Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 2,682|Likes:
Published by ibrank

More info:

Published by: ibrank on Sep 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1. Latar Belakang
Polri sebagai aparat negara yang bertugas memelihara keamanandan ketertiban masyarakat, penegak hukum, pelindung, pengayom serta pelayan masyarakat dalam pelaksanaan tugas dihadapkan pada permasalahan internasional berupa keterbatasan personil, kesejahteraanyang masih rendah, keterbatasan peralatan dan materiil, saran dan prasarana serta anggaran maupun tantangan eksternal yang dihadapi. Olehkarena itu pimpinan Polri membuat program-program kerja sertakebijakan-kebijakan, salah satunya Quick Respon dalam memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat seperti yang akan penulissampaikan pada makalah ini.
Dasar :
1.
 
U
ndang-
U
ndang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian NegaraRepublik Indonesia. Dalam
U
ndang-
U
ndang ini ada beberapaketentuan yang dapat digunakan sebagai dasar hukum untuk  program Quick Win dan Akselarasi transformasi kultur Polri yaitusebagai berikut:a.
 
Pasal 4, Kepolisian Negara Republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan masyarakat, tertib dan tegaknya hukum,terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayananmasyarakat serta terbinanya ketentraman masyarakat denganmenjunjung tinggi HAM. b.
 
Pasal 5 ayat (1), Kepolisian Negara RI merupakan alat Negarayang berperan memelihara Kamtibmas, penegak Hukum sertamemberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepadamasyarakat dalam rangka terpeliharanya Kamdagri.c.
 
Pasal 13, Tugas Pokok Kepolisian Negara RI adalahmemelihara Kamtibmas, menegakkan Hukum, dan memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.d.
 
Pasal 14 ayat (1) huruf g, melindungi keselamatan jiwa raga,harta benda masyarakat dan lingkungan hidup dari gangguanatau bencana serta memberikan bantuan dan pertolongandengan menjunjung tinggi HAM.2.
 
Surat Keputusan Kapolri No.Pol : Skep/360/VI/2005 tanggal 10Juni 2005 tentang Grend Strategi Polri 2005-2025.
 
2
 
3.
 
Keputusan Kapolri No. Pol : Kep/20/IX/2005 tanggal 7 September 2005 tentang rencana Strategis Polri 2005-2009 (Renstra Polri).4.
 
Keputusan Kapolri No. Pol : Kep/15/VI/2007 tentang RencanaKerja Polri Tahun 2008.5.
 
Keputusan Kapolri No. Pol : Kep/27/VI/2009 tentang RencanaKerja Polri Tahun 2009.6.
 
Keputusan Kapolri No. Pol : Kep/37/X/2008 tentang AkselarasiTransportasi Polri menuju Polri yang mandiri, Profesional dandipercaya masyarakat.Ditengah prestasi Polri yang berhasil mengungkap kasus-kasuskejahatan besar dan Terorisme sehingga mendapat pujian dari duniainternasional, ternyata belum cukup untuk meningkatkan citra positif Polridi mata masyarakat. Sebagian masyarakat menilai bahwa citra Polri masihnegatif dari sisi kinerja maupun perilaku. Kedepan, berhasil tidaknya Polri bukan saja diukur dari kemampuan mempertahankan apa yang telahdicapai sebelumnya, namun harus mencari strategi baru untuk membangunhubungan positif dengan publik (masyarakat) untuk itu Trust Buildingmerupakan persyaratan mutlak.Dimasa mendatang Polri akan menggunakan dua wajah sekaligusyaitu tegas dan humanis. Dimana Polri benar-benar memperlihatkan wajahtegas jika berhadapan dengan para pelaku kejahatan dan dalammenjalankan tugas penegak hukum, serta berwajah humanis ketikamemberikan pelayanan kepada masyarakat.Pimpinan Polri mengutamakan komitmen dengan mencanangkan program ³Quick Win´ yaitu program unggulan dalam akselarasitransformasi dan peningkatan pelayanan jajaran kepolisian kepadamasyarakat, Quick Win merupakan salah satu usaha Polri untuk terusmemperbaiki diri dan menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakatterhadap Polri. Dengan dilaksanakannya program Quick Win diharapkandapat menjawab tuntutan masyarakat dalam budaya kerja yang lebih baik,dengan meningkatkan prestasi kerja secara terus menerus sesuai harapanmasyarakat sebagai stakeholder. Sehingga mampu menghasilkan suatu produk pelayanan prima dalam rangka pencapaian Gren Strategi Polri2025 yang terdiri dari 3(tiga) tahap yaitu: Tahap I Trust Building Th 2005s/d 2010, Tahap II Partnership Building Th 2011 s/d 2015 dan Tahap IIIStrive For Excelent Th 2016 s/d 2025.
U
 paya lain adalah dengan akselarasitransformasi kultur (budaya) diamana yang sebelumnya Polri masih mintadilayani tapi saat ini Polri yang harus mandiri dan menjadi pelayanan bagimasyarakat.
 
3
 
Akselarasi transformasi kultur yang telah dilakukan oleh Polrisangat dibutuhkan dan pada kenyataannya tidak semudah membalikkantelapak tangan dan belum menyentuh semua lini di kepolisian. Berbagaiupaya telah dilakukan Pimpinan Polri agar Transformasi kultur tersebutdapat terlaksana, sehingga pada akhirnya tercipta suatu postur Polri yang profesional, bermoral dan modern.
U
 paya yang dilakukan Pimpinan Polrisalah satunya adalah dengan mengeluarkan Program-Program yaitu:1.
 
Quick Respon Fungsi Intel2.
 
Quick Respon Fungsi SPK 3.
 
Quick Respon Fungsi Bina Mitra4.
 
Quick Respon Fungsi Lantas5.
 
Quick Respon Fungsi ReskrimApabila program ini dapat diwujudkan oleh seluruh anggota Polridalam pelaksanaan tugas, barulah masyarakat dapat merasakan pentingnyakehadiran anggota Polri ditengah-tengah kehidupan mereka dandimanapun berada akan selalu dicintai dan dirindukan masyarakatsehingga terwujud Polri yang dapat mencipatakan keamanan danketertiban di tengah-tengah masyarakat.
2
. Pokok Masalah
Keberadaan Quick Win merupakan suatu upaya untuk memberikanPerlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada masyarakat oleh Polrisekaligus menuju Polisi masa depan yaitu ³Polisi yang dicintaimasyarakat´ Program Quick Respon adalah suatu upaya untuk menciptakan budaya kerja yang selalu mengikuti perubahan yang dinamisdengan landasan semangat kejujuran, keterbukaan, profesionalisme, danhumanis sesuai dengan tuntutan masyarakat.Dalam pelaksanaan Quick Win seperti yang telah diterangkandiatas, juga ditemukan berbagai hambatan dan rintangan yang mewarnai pelaksanaan program tersebut.
U
ntuk mempermudah dalam menjawab permasalahan dan hambatan tersebut, maka penulis mempersempit ruanglingkup permasalahan dengan mengambil satu program ³PelayananKepolisian Tugas
U
mum pada Polsek Padang Barat dalam rangka Quick Respon´ agar dapat menemukan solusi dan fokus pada satu permasalahan.Maka untuk menjawab permasalahan tersebut dirumuskan menjadi beberapa persoalan sebagai berikut:1.
 
Sejauhmana program Quick Respon diimplementasikan dalammemberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat yang telahdilakukan oleh Polsek Padang Barat.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adam ElNugraha liked this
boedhy87 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->