Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hand-out Analisa Strategi, Pohon Masalah, Strtegi Utama Dan Pohon Hasil

Hand-out Analisa Strategi, Pohon Masalah, Strtegi Utama Dan Pohon Hasil

Ratings: (0)|Views: 3,144 |Likes:
Published by Verrly Geya
Strategy Anallisys
Strategy Anallisys

More info:

Categories:Types, Graphic Art
Published by: Verrly Geya on Sep 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

 
POHON MASALAH
I. ANALISA MASALAH DENGAN TEHNIK POHON MASALAH
 Secara visual menggambarkan hubungan ‘sebab-akibat’ darimasalah yang ada sekarang. Gunakan kartu metaplan.Cara menggunakan kartu metaplan:a)Identifikasi hanya masalah yang ada, jangan yang bersifatteoritisb)Hanya satu masalah per kartuc)Masalah harus ditulis dengan gaya negative
d)
Masalah bukan tidak adanya jawaban melainkan keadaan yangnegative. Oleh karena itu hindarkan penggunaan kalimat seperti“kurangnya ini” atau “tidak ada”e)Contoh: Tidak ada rumah sakit
tidak baik. Orang tidak akses padapelayanan kesehatan-
baikBanjir merusak sawah
tidak baik. Sawah rusak dan hancur
baik
1. MEMILIH MASALAH INTI
 a)Sebelum melakukan analisa masalah, pastikan orang yangterlibat dengan suatu permasalahan terlibat dalam perumusanmasalah. Contoh: ” Banyaknya kecelakaan bus”.
 b)
 Tulislah rumusan singkat dari masalah inti pada kartu apa yangdia anggap sebagai titik pusat dari masalah yang ada sekarangdalam wilayah proyek.c)Masalah inti kemudian dipilih oleh seluruh anggota kelompokdengan menyepakati satu “masalah paling inti”. Masalah intitidak harus berarti masalah paling penting karena ia hanyaberfungsi sebagai titik awal dari pembuatan pohon masalah.
d)
Masalah-masalah yang mencakup hubungan sebab-akibat yangmenyeluruh dalam wilayah masalah cocok menjadi masalah inti.
e)
 Jika kelompok tidak dapat menyetujui masalah inti, pilihlahsecara tentative satu masalah dan lanjutkan bekerja. Kemudiankembali mendiskusikan masalah inti nanti. Contohnya:
Bis seringkecelakaan.
2. BUAT POHON MASALAH
 
a)
Setelah menetapkan masalah inti, letakkan kartu ini di tengah-tengah papan tulis atau dinding.b)Telitilah masalah-masalah lainnya dan kondisi negatif pentingyang merupakan penyebab lansung dari masalah inti tersebut.c)Tambahkan penyebab dari setiap masalah dan bekerjalah teruske bawah, sehingga membentuk sebuah pohon (pohon masalah)d)Dengan cara yang sama, tempatkan efek langsung dan pentingdari masalah inti diatasnya.e)Efek selanjutnya dapat ditambahkan pada setiap kartu sebelummenyelesaikan bagian atas dari pohon.f)Pada umumnya, terdapat beberapa sebab-akibat per masalah. Juga kartu masalah yang mempunyai tingkat kepentingan yangsama harus ditempatkan pada tingkatan yang sama pula.
g)
 Tunjukan semua hubungan sebab-akibat yang utama danpenting dengan tanda panah.h)Sambil menyelesaikan Pohon Masalah, periksa diagram secarakeseluruhan dan periksa penggunaan kata yang tepat,hubungan sebab-akibat yang tepat, dan kelengkapannya.Langkah –langkah ini pada akhirnya memunculkan satu gambaryang lengkap dan terinci - dengan akar yang diwakili oleh penyebabmasalah, dan akibat dari masalah tersebut (lihat contoh)
II. MENCARI BEBERAPA STRATEGI UTAMA PROYEK DARI POHONMASALAH
a)
Iidentifikasi beberapa kelompok cabang sebab akibat yangmengarah ketengah. Lingkari kelompok tersebut. Satu cabangatau gabungan cabang-cabang bisa dijadikan strategi proyek.b)Kalau cabang-cabang diambil sebagai pendekatan proyek makadaun-daunnya adalah komponen-komponen proyek.c)Teliti kembali hasil analisa stakeholder untuk menentukan siapayang akan terpengaruh dan terlibat dalam penggabungancabang-cabang tersebut.d)Rumuskan beberapa alternatif strategi utama proyek dalambentuk hasil dengan mengganti kalimat yang negatif dipohonmasalah dengan yang positif.
 
III. MEMBUAT POHON HASIL SEBAGAI LOGIKA PROYEK 
Dari strategi utama yang telah dirumuskan, bangun logika PohonHasil atau Logika Proyek. yang menjelaskan cara un tukmemecahkan masalah dan efek dari pemecahan. Pohon HASILmengidentifikasi “kondisi yang diinginkansetelah masalahdipecahkan, dan menjadi landasan untuk pemeriksaan pendekatanyang digunakan untuk meningkatkan keadaan.a)Gantilah kata-kata hubungan ‘sebab-akibat’ yang bersifatnegative dari pohon masalah menjadi hubungan ‘cara-hasil yangbersifat positif, “kondisi yang diinginkan di masa depan” (hasil)dapat dicapai.b)Telitilah semua hasil dan hubungannya agar masuk akal danlayak, kalau diperlukan sesuaikanlah analisis hasil.Adanyapenambahan ”sopir disiplin dan tepat waktu”c)Periksa diagaram secara menyeluruh dan pertajamlah agarmendapatkan kesempurnaan analisis.
d)
Bila pernyataan dalam kartu tidak dapat diubah menjadipernyataan positif, periksalah kembali pohon masalahnya yangdicoba digambarkan oleh kartu itu. Juga, jika “keadaan yangdiinginkan (hasil) “ sangat tidak masuk akal, atau tidak logis,logika sebab-akibat harus diperiksa kembali. Struktur Pohon Hasilmungkin berbeda dengan Pohon masalah.
CONTO H POHON HASILContoh Pohon Hasil.
Bagaimana Cara memilih satu atau dua dari strategi utama.
1. Nilailah setiap strategi utama proyek tersebut dengan menggunakankriteria-kriteria berikut ini.
Secara realistis dapat dilakukan. Tidak terlalu banyak hambatan,baik dalam staffing, secara politis, maupun potensi resistensi
 
PERHATIAN1.Setiap hubungan sebab-akibat tidak berarti menjadi hubungancara-hasil.2.Menambahkan kartu yang diperlukan atau menghilangkan kartu

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Paud Topkids liked this
Syakir Roti liked this
Pram Pramono liked this
rimardika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->