Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Chapter Report ( The Process of Conducting Research )

Chapter Report ( The Process of Conducting Research )

Ratings: (0)|Views: 214 |Likes:
Published by Nadzier Wiriadinata

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nadzier Wiriadinata on Aug 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

 
Chapter Report
The Process of Conducting Research(Proses Pelaksanaan Penelitian)
Oleh : E. Nadzier Wiriadiata
I. Tinjauan Umum
Arti penting sebuah riset/penelitian belakangan ini semakin sangat dirasakan dan diperlukanoleh berbagai kalangan, baik kalangan praktisi pendidikan maupun kalangan penentukebijakan. Meskipun harus juga diakui bahwa masih ada sikap pandang yang senantiasamenempatkan riset/penelitian tidak lebih sebagai aktivitas yang identik dengan kegiatanyang secara khusus hanya dilakukan oleh kalangan akademisi dilingkungan perguruan tinggi.Begitu banyak buku yang membahas tentang penelitian dengan berbagai pendekatan dangaya penulisan. Namun dari begitu banyak buku yang membahas tentang penelitian, bukuini sepertinya patut dan pantas untuk mendapatkan perhatian istimewa. Dikatakan istimewakarena gaya penulisannya begitu mudah dicerna. Seakan-akan si penulis ingin memberikankesan kepada para pembaca bahwa penelitian bukanlah sesuatu yang sulit difahami dansulit untuk dilakukan. Buku inipun tidak hanya mudah dicerna tapi sistimatika penulisannyapun membuat si pembaca tidak harus begitu mengerutkan kening dalam memahami isibuku tersebut. Namun demikian, penulisan buku ini tentunya, sebagaimana buku yangditulis oleh penulis ba
 
at lainnya, tidak pernah lepas dari background negara dimana sipenulis berada. Berbagai contoh kasus yang dimunculkan dalam buku tersebut adalahkasus-kasus khas yang dihadapi di negaranya.Chapter/ bab ini membahas tentang 5 point pembahasan:1.
 
Definisi penelitian pendidikan2.
 
Identifikasi 3 alasan pentingnya penelitian3.
 
Enam langkah yang secara tipikal dilakukan oleh peneliti dalam proses penelitian4.
 
Identifikasi isu-isu etis penting dalam melaksanakan penelitian5.
 
Refleksi tentang kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki dalam prosespenelitian
 
II. Pembahasan1. Definisi/Pengertian Penelitian
D
efinisi Peneitian :Suatu proses dari langkah-langkah yang dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisisinformasi dalam rangka meningkatkan pemahaman kita tentang sebuah topik atauisu/permasalahan.Secara umum, Penelitian terdiri atas 3 langkah :a.
 
Mengajukan sebuah pertanyaanb.
 
Mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaanc.
 
Menyajikan sebuah jawaban terhadap pertanyaanMenurut penulis buku ini, meskipun ada beberapa langkah lain selain langkah-langkahdiatas, tetapi ketiga langkah tersebut merupakan kerangka keseluruhan untuk sebuahpenelitian. Manakala kita menguji sebuah penelaahan yang dipublikasikan, ataumelaksanakan penelahaan yang dilakukan oleh kita sendiri, kita akan menemukan ketigapoint tersebut sebagai unsur-unsur inti penelitian.
2
. Pentingnya Penelitian
Tidak semua pendidik memiliki apresiasi dan pemahaman tentang penelitian. Bagisebagian orang penelitian tampaknya sesuatu yang hanya penting bagi para akademis dilingkungan perguruan tinggi. Meskipun pendapat tersebut ada benarnya, tetapi harus jugadiingat bahwa aktivis pendidikan di lembaga lainnya pun membaca dan memanfaatkanpenelitian, seperti halnya para psikolog sekolah, kepala sekolah, para anggota dewansekolah, para administrator perguruan tinggi, dan para siswa lulusan.Penelitian dinyatakan penting karena 3 (tiga) alasan :a. Penelitian menambah pengetahuan kitaMaksudnya adalah bahwa para pendidik yang melakukan penelitian memberikansumbangan informasi terhadap informasi yang sudah ada tentang isu-isu tertentu. Kita punbisa mengetahui tentang isu-isu pendidikan yang sedang diperdebatkan saat ini, misalnyatentang penyatuan pendidikan AIDS kedalam kurikulum sekolah. Dengan kata lain, parapeneliti itu ibarat tukang batu (kuli bangunan) yang membangun sebuah dinding. Sebuahbata satu persatu diletakkan yang akhirnya terbentuk sebuah struktur yang kokohb. Penelitian meningkatkan praktek (kemampuan profesional)
 
Penelitian menawarkan gagasan-gagasan baru dalam melaksanakan tugas kependidikandan menolong para praktisi pendidikan melakukan evaluasi terhadap pendekatan-pendekatan yang mereka lakukan sehingga diharapkan dapat berjalan dengan baik.c. Penelitian menginformasikan debat-debat kebijakanDalam rangka menolong para pendidik menjadi praktisi kependidikan yang lebih baik,penelitian juga menciptakan suatu perbincangan tentang isu-isu penting ketika parapembuat kebijakan melontarkan topik-topik pendidikan yang memancing perdebatan.
3
. Enam Langkah Proses Penelitian
a.
 
Melakukan identifikasi terhadap sebuah permasalahan penelitianb.
 
Mereview literaturc.
 
Melakukan spesifikasi terhadap tujuan penelitiand.
 
Mengunpulkan datae.
 
Menganalisis dan menginterpretasikan dataf.
 
Melaporkan dan mengevauasi penelitian
Skema Proses Penelitian
Melaporkan danMengevaluasiPenelitian :
- Menentukanaudiens ( penggunahasil penelitian)- Merancang/mendisain laporan- Menuliskanlaporan
Mengidentifikasi sebuah masalahpenelitian
:- Melakukan spesifikasi terhadapmasalah- Melakukan justifikasi terhadapnya- Menyampaikan pentingnyapenelaahan/penelitian tersebut
bagi
audiens
Mereview literatur :
- menentukansumber-sumber(informasi)- Menyeleksi sumber-sumber (informasi)- merangkum/menyimpulkansumber-sumber(informasi)
Mengumpulkan data :
- Menyeleksi individu-individu- memperoleh izinmereka
-
Mengumpulkaninformasi dari mereka
 Menganalisis danmelakukaninterpretasi terhadapdata :-
menguraikan data- merepresentasikandata- Menjelaskan data
Melakukan spesifikasiterhadap tujuanpenelitian :
- mengidentifikasipernyataan tujuan- Mempersempitpernyataan tujuanterhadap pertanyaan-pertanyaan penelitianatau hipotesa

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->