Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
52Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konflik Dan Negosiasi

Konflik Dan Negosiasi

Ratings: (0)|Views: 9,174|Likes:

More info:

Published by: Ferryco Enggi Laventosa on Sep 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/06/2013

pdf

text

original

 
BAB IIPEMBAHASAN
Konflik pada dasarnya adalah segala macam interaksi pertentangan atauantagonistis antara dua atau lebih pihak. Robert C. North menyatakan “A conflictemerges when two or more persons or group seek to possess the same object, occupythe same space or the same exclusive position” (Jandt FE & Gillette, P. 1985 :p.25).Menurut Kreitner, R & Kinicki, A (2001 : 447) : “ Conflict is a process inwhich one party perceives that it’s interests are being opposed or negatively affected by another party”.
A.Transisi dalam Pemikiran Konfli
a.Pandangan Tradisional
Banyak sumber menyatakan, bahwa sebisa mungkin, konflik harusdihindari sebab menandakan adanya kesalahan fungsi dalam sebuah kelompok.Konflik juga dipandang secara negative, identik dengan kekerasan, pengrusakandan irasionalitas demi memperkuat konotasi negatifnya. Konflik berdasar atasdefinisi, memiliki sifat dasar merugikan dan harus dihindari. Selain itu, konflik  juga dilihat sebagai hasil disfungsional akibat komunikasi yang buruk,kurangnya keterbukaan dan kepercayaan antar rekan, dan kegagalan paramanajer untuk tanggap kebutuhan dan aspirasi karyawan.
b.Pandangan Hubungan Manusia
Menurut pandangan ini, konflik merupakan hasil alamiah yang wajar dantidak terhindarkan oleh sebuah kelompok. Dengan kata lain, konflik tidak dapatdisingkirkan dan bahkan kadang konflik dapat bermanfaat bagi kinerjakelompok.
c.Pandangan Interaksionis
Pandangan ini memiliki keyakinan bahwa konflik tidak hanya menjadikekuatan positif dalam kelompok namun juga sangat diperlukan agar kelompoknya berkinerja aktif. Menurutnya, kelompok yang kooperatif, tenang,damai dan serasi cenderung menjadi statis, apatis dan tidak peka terhadap
 
 perubahan dan inovasi. Karena itu, sumbangan utamanya adalah mendorong pemimpin kelompok mempertahankan tingakat konflik minimum yang berkelanjutan, cukup untuk membuat kelompok itu bertahan hidup, kritisterhadap dirinya sendiri dan kreatif.
B.Konflik Fungsional Lawan Disfungsional
a.
Pandangan interaksionis berpendapat bahwa beberapa konflik mendukungsasaran kelompok dan memperbaiki kinerjanya, inilah salah satu ragam konflik fungsional yaitu bentuk konflik yang konstruktif. Namun ada juga konflik yang bersifat menghambat atau merintangi yang disebut disfungsional.
Kreitner dan Kinicki (2001) membedakan empat tipe konflik :
1.Personality conflict yaitu konflik antar personal yang didorong oleh ketidak senangan atau ketidak cocokan pribadi.2.Value conflict adalah konflik karena perbedaan pandangan atas tata nilaitertentu.3.Intergroup conflict merupakan pertentangan antar kelompok kerja, team dandepartemen.4.Cross-Cultural conflict merupakan pertentangan yang terjadi antar budayayang berbeda.Functional conflict dapat distimulir, dikembangkan dan dimanfaatkan olehmanajemen untuk mempercepat proses pencapaian sasaran organisasi, sementaradysfunctional conflict perlu dikendalikan untuk meminimumkan dampak negatifnya,kalau perlu melalui proses negosiasi.Kreitner dan Kinicki (2001) mengemukakan bahwa menstimulasi functionalconflict dapat dilakukan dengan menggunakan “Programmed Conflict”, yaitu proses penyelesaian konflik dengan cara mengangkat perbedaan-perbedaan pendapat atau pandangan dengan mengabaikan perasaan pribadi, melalui keikut sertaan danmasukan-masukan baik dari pihak yang mempertahankan gagasan maupun yangmengkritik gagasan berdasarkan fakta-fakta yang relevan dan mengesampingkan pandangan pribadi atau kepentingan politis.
 
Level konflik proses dan tugas yang berlevel rendah sampai sedang, bersifatfungsional. Sebab konflik tsb merangsang diskusi tentang gagasan-gagasan yangmembantu kelompok berkinerja lebih baik. Jenjang-jenjang konflik terbagi menjadi :Intra pribadi--- Antar pribadi ---Intra kelompok---- Antar kelompok ---Intraorganisasi ---Antar organisasi
 
Dua teknik Programmed Conflict yang banyak dimanfaatkan adalah :1.Devils Advocacy, di mana seseorang ditunjuk untu“menelanjangi” kelemahan-kelemahan dari sebuah gagasan tertentu sehinggadapat disempurnakan bersama. Devil’s Advocacy yang dilakukan secara periodik merupakan latihan yang bagus untuk mengembangkan kemampuananalitis dan komunikasi.2.Dialectic method dilaksanakan dengan cara membuka forum perdebatan di antara pandangan-pandangan yang berbeda untuk memahamiissue tertentu secara lebih baik. Manajemen dapat membentuk dua atau tiga timuntuk mendiskusikan/memperdebatkan rencana kebijakan tertentu. Satu timsebagai pencetus rencana bertindak untuk mempertahankan rencana dan tim lain bertugas untuk mengcounter/menyerang rencana tersebut dalam satu forum aduargumentasi.1.
Manajemen Konflik 
Karena setiap negosiasi memiliki potensi konflik dalam seluruh prosesnya, penting sekali bagi kita untuk memahami cara mengatasi atau menyelesaikan konflik.Untuk menjelaskan berbagai alternatif penyelesaian konflik dipandang dari sudutmenang – kalah masing-masing pihak, ada empat kuadran manajemen konflik:a.
 Kuadran Kalah-Kalah (Menghindari konflik)
Kuadran keempat ini menjelaskan cara mengatasi konflik dengan menghindarikonflik dan mengabaikan masalah yang timbul. Atau bisa berarti bahwa kedua belah pihak tidak sepakat untuk menyelesaikan konflik atau menemukankesepakatan untuk mengatasi konflik tersebut. Kita tidak memaksakankeinginan kita dan sebaliknya tidak terlalu menginginkan sesuatu yang dimilikiatau dikuasai pihak lain. Cara ini sebetulnya hanya bisa kita lakukan untuk 

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sitty Maesyaroh liked this
Alhym Mufassir liked this
Ifa Nur Afifah liked this
Fatima Zahra liked this
Nuze liked this
Rena S. Fajrin liked this
Yoni Try Jayanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->