Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANDUAN PPL PPG

PANDUAN PPL PPG

Ratings: (0)|Views: 702 |Likes:
Published by haikalmoch

More info:

Published by: haikalmoch on Sep 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2012

pdf

text

original

 
PANDUAN PPL PPGA.
 
Pendahuluan
Terjadinya perubahan-perubahan yang sangat cepat dalam segala aspek kehidupan akibat dari gelombang globalisasi serta perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi memunculkan serangkaian tantangan baru yang perludisikapi dengan cermat dan sistematis. Perubahan tersebut secara khususberdampak terhadap tuntutan akan kualitas pendidikan secara umum, dan kualitaspendidikan guru secara khusus untuk menghasilkan guru yang profesional.Guru profesional adalah guru yang dalam melaksanakan tugas profesikependidikan mampu menunjukkan keprofesionalannya yang ditandai denganpenguasan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi penguasaansubstansi dan/atau bidang studi sesuai bidang ilmunya. Calon guru harusdisiapkan menjadi guru profesional melalui pendidikan profesi guru. Kompetensiguru dimaksud meliputi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Dalamrangka menyiapkan guru yang profesional, maka setelah calon guru dinyatakanmemiliki kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi penguasaansubstansi dan/atau bidang studi yang diperoleh pada jenjang S1, maka calon guruharus disiapkan untuk menjadi guru profesional melalui suatu sistem PendidikanProfesi Guru.Guru yang profesional wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi,sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik guru adalahlulusan Strata 1 (S1) Kependidikan dan Non-kependidikan.Tugas utama guru profesional adalah mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikananak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah. Untuk menjadi guru yang profesional memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapanyang memenuhi standar mutu atau norma tertentu, yang diperoleh melaluipendidikan profesi guru.Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 kependidikan dan S1/D4 non-kependidikan yangmemiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secarautuh sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sehingga dapatmemperolah sertifikat pendidik professional, yang keluarannya mampuberadaptasi dan melaksanakan tugas profesi pendidik yang unggul, bermartabat,dan dibanggakan lembaga pendidikan pengguna, masyarakat dan bangsaIndonesia.Program PPG dicapai melalui kegiatan pengemasan materi bidang studiuntuk pembelajaran yang mendidik, dan praktik pengalaman lapangan (PPL).Melalui PPL PPG peserta dipersiapkan untuk memantapkan penguasaanberbagai kompetensi yang harus dimiliki guru profesional. Dengan demikian,pelaksanaan PPL PPG perlu dilakukan dengan menerapkan prinsip berkelanjutan,
 
1terstruktur, dan relevan, sehingga program ini dapat menjadi wahana bagi pesertaPPG untuk memperoleh kelayakan kompetensi sebagai guru yang profesional.
B. Tujuan
Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memantapkan penguasaankompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan professional melalui kegiatanpraktik pembelajaran nyata di sekolah..
C. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Memantapkan kemampuan praktik pembelajaran bidang studi, pengelolaankesulitan belajar, dan pengelolaan manajemen sekolah.1.1
 
Memahami prosedur dan pentingnya pelaksanaan praktik pengalamanlapangan bagi peserta Pendidikan Profesional Guru1.2
 
Memantapkan ketrampilan menyusun persiapan pembelajaran inovatif bidang studi di sekolah.1.3
 
Memantapkan ketrampilan melaksanakan pembelajaran inovatif bidang studi di sekolah.1.4
 
Memantapkan ketrampilan untuk merefleksi pembelajaran, merancangdan melaksanakan perbaikan pembelajaran bidang studi melaluipendekatan kolaboratif.1.5
 
Memantapkan ketrampilan identifiksi karakteristik peserta didik danmelaksanakan studi kasus pemecahan masalah kesulitan belajar siswa.1.6
 
Memantapkan kemampuan mengelola tugas-tugas yang menyangkutmanajemen sekolah. .2.
 
