan penafsiran tentang Karang Taruna, dalam arti bahwa pemahaman tentangKarang Taruna mengacu kepada Peraturan Menteri Sosial tersebut.Keberadaan Karang Taruna dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama ini, bertumpu padalandasan hukum yang dimiliki, yang terus diperbaharui sesuai dengan tuntutan, kebutuhan danperkembangan masalah kesejahteraan sosial serta sistem pemerintahan yang terjadi. Sampai saat ini,landasan hukum yang dimiliki Karang Taruna adalah Keputusan Menteri Sosial RI No. 13/HUK/KEP/l/1981tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Karang Taruna, Ketetapan MPR No. II/MPR/1983 tentang GBHNyang menempatkan Karang Taruna sebagai wadah Pembinaan Generasi Muda, serta Keputusan Menteri SosialRI No. 83/HUK/2005 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna.
PENGERTIAN KARANG TARUNA
Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atasdasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Rumusan tersebut diatas dapat dijelaskansebagai berikut:1.Karang Taruna adalah suatu organisasi sosial, perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang berfungsisebagai sarana partisipasi masyarakat dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).2.Sebagai wadah pengembangan generasi muda, Karang Taruna merupakan tempat diselenggarakannya berbagaiupaya atau kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cipta, rasa, karsa, dan karya generasi mudadalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM).3.Karang Taruna tumbuh dan berkembang atas dasar adanya kesadaran terhadap keadaan dan permasalahan dilingkungannya serta adanya tanggung jawab sosial untuk turut berusaha menanganinya. Kesadaran dantanggung jawab sosial tersebut merupakan modal dasar tumbuh dan berkembangnya Karang Taruna.4.Karang Taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus atau dikelola oleh generasi muda dan untukkepentingan generasi muda dan masyarakat di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat.Karenanya setiap desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dapat menumbuhkan dan mengembangkanKarang Tarunanya sendiri.5.Gerakannya di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial berarti bahwa semua upaya program dan kegiatan yangdiselenggarakan Karang Taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasimudanya.
 
Tujuan Karang Taruna adalah :
a. Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasimuda warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasiberbagai masalah sosial.b. Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga Karang Taruna yang trampil danberkepribadian serta berpengetahuan.c. Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan keberdayaanwarga Karang Taruna.d. Termotivasinya setiap generasi muda Karang Taruna untuk mampu menjalin toleransi dan menjadiperekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.e. Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.f. Terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa/kelurahanatau komunitas adat sederajat yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusiapembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.g. Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa/kelurahan atau komunitasadat sederajat yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan terarah sertaberkesinambungan oleh Karang Taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya
.
Tugas Pokok Karang Taruna adalah:
Secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangiberbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif,rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.
Fungsi Karang Taruna adalah :
a. Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial.b. Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat.c. Penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda secara komprehensif, terpacudan terarah serta berkesinambungan.d. Penyelenggara kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.e. Penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasimuda.f. Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosialdan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik lndonesia.g. Pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yangbersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya denganmendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.h. Penyelenggara rujukan, pendampingan, dan advokasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraansosial.i. Penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektorlainnya.j. Penyelenggara Usaha-usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual.
 
KEANGGOTAAN
Anggota Karang Taruna terdiri dari Anggota Pasif dan Anggota Aktif:1.Anggota Pasif adalah keanggotaan yang bersifat stelsel pasif (Keanggotaan otomatis), yakni seluruhremaja dan pemuda yang berusia 11 s/d 45 tahun;2.Anggota Aktif adalah keanggotaan yang bersifat kader, berusia 11 s/d 45 tahun dan selalu aktimengikuti kegiatan Karang Taruna.
KEPENGURUSAN
Kriteria Pengurus
Secara umum, untuk menjadi pengurus Karang Taruna seseorang harus memenuhi kriteria sebagai berikut:a.Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa;b.Setia kepada Pancasila dan UUD 1945;c.Berdomisili di wilayah tingkatannya yang dibuktikan dengan identitas resmi;d.Memiliki kondisi jasmani dan rohani yang sehat;e.Bertanggung jawab, berakhlak baik, dan mampu bekerja dengan timnya maupun dengan berbagaipihak;f.Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 45 tahun;g.Mengetahui dan memahami aspek keorganisasian serta ke-Karang Taruna-an;h.Peduli terhadap lingkungan masyarakatnya;i.Berpendidikan minimal SLTA/sederajat untuk kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota hingga nasional,minimal SLTP/sederajat untuk kepengurusan tingkat kecamatan, dan minimal lulusan SD/sederajatuntuk tingkat Desa/Kelurahan atau komunitas sosial sederajat.
Pengurus Kecamatan
Pengurus Karang Taruna tingkat Kecamatan dipilih dan disahkan dalam Temu Karya Kecamatan. PengurusKarang Taruna tingkat Kecamatan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Camat dan dilantik oleh Camatsetempat. Pengurus Karang Taruna tingkat Kecamatan selanjutnya berfungsi sebagai pengembangan jaringankomunikasi, kerjasama, informasi dan kolaborasi antar Karang Taruna diwilayahnya. Karang Taruna tingkatkecamatan memiliki pengurusan minimal 25 Orang, masa bhakti 5 (Lima) Tahun dengan struktursekurang-kurangnya terdiri dari:a.Ketua;b.Wakil Ketua 1;c.Wakil Ketua 2;d.Sekretaris;e.Wakil Sekretaris 1;f.Wakil Sekretaris 2;g.Bendahara;h.Wakil Bendahara 1;i.Wakil Bendahara 2;j.Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia;k.Bagian Usaha Kesejahteraan Sosial;l.Bagian Pengembangan Ekonomi Skala Kecil dan Koperasi;m.Bagian Pengembangan Kegiatan Kerohanian dan Pembinaan Mental;n.Bagian Pengembangan Kegiatan Olahraga dan Seni Budaya;o.Bagian Lingkungan Hidup dan Pariwisata;p.Bagian Hukum, Advokasi dan HAM;q.Bagian Organisasi dan Pengembangan Hubungan Kerjasama Kemitraan;r.Bagian Hubungan Masyarakat, Publikasi dan Pengembangan Komunikasi;

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Moh Insan Kamil liked this
Eko Akhris liked this
SijabatTomson liked this
Astawa Ali Akbar liked this
Irwan Cungkring liked this
Mey Doank liked this
Arie Mukholil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->