Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
67Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH KONSTIPASI

MAKALAH KONSTIPASI

Ratings: (0)|Views: 3,739 |Likes:

More info:

Published by: Gung Diah 'Jung Yah' on Sep 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

 
TANAMAN OBAT TRADISIONALUNTUK PENGOBATAN KONSTIPASI
TON 9NAMA KELOMPOK:KETUA: MADE GEDE PRADITYA PUTRA(0908505029)ANGGOTA: I DW. AG. DIAH YUNIARTHA DEWI(0908505019)NI PUTU ERIKARNITA SARI(0908505028)PUTU DESI PADMASARI (0908505035)I KETUT PUNIA JUNIOR (0908505044)NI MADE SURYANI(0908505061)NI WAYAN DENIARIASIH(0908505065)JURUSAN FARMASIFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAMUNIVERSITAS UDAYANA2010PENDAHULUAN
1
 
Dewasa ini, banyak sekali timbul keluhan dan gangguan penyakit di lingkunganmasyarakat terutama yang disebabkan oleh adanya pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur sehingga menyebabkan gangguan pada saluran pencernaaan. Salah satunya adalah konstipasiyang umumnya disebut juga dengan sembelit. Konstipasi merupakan kelainan padasistem  pencernaandimana seorangmanusia(atau mungkin juga padahewan) mengalami pengerasan fesesatautinjayang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Sebagian besar orang pasti pernahmengalami konstipasi. Konstipasi ada yang ringan dan ada yang berat. Konstipasi yang berat ataucukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Apabila seseorang menganggap remeh obstipasi inidapat menyebabkankanker ususyang berakibat fatal bagi penderitanya. Jika tidak segeraditanggulangi, akan menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran pencernaan. Dan jika sudahakut, kemungkinan besar sulit diobati. Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakattentang segala sesuatu tentang konstipasi dan cara penanganannya, akan timbul petanyaan- pertanyaan yang terkait, seperti apa sebenarnya definisi dari konstipasi? Apa saja penyebabkonstipasi? Bagaimana gejala-gejala konstipasi? Bagaimana cara penanganan konstipasi? Jenistanaman apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam pengobatan konstipasi?Dari tanaman obat tersebut, bagian mana saja yang berkhasiat? Bagaimana cara pengolahannyasehingga siap digunakan sebagai obat tradisional untuk konstipasi? Dan selanjutnya bagaimanacara penggunaan yang tepat sehingga efektif untuk menyembuhkan konstipasi? Berbagai permasalahan di atas akan dibahas dalam makalah berikut, sehingga dapat bermanfaat dalammenambah pengetahuan masyarakat terutama tentang konstipasi dan jenis tanaman yang dapatdigunakan sebagai obat konstipasi sehingga diharapkan selanjutnya masyarakat dapat melakukan pengobatan sendiri secara tradisional yang efektif, efisien, dan aman.
PEMBAHASANI.DEFINISI PENYAKIT
2
 
Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan padasistem pencernaandimana seorangmanusia(atau mungkin juga padahewan) mengalami pengerasanfesesatau tinjayang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapatmenyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi dibedakan menjadi duayaitu ringan dan berat. Konstipasi yang berat atau cukup hebat disebut juga denganobstipasi. Apabila seseorang menganggap remeh obstipasi ini dapat menyebabkankanker  ususyang berakibat fatal bagi penderitanya.Penyebab umum konstipasi atau sembelit yang berada disekitar kita antara lainkarena sedang menjalankan ibadah puasa, kekurangan cairantubuhataudehidrasi, menderita panas dalam,stresdalam pekerjaan, aktivitas yang padat, pengaruhhormon  dalam tubuh, sedang dalam masakehamilan, kelainananatomis pada sistem pencernaan, gaya hidupyang buruk, efek samping akibat meminum obat tertentu (misalnya obatantidiare,analgesik ,antasida, antikolinergik, obat darah tinggi (anti-hipertensi), golongan narkotik, beberapa obat penenang dan obat tidur), kekurangan asupanvitamin C, terlalu banyak duduk, disebakan oleh penyakit, menahanrangsanganuntuk buang air besar dalam  jangka waktu yang lama dan seharusnya segera dikeluarkan dan dibuang, kekuranganmakanan berserat, karena usia lanjut, dan masih banyak lainnya.Tanda yang umum atau gejala yang timbul pada sebagian besar penderita konstipasiadalah sebagai berikut:
Perutterasa  begah, penuh dan tidak plong, sedikit lebih panas daripada biasanya, nyeri dan mulas, membesar dan mengeras sehingga terkadang harus memakai baju  yang ukurannya lebih besar untuk menutupinya.
Tubuh tidak fit, tidak nyaman, lesu, cepat lelah, dan terasa berat sehingga malasmengerjakan sesuatu bahkan terkadang sering mengantuk.
Jantungsering berdebar-debar sehingga cepat emosi yang mengakibatkanstres  sehingga rentansakit kepaladan bahkandemam.
Aktivitas sehari-hari terganggu karena menjadi kurang percaya diri, tida bersemangat, dan tubuh terasa terbebani yang mengakibatkan kualitas dan produktivitas kerja menurun.
Terkadang pernapasanmenjadi sesak karena volume perut untuk bernapas berkurang.
3

Activity (67)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
KonNy Sua liked this
Mahaguna Putraa liked this
Ni Made Putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->