Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengantar Ekonometri

Pengantar Ekonometri

Ratings: (0)|Views: 122|Likes:
Published by yudh_pragist

More info:

Published by: yudh_pragist on Sep 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2010

pdf

text

original

 
EKONOMETRI: SUATU PENGANTAR &REGRESI SEDERHANA:KERANGKA DASAR
Arief yulianto
1.1 Pengantar
What is econometrics?” 
Sederhananya, “ekonometrikdiartikan sebagai “ukuran ekonomi” atau
economic measurement.
Ekonometri memiliki cakupan yang sangat luas, seperti: bisnis, ekonomi,sosial dan sebagainya. Sebagai contoh adalah penggunaan ekonometri untuk analisisdampak promosi terhadap penjualan, dampak kenaikan harga BBM terhadap permintaanBBM, dampak kenaikan SPP terhadap permintaan sekolah, dampak kenaikan jasatransportasi terhadap penawaran jasa transportasi, dampak kenaikan tarif dasar listrik(TDL) terhadap permintaan listrik dan sebagainya.Disisi lain, apabila ekonometri dilihat dari perspektif teoritis, beragam pendapat paraahli tentang konteks ekonometri itu sendiri. Kesemuanya menunjukkan bahwa ekonoemtrimemiliki cakupan pembahasan yang luas.
Econometrics, the result of a certain outlook on the role of economics, consits of the apllication of mathematical statistics to economic data to lendempirical support to the models constructed by mathematical economics and to obtain numerical results .
 ....econometrics may be defined as the quantitative analysis of actual economic phenomena based onconcurrent development of the theory and observation, related by appropriate methods ofinference.
2
Econometrics is concerned with the empirical determination of economic laws .
Sumber: Gujarati, 2003, hlm.1
Sekarang ini, ekonometri merupakan suatu metode yang lazim digunakan untuk keperluanperamalan. Dalam konteks permasalahan ekonomi, ekonometri bisa diterjemahkansebagai
art of scienc
dalam menawarkan solusi berbagai masalah ekonomi.
1
 
Gerhard Tintner,
Methodology of Mathematical Economics and Econometrics 
, The University ofChicago Press, Chicago, 1968, p.74.
2
 
P.A Samuelson, T.C Koopmans, and J.R.N. Stone, “Report of the Evaluative Committee forEconometrica,” Econometrica, vol.22, no.2, April 1954, pp. 141-146.
3
 
H. Theil,
Principles of Econometrics, John Wiley & Sons, New York, 1971, p.1.
1
 
Sederhananya, ekonometri berusaha menterjemahkan suatu masalah dari aspek ekonomi,matematik ekonomi dan statistik ekonomi secara komprehensif. Ketiga bidang ilmu itumerupakan pondasi dalam penerapan ekonometri.Dalam ekonometri, permasalahan dipetakan berdasarkan teori (ekonomi) yang ada,dinyatakan dengan persamaan matematik dan digunakan kriteria statistik untukmenganalisis permasalahan yang ada. Sebagai contoh adalah harga minyak mentah danpermintaan minyak mentah. Berdasarkan teori ekonomi, dengan asumsi barang normal,harga berbanding terbalik dengan permintaan dan berbanding lurus dengan penawaran.Artinya, berdasarkan hukum permintaan, jika harga minyak mentah naik, maka permintaanminyak mentah akan mengalami penurunan. Sebaliknya, jika harga minyak mentah turun,maka permintaan akan minyak mentah mengalami kenaikan. Sedangkan berdasarkan hukumpenawaran, jika harga minyak mentah naik maka penawaran minyak mentah akanmengalami kenaikan, dan sebaliknya jika terjadi penurunan harga. Akan tetapi, teoriekonomi tidak menjelaskan lebih lanjut berapa besar dampak kenaikan harga terhadapperubahan permintaan. Di sini, ekonometri berperan dalam memberikan ukuran atasbesarnya perubahan permintaan sebagai akibat dari perubahan harga.Berkaitan dengan ekonometri, peran matematika ekonomi adalah menyatakan teoriekonomi dalam bentuk matematika atau persamaan matematika. Tujuannya adalah untukpenyederhaan masalah. Seperti dibahas sebelumnya, ekonometri berusaha melakukanverifikasi empiris atas teori ekonomi yang berlaku. Dan hal ini akan lebih mudah apabilapermasalahan ekonomi dinyatakan dalam bentuk matematik.Fokus dari statistik ekonomi adalah berkaitan dengan pengumpulan data, pengolahan data,dan analisis data. Data bisa dinyatakan dalam grafik, diagram ataupun tabel. Jadi dariaspek statistik, data merupakan “bahan mentah” yang harus diolah lebih lanjut dalamekonometri. Data yang berasal dari berbagai publikasi baik swasta atau pemerintahbersifat
 given.
Artinya, data mentah itu diluar kontrol
econometrician 
apabila datamengandung kesalahan pengukuran, dan berbagai kesalahan lainnya. Oleh karena itu,
econometrician 
mengembangkan metode untuk mengatasi berbagai masalah berkaitandengan kesalahan pengukuran.2
 
1.2Metodologi Ekonometri
Yang menjadi pertanyaan lebih lanjut adalah bagaimana prosedur baku ekonometrik bisadigunakan untuk menganalisis permasalahan ekonomi. Atau dengan kata lain, bagaimana“metodologi” ekonometri. Berangkat dari teori ekonomi, menyatakan masalah secaramatematis dan penggunaan data mentah sampai pada analisis masalah, adalah prosedurbaku yang digunakan dalam ekonometri. Metodologi yang digunakan dalam ekonometrikadalah sebagai berikut :1.Pernyataan teori atau pembuatan hipotesa berdasarkan teori2.Menyatakan teori dalam persamaan atau model matematik3.Melakukan spesifikasi statistik atas model yang sudah dibuat4.Pengumpulan data yang dibutuhkan5.Melakukan estimasi parameter dari model ekonometri yang sudah ditentukan6.Pengujian hipotesa yang diturunkan dari model7.Membuat peramalan berdasarkan data yang tersedia8.Penggunaan model sebagai referensi kebijakanUntuk memudahkan penterjemahan metodologi di atas, dibuat contoh yang sangatsederhana sebagai berikut.Contoh 1Akbar adalah manajer penjualan ayam goreng “Selalu Renyah” di kota Depok. Dia harusmenyiapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan tingkat penjualan tahun ini.Berdasarkan data jumlah biaya promosi dan besarnya penjualan ayam goreng, dilihat adahubungan positif antara promosi dan penjualan. Dia merencanakan promosi besar-besarandengan memasang spanduk di seluruh sudut kota Depak. Untuk meyakinkan atasannya, diamembuat analisis ekonometri antara promosi dan penjualan sebagai berikut.
1.Pernyataan berdasarkan teori
Berdasarkan teori pemasaran dapat dinyatakan bahwa promosi berbanding positifterhadap penjualan. Artinya, semakin besar biaya promosi, penjualan akanmengalami peningkatan.
2.Spesifikasi Model Matematik
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->