Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
81

81

Ratings: (0)|Views: 1,156|Likes:
Published by jhon

More info:

Published by: jhon on Sep 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/09/2013

pdf

text

original

 
TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANGGOTA PAGUYUBANLANSIA SEHAT DI KECAMATANCANDISARI SEMARANG
SKRIPSI
Diajukan dalam rangka penyelesaian studi Strata Iuntuk memperoleh gelar Sarjana Olahraga
 Disusun OlehNama : Emi RachmawatiNIM : 6104000020Prog. Studi : Ilmu Keolahragaan/ S- 1Jurusan : Ilmu Keolahragaan
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAANUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2 0 0 5
 
 
ABSTRAKSEmi Rachmawati, 2005.
Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota PaguyubanLansia Sehat Di Kecamatan Candisari Semarang. Skripsi. Jurusan IlmuKeolahragaan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.Pokok permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah :Bagaimana tingkat kesegaran jasmani anggota paguyuban lasia sehat diKecamatan Candisari Semarang. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahuitingkat kesegaran jasmani yang dimiliki oleh anggota Paguyuban Lansia Sehat DiKecamatan Candisari Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah anggota paguyuban Lansia Sehat DiKecamatan Candisari Semarang, yang berjumlah 30 orang wanita lanjut usia.Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik total sampling yaitu seluruhanggota populasi ditugaskan untuk menjadi sampel penelitian. Jadi jumlah sampelpenelitian ini adalah 30 orang. Variabel yang diselidiki dalam penelitian ini adalahtingkat kesegaran jasmani. Istrumen yang digunakan adalah tes kesegaran jasmani jalan cepat dengan menempuh jarak 4,82 km. Analisis data yang digunakan yaituanalisis deskrpitif persentase.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kesegaran jasmanianggota Paguyuban Lansia Sehat Di Kecamatan Candisari Semarang termasuk kategori kurang sekali. Dari 30 sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orangatau 77% memiliki tingkat kesegaran jasmani dengan kategori kurang sekali, 6orang atau 20% memiliki tingkat kesegaran jasmani kurang, dan 1 orang atau 3%memiliki tingkat kesegaran jasmani sedang dan tidak ada sutupun yang memilikitingkat kesegaran jasmani baik, maupun baik sekali.Simpulan penelitian ini yang menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani Anggota Paguyuban Lansia Sehat di Kecamatan Candisari Semarangtermasuk kategori kurang sekali. Maka peneliti menyarankan kepada anggotauntuk meningkatkan kesegaran jasmaninya dengan memperhatikan faktor-faktoryang dapat memperngaruhi tingkat kesegaran jasmani diantaranya yaitu faktorlatihan, faktor istirahat, faktor kebiasaan hidup sehat, faktor lingkungan, sertafakor makanan dan gizi. Bagi para pembina di Paguyupan Lansia SehatKecamatan Candisari Semarang, hendaknya merencanakan program latihan bagianggotanya yang disesuaikan dengan golongan umur masing-masing agarprogram latihan tersebut tetap pada sararan sehingga mampu meningkatkankesegaran jasmani dari masing-masing anggota secara efektif dan efisien.
 
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Skripsi ini telah disetujui oleh Pembimbing untuk diajukan ke sidangpanitia ujian skripsi pada :Pembimbing Utama Pembimbing PendampingDrs. Sukardi, M.Pd.
 
Drs. M. Waluyo, M.Kes
.
NIP.130340674 NIP.131485010Mengetahui,
 
Ketua Jurusan Ilmu KeolahragaanDrs. Djanu Ismanto, M.S.NIP.131571558 

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Abhoe Zar liked this
YonoKomputer.com liked this
Tatta Edi liked this
Ki Abach Kusumo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->