Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ringkasan Materi Sejarah Kelas 8

Ringkasan Materi Sejarah Kelas 8

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 3,434 |Likes:
Published by Triacute
Sejarah Kelas 8
Sejarah Kelas 8

More info:

Published by: Triacute on Aug 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR 
Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikanrahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah ini.Dalam Makalah ini, kami mendapatkan bantuan dari beberapa pihak. Olehkarena itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar- besarnya kepada :1.Tuhan YME2.Guru-guru pembimbing mata pelajaran3.Ibunda, ayahanda tercinta dan seluruh keluarga, yang telah susah payah untuk memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga kami dapatmenyelesaikan makalah ini4.Teman-teman semuaKami masih menyadari bahwa Makalah ini masih banyak kekurangan baik dari segi isi maupun bahasanya. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yangsifatnya membangun demi menyempurnakan Makalah ini di masa yang akan datang.Akhirnya kami mengharapkan semoga Makalah ini dapat membawa manfaatterutama bagi kami sendiri dan para pembaca sekalian.Bangil, 25 Februari 2010Penyusun
 
BAB 4PERKEMBANGAN KOLONIALISME DANIMPERIALISME BARAT DI INDONESIA
A.Penjelajahan Samudera Dan Kedatangan Bangsa Barat Di IndonesiaHingga Terbentuknya Kekuasaan Colonial
Ramainya perdagangan di Laut Tengah, terganggu selama dan setelah berlangsungnya Perang Salib (1096 - 1291). Dengan jatuhnya kota Konstantinopel(Byzantium) pada tahun 1453 ke tangan Turki Usmani, aktivitas perdagangan antaraorang Eropa dan Asia terputus.Sultan Mahmud II, penguasa Turki menjalankan politik yang mempersulit pedagang Eropa beroperasi didaerah kekuasannya.Bangsa Barat menghadapi kendala krisis perdagangan rempah-rempah. Oleh karena itu bangsaBarat berusaha keras mencari sumbernya denganmelakukan penjelajahan samudra.
 Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Penjelajahan Samudra
a)Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaanIslam di manapun yang dijumpainya sebagai tindak lanjut dari Perang Salib. b)Semangat gospel, yaitu semangat untuk menyebarkan agama Nasrani.c)Semangat glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.d)Semangat gold, yaitu semangat untuk mencari kekayaan/emas.e)Perkembangan teknologi kemaritiman yang memungkinkan pelayarandan perdagangan yang lebih luas, termasuk menyeberangi Samudra Atlantik.f)Adanya sarana pendukung seperti kompas, teropong, mesiu, dan petayang menggambarkan secara lengkap dan akurat garis pantai, terusan, dan pelabuhan.g)Adanya buku Imago Mundi yang menceritakan perjalanan Marco Polo(1271-1292).h)Perjalanan Ordoric da Pardenone menuju Campayang sempat singgahdi Jawa pada abad ke-14.Ordoric melaporkan sekilas mengenai kebesaranMajapahit.
 
i)Galileo yang menyatakan bahwa bumi itu bulat seperti bola, mataharimerupakan pusat dari seluruh benda-benda antariksa. Bumi dan benda- bendaantariksa lainnya beredar mengelilingi matahari (teori Heliosentris).
 A.Pelayaran Orang-orang Portugis
Orang-orang Portugis menjadi pelopor berlayar mencari tempat asal rempah-rempah. Hal ini tidak lepas dari kiat Pangeran Henry Mualim (Henry Navigator) yangmemberi hak-hak istimewa kepada keluarga-keluarga saudagar sukses dari Italia,Spanyol, dan Prancis. Tujuannya supaya mereka bersedia tinggal dan berdagang diibukota Portugis.Berikut ini penjelajah-penjelajah yang berasal dari Portugis.

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nunik Suningsih liked this
andrianii23 liked this
Mustafa Lbs liked this
Eva Dianawati liked this
Indra Theboys liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->