Memantapkan ketrampilan memanfaatkan teori dan hasil penelitian terkaituntuk mengidentifikasi masalah dan menemukan pemecahan masalahpembelajaran demi peningkatan kualitas pembelajaran bidang studi.2.1
 
Memantapkan kterampilan menemukan permasalahan dan kesulitanpembelajaran bidang studi di kelas.2.2
 
Memantapkan ketrampilan memanfaatkan teori dan hasil penelitianuntuk merefleksi pembelajaran bidang studi di kelas.2.3
 
Memantapkan ketrampilan menyusun rencan perbaikan pembelajaranbidang studi di kelas.2.4
 
Memantapkan ketrampilan melaksanakan perbaikan pembelajaranbidang studi di kelas.2.5
 
Memantapkan ketrampilan mengkomunikasikan proses dan hasilperbaikan pembelajaran bidang studi di kelas dalam bentu LaporanPenelitian Tindakan Kelas (PTK)
D. Proses Pelaksanaan PPL PPG
PPL PPG dilaksanakan secara nonblok, selama dua semester. PadaSemester I mahasiswa melaksanakan praktik pengaaman lapangan sesuai dengan
 
2Standar Kompetensi Nomor 1, dan pada Semester II mahasiswa melaksanakanpraktik pengalaman lapangan sesuai dengan Standar Kompetensi Nomor 2.
1.
 
Semester I
Praktik pengalaman lapangan pada Semester I dilaksanakan denganpendekatan
lesson staudy
.a.
 
Orientasi dan Observasi (1 minggu)1)
 
Pembekalan awal dan koordinasi tentang pelaksanaan program PPL antaramahasiswa, dosen pembimbing dan guru pamong (1 hari)2)
 
Observasi kesekolah tentang pelaksanaan pembelajaran di sekolah, prosesbimbingan studi kasus, dan tugas-tugas guru dalam manajemen sekolah (4hari)b.
 
Workshop 1 (1 minggu)1)
 
Mahasiswa mengidentifikasi masalah, kesulitan pembelajaran berdasarkanhasil orietasi pembelajaran di sekolah pada minggu 1 (1 hari)2)
 
Mahasiswa mendiskusikan dan mereviu landasan teori dan hasil penelitianyang relevan untuk menemukan alternative pemecahan masalah dankesulitan pembelajaran (diskusi kelompok dan diskusi kelas).3)
 
Mahsiswa mengidentifikasi kompetensi dasar (KD) untuk pembelajaran dikelas pada minggu berikutnya.4)
 
Mahasiswa menyusun rencana/persiapan pembelajaran: menyusun RPPdan menyiapkan alat/media pembelajaran (diskusi kelompok kecil). RPPdisusun untuk satu kompetensi dasar dari bahan ajar yang akan diajarkandi sekolah.5)
 
Mahasiswa melaksanakan praktik pembelajaran
 peer teaching
berdasarkanRPP dan persiapan yang sudah dikembangkan, dilanjutkan dengansupervisi pembelajaran.c.
 
Praktik Pembelajaran 1 (2-3 minggu)1)
 
Mahasiswa melaksanakan praktik pembelajaran di kelas berdasarkan RPPdan persiapan yang sudah dikembangkan..a.
 
Satu orang mahasiswa menjadi gurub.
 
Dua orang mahasiswa menjadi pengamatc.
 
Dosen pembibing dan guru pamong melaksanakan pengamatan2)
 
Mahasiswa melaksanakan refleksi pembelajaran dan revisi RPP untuk pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Refleksi pembelajarandidampingi oleh dosen pembimbing dan guru pamong.3)
 
Disamping melaksanakan praktik mengajar di kelas, mahasiswa jugamelaksanakan studi kasus kesulitan belajar siswa, dan melaksanakanpraktik tugas pengelolaan manajemen sekolah.d.
 
Workshop 2 (1 minggu)Prosedur kegiatan sama dengan Workshop 1.e.
 
Praktik Pembelajaran 2 (2-3 minggu)Prosedur kegiatan sama dengan Praktik Pembelajaran 1.f.
 
Workshop dan Praktik Pembelajaran diulang lagi sampai pada minggu ke 12.g.
 
Persiapan Ujian Praktik Pembelajaran (minggu ke 13)1)
 
Reviu proses kegiatan praktik pembelajaran di kelas.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Goes Zamizar liked this
izzahmarmala liked this
rifdi79 liked this
Tamin Ibrahim liked this
DeWi Padi liked this
rofiqoh hasan h liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->