Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
44Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kimia - Perkembangan Tabel Periodik Unsur

Kimia - Perkembangan Tabel Periodik Unsur

Ratings: (0)|Views: 4,892 |Likes:
Published by freakykuro

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: freakykuro on Sep 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2014

pdf

text

original

 
PERKEMBANGAN SISTEM PERIODIK UNSUR1.Antoine LavoiserPengelompokan Unsur Berdasarkan Logam dan Non Logam
Pengelompokan ini masih terlalu umum karena ternyata dalam berbagaiunsur logam maupun nonlogam masih terdapat berbagai variasi dan sifatunsur-unsur.Lavoiser sudah menyusun skema pertama yang tersusun rapi tentangsistem kimiawi (bekerja sama denganBerthollet,FourcroydanGuyton de  Morveau). Dalam sistem Lavoisier (yang jadi dasar pegangan hinggasekarang) komposisi kimia dilukiskan dengan namanya. Untuk pertamakalinya penerimaan suatu sistem kimia yang seragam dijabarkan sehinggamemungkinkan para ahli kimia di seluruh dunia dapat saling berhubungansatu sama lain dalam hal penemuan-penemuan mereka.Lavoisier merupakan orang pertama yang dengan gamblangmengemukakan prinsip-prinsip penyimpanan jumlah reaksi benda kimiatanpa bentuk tertentu: yakni reaksi dapat mengatur kembali elemen yangbenar dalam substansi semula tetapi tak ada hal yang terhancurkan danpada akhir hasil berada dalam berat yang sama seperti komponen asal.Keyakinan Lovoisier tentang pentingnya kecermatan menimbang bahankimiawi melibatkan reaksi yang mengubah ilmu kimia menjadi ilmu eksaktadan sekaligus menyiapkan jalan bagi banyak kemajuan-kemajuan di bidangkimia pada masa-masa sesudahnya.Dia umumnya dianggap sebagai "Pendiri ilmu kimia modern", danmemang dia patut mendapat julukan itu. "Daftar Periodik Unsur" modernyang dasarnya merupakan perluasan dari daftar Lavoisier.
Kelebihan:
1. Orang pertama yang dengan gamblang mengemukakan prinsip-prinsippenyimpanan jumlah reaksi benda kimia tanpa bentuk tertentu.
 
2. Pelopor dalam pengelompokan unsur.
Kelemahan:
1. Pengelompokan unsur masih sederhana.2. Banyak unsur yang belum diketahui sehingga tidak banyak yangdikelompokkan.
2.Johann Wolfgang DobereinerHukum Triade Dobereiner
Pada tahun 1829,
 Johan Wolfgang Dobereiner 
melihat adanya kemiripansifat di antara beberapa unsur, lalu mengelompokkannya menurut kemiripansifat yang ada. Ternyata tiap kelompok terdiri atas tiga unsur, sehinggadisebut
Triade
. Jika unsur-unsur dalam satu triade tersebut disusun menurut kenaikanmassa atom-atomnya, ternyata massa atom maupun sifat-sifat unsur yangkedua merupakan rata-rata dari massa atom unsur pertama dan ketiga.Penemuan ini memperlihatkan adanya hubungan antara massa atomdengan sifat-sifat unsur. Triade 1Triade 2Triade 3Triade 4Triade 5LiCaSClMnNaSrSeBrCrKBaTeIFe
Kelebihan:
1. Merupakan upaya pertama penggolongan unsure.2. Dapat