Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
51Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RESONANSI

RESONANSI

Ratings: (0)|Views: 3,049 |Likes:

More info:

Published by: Sholikhuddin Arrojib on Aug 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
1.PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Untuk membentuk suatu gelombang dalam rongga, hanya perlubahwa udara di dalam rongga digetarkan dengan suatu frekuensi dekatdengan salah satu dari frekuensi ± frekuensi cirri rongga itu, suatu garputalaadalah sesuai dengan maksud ini karena bila garputala itu bergetar secarabebas, hanya sebagian kecil dari rongga mekanisnya dialih ragamkan kedalam bunyi dan sisanya diubah menjadi rongga diakhir udara. Sebagaiakibatnya suatu garputala yang bergetar diletakkan dekat yang terbukasuatu rongga yang mempunyai cirri yang hampir sama dengan f. sebagianbesar tenaga mekanisnya dialih ragamkan menjadi gelombang tegakamplitude besar di dalam rongga inilah yang disebut resonansi(Cromer,1994).Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karenapengaruh getaran benda lain di dekatkannya. Jadi frekuensi kedua bendasama f1=f2  ef=of bunyi saling berinterfasi sempurna (saling menguatkan)(bebas vism.org,2008).
1.2 Maksud dan Tujuan
Maksud dari praktikum ini adalah agar praktikan dapat mengetahuigelombang bunyi dengan frekuensi tertentu serta perhitungannya.Tujuan dari praktikum ini adalah agar para praktikan dapatmenentukan kecepatan bunyi di udara dalam suhu kamar denganperhitungan panjang gelombang dengan frekuensi yang telah ditentukandengan kecepatan bunyi suhu 0
o
C.
1.3 Waktu dan Tempat
Praktikum ini dilakasanakan pada tanggal 10 Desember 2009 padapukul 07.00-09.00 WIB di laboratorium Hidrobiologi gedung C lantai 1Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang.
 
2 . TINJAUAN PUSTAKA2.1 Gelombang
Bidang ilmu tentang gerak gelombang erat hubungannya denganilmu tentang gerak sekeras (harmonic motion). Bila gelombang bergerakdalam suatu zat materi, tiap partokel zat itu akan bergerak terhadap posisikesetimbangannya. Apabila getaran partikel tegak lurus pada arahrambatan gelombang, gelombangnya disebut gelombang transversal. Jikapartikel bergetar dalam arah rambatan gelombang, gelombangnyadisebut gelombang longitudinal (Sears, 1982)
2.1.1 Pengertian Gelombang
Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat padasuatu medium pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya,bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang dapat dilihatpanjangnya dengan menghitung jarak antara satu rapatan dengan saturegangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik (Riyn,2009).Gelombang adalah suatu gangguan yang menjalar dalam suatumedium yang dimaksud dengan mediumdisini adalah sekumpula bendayang saling berinteraksi dimana gangguan itu menjalar. Kita juga sudahmengetahui bagaimana medium gelombang bergerak jika gelombangmenjalar padanya. Jadi disini harus dibedakan antara gerak gelombang(gangguan) dan gerak medium. Dalam gerak gelombang biasanyamedium hanya bergerak sedikit, akan tetapi gelombangnya dapatmenjalar jauh, gelombang electromagnet adalah suatu gelombang medanyang tidak memerlukan medium mekanik, karena dapat menjalar di dalamvakum (Soetrisno.1979).Gelombang adalah getaran yang menjalar, gelombang membawaenergy dari satu tempat ke tempat lain. Energy yang diberikan padagelombang air, misalnya oleh lemparan batu ke dalam air atau oleh anginyang jauh pada laut. Energy diangkut oleh gelombang ke pantai. Semuabentuk gelombang bejalan mengangkut energy (Soraneoli,1997).
 
Gelombang adalah sebuah pla gangguan di dalam suatu zatantara yang merambat melalui 2 antara itu dengan laju tetap V air dari 2antara itu di dalam contoh sekarang kali adalah zat antara dan gangguansimpangan titik ± titik dari posisi tak terganggunya atau posisikesetimbangan (Cromer,11994).
2.1.2 Jenis ± Jenis Gelombang\
Jenis gelombang meliputi :a) Gelombang TransversalGelombang berjalan sepanjang tali, katakana dari kiri ke kanan partikeltali bergerak naik turun dalam arah lintang (tegak lurus) pada gerakgelombang itu sendiri.b) Gelombang LongitudinalMerupakan gelombang dimana getaran partikel media adalah semuaarahnya dengan arah gerak gelombang. Gelombang longitudinal adalahsiap dibentuk pada pegas yang ditarik atau diketatkan secara bergantianmenekan dan mengembangkan pada satu ujungnya (Giancoli,1997)
Jenis Gelombang menurut amplitude dan fasenya:1. Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitude dan fasenyasama setiap titik yang dilalui gelombang2. Gelombang diam (stasioner) adalah gelombang yang amplitude danfungsinya berubah (tidak sama) disetiap titik yang dilalui gelombang
Jenis Gelombang menurut medium perantaranya :1) Gelombang mekanik adalah gelombang yang di dalam perambatannyamemerlukan medium perantara2) Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang di dalamperambatannya tidak memerlukan medium perantara. Contoh : sinar gamma, sinar alfa, sinar ultraviolet (Riys,2009).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->