Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tes psikologi

tes psikologi

Ratings: (0)|Views: 8,297|Likes:
paper ini berisikan cara-cara melakukan tes psikologi pada siswa sekolah
paper ini berisikan cara-cara melakukan tes psikologi pada siswa sekolah

More info:

Published by: Ancank Pencari Tuhan on Sep 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/26/2013

pdf

text

original

 
TES PSIKOLOGI
 BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Pada dasarnya bimbingan dan konseling disekolah merupakan suatu proses pemberian bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka memecahkan masalah yang dialaminya baik itu masalah pribadi, sosial, belajar dan karir. Dalam membantu mengatasi permasalahan yangdialami oleh siswa maka sebagai guru pembimbing atau konselor perlu mengumpulkan berbagaiketerangan atau data dari anak didiknya sehingga dapat diketahui penyebab siswa mengalami permasalahan. Data yang terkumpul tersebut akan menentukan tingkat pemahaman dan jenis bantuan yang dapat diberikan kepada siswa.Adapun jenis data yang perlu dikumpulkan meliputi berbagai aspek yang berhubungandengan diri anak dan lingkungannya. Teknik pengumpulan data yang dapat digunakan yaitusalah satu diantaranya adalah tes psikologis, yang mana tes ini dapat mengukur kemampuan potensial siswa seperti taraf intelegensi, bakat, minat, kepribadian dan sikap anak.Berdasarkan dari hasil tes psikologis maka akan memberikan data yang tepat danobyektif terhadap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki setiap siswa sehingga hal ini sangat perlu diketahui oleh guru pembimbing atau konselor dan siswa itu sendiri. Tujuannya bagi guru pembimbing untuk menambah data diri siswa dalam usaha pemberian layanan. Bagi anak, diadapat mengetahui keadaan dirinya baik itu kelebihan maupun kekurangan yang dimilikinyasehingga dia mampu menerima kekurangan diri dan mengarahkan kelebihan yang dimilikinyayang dapat dibantu oleh konselor, Guru mata pelajaran dan orang tua.Dilihat dari perlunya pemberian bantuan yang diberikan kepada siswa diatas, makamahasiswa sebagai calon Guru pembimbing atau konselor harus dibekali kemampuan pemberiandan analisis hasil tes untuk menunjang jalannya pemberian layanan Bimbingan dan Konseling diSekolah. Melalui mata kuliah Praktikum Assasmen Psikologi tes, mahasiswa dilatih untuk memberikan tes psikologis kepada siswa/mahasiswa dan selanjutnya menganalisis hasilnya.Sehingga mahasiswa diwajibkan untuk memberikan tes kepada 2 orang mahasiswa.
 
 
B. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat dari penulisan ini antara lain1.
 
Sebagai proses belajar bagi calon guru BK nanti di sekolah agar dapatmengimplementasikan apa yang menjadi tugasnya sebagai guru BK, dengan lebihmempersiapkan diri terutama dalam memberikan layanan bimbingan dan konselingsesuai dengan masalah yang dihadapinya.2.
 
Untuk dapat melatih diri sendiri sebagai mahasiswa psikologi pendidikan dan bimbingandengan cara memahami tinkah laku individu baik secara pribadi maupun secara umumterutama bila bertugas nanti menjadi guru BK di sekolah dengan lebih berorientasi pada profesionalnya sebagai calon guru BK,3.
 
Sebagai bahan perbandingan antara teknik tes dan teknik non tes.
 
 BAB IIPERSIAPAN
Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan tes psikologis ini adalah tahap persiapan.Dimana tahap ini menjadi tahap penentu pada tingkat keberhasilan pelaksanaan praktikum.Untuk itu tester merasa perlu untuk melakukan hal-hal yang menjadi pendukung dalam proses pelaksanaan praktikum tes yaitu sebagai berikut:
A. Testi
Testi adalah mahasiswa yang diberikan tes psikologis. Testi yang diambil ialah yang belum pernah mengikuti tes psikologis dan bersedia mengikuti tes dengan baik dan jumlah seluruhnyaadalah 2 orang mahasiswa.Adapun nama-nama testi itu adalah sebagai berikut:
B.HaridanTanggalPelaksanaan
Setelah ada testi yang bersedia mengikuti tes, maka langkah selanjutnya adalahmenentukan hari dan tanggal penentuan tes, Sesuai dengan kesepakatan antara testi dengan tester serta petugas laboratorium PPB maka pelaksanaan tes dilaksanakan pada hari Senin 7 Juli 2010.
C. Tempat Pelaksanaan Tes
Tempat pelaksanaan tes psikologis ini adalah di Laboratorium Psikologi Pendidikandan Bimbingan, dimana tempat ini memang difungsikan sebagai tempat untuk kegiatan pelaksanaan tes psikologis.
No. Nama Testi Nim J.K Umur Fakultas/Jurusan
1. Muh.IbunuQasim Halim094404019 Laki-laki 21 Th LKM Photographh2. Muh.Syadikin H 101001090 Laki-laki 20 Th Reradilan AgamaUIN

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
Aan Qona'ah liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
kurnia_araw liked this
Ermi Fembri liked this
Stevano Phy liked this
noer aja liked this
noer aja liked this
rico09001 liked this
Djami Olii liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->