Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tentang Reksadana

Tentang Reksadana

Ratings: (0)|Views: 912 |Likes:
Published by Dimas Aris Shera
Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.
Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: Dimas Aris Shera on Sep 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Definisi Reksadana
Reksadana
adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulaninvestor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumeninvestasiyang tersedia diPasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelolaolehManajer Investasi(MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupasaham, obligasi,  pasar uangataupunefek/sekuritilainnya. Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat(27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana darimasyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek olehManajer Investasi.”Dari kedua definisi di atas, terdapat tiga unsur penting dalam pengertianReksadana yaitu:1.Adanya kumpulan dana masyarakat, baik individu maupun institusi2.Investasi bersama dalam bentuk suatu portofolio efek yang telahterdiversifikasi; dan3.Manajer Investasi dipercaya sebagai pengelola dana milik masyarakatinvestor.Pada reksadana, manajemen investasimengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugiandan menerimadividenatau bunga yang dibukukannya ke dalam "Nilai Aktiva Bersih"(NAB) reksadana tersebut.Kekayaan reksadana yang dikelola oleh manajer investasi tersebut wajibuntuk disimpan pada bank kustodianyang tidak terafiliasi dengan manajer investasi,dimana bank kustodian inilah yang akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan administratur.
http://www.scribd.com/mzloveme_as Page 1
 
B.Sejarah dan Bentuk Reksadana
Reksadana yang pertama kali bernama
Massachusetts Investors Trust 
yangditerbitkan tanggal21 Maret 1924, yang hanya dalam waktu setahun telah memilikisebanyak 200investor reksadana dengan total aset senilai US$ 392.000.Pada tahun1929sewaktu bursa sahamjatuh maka pertumbuhan industri reksadana ini menjadi melambat. Menanggapi jatuhnya bursa makaKongres Amerika  mengeluarkan Undang-undang Surat Berharga1933(
Securities Act of 1933
) danUndang-undang Bursa Saham1934(
Securities Exchange Act of 1934
).Berdasarkan peraturan tersebut maka reksadana wajib didaftarkan pada
atau biasa disebutSECyaitu sebuah komisi diAmerika yang menangani perdagangan surat berharga dan pasar modal. Selain itu pula, penerbit reksadana wajib untuk menyediakan prospektusyang memuatinformasi guna keterbukaan informasi reksadana, juga termasuk surat berharga yangmenjadi objek kelolaan, informasi mengenai manajer investasi yang menerbitkanreksadana.SEC juga terlibat dalam perancangan Undang-undang Perusahaan Investasitahun1940yang menjadi acuan bagi ketentuan-ketentuan yang wajib dipenuhi untuk setiap pendaftaran reksadana hingga hari ini.Dengan pulihnya kepercayaan pasar terhadap bursa saham, reksadana mulaitumbuh dan berkembang. Hingga akhir tahun1960diperkirakan telah ada sekitar 270reksadana dengan dana kelolaan sebesar 48 triliunUS Dollar .Reksadanaindekspertama kali diperkenalkan pada tahun1976oleh John Bogle dengan nama
, yang sekarang bernama
yang merupakan reksadana dengan dana kelolaan terbesar yangmencapai 100triliunUS Dollar.Salah satu kontributor terbesar dari pertumbuhan reksadana di Amerika yaitudengan adanya ketentuan mengenai rekening pensiun perorangan (
individual retirement account - IRA
), yang menambahkan ketentuan kedalam
 Internal RevenueCode
( peraturan perpajakan di Amerika) yang mengizinkan perorangan (termasuk mereka yang sudah memiliki program pensiun perusahaan) untuk menyisihkansebesar 4.000 US $ setahun.
http://www.scribd.com/mzloveme_as Page 2
 
Berdasarkan Undang-undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 pasal 18,ayat (1), bentuk hukum Reksadana di Indonesia ada dua, yakni Reksadana berbentuk Perseroan Terbatas (PT. Reksa Dana) dan Reksadana berbentuk Kontrak InvestasiKolektif (KIK).a.Reksa Dana berbentuk Perseroan (PT. Reksa Dana)suatu perusahaan (perseroan terbatas), yang dari sisi bentuk hukum tidak  berbeda dengan perusahaan lainnya. Perbedaan terletak pada jenis usaha, yaitu jenis usaha pengelolaan portofolio investasi. b.Kontrak Investasi Kolektif kontrak yang dibuat antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang jugamengikat pemegang Unit Penyertaan sebagai Investor. Melalui kontrak iniManajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio efek dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan dan administrasiinvestasi.
C.
Kategori
Reksadana
Berdasarkan karakteristiknya
maka reksadana dapat digolongkan sebagai berikut:a.Reksadana Terbukaadalah reksadana yang dapat dijual kembali kepada Perusahaan Manajemen Investasiyang menerbitkannya tanpa melalui mekanisme perdagangan diBursa efek . Harga jualnya biasanya sama dengan Nilai Aktiva Bersihnya. Sebagian besar reksadanayang ada saat ini adalah merupakan reksadana terbuka. b.Reksadana Tertutupadalah reksadana yang tidak dapat dijual kembali kepada perusahaan manajemeninvestasi yang menerbitkannya. Unit penyertaan reksadana tertutup hanya dapatdijual kembali kepada investor lain melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek.Harga jualnya bisa diatas atau dibawah Nilai Aktiva Bersihnya.
Sedangkan berdasarkan jenisnya
, reksadana terbagi menjadi:1.Reksadana Pendapatan Tetap.Reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari dana yangdikelola (aktivanya) dalam bentuk efek   bersifat utang. 2.Reksadana Saham.
http://www.scribd.com/mzloveme_as Page 3

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Trisadini Usanti liked this
Adhitia Agustian liked this
Yuda Purnama liked this
Nera Il Kobah liked this
dincut liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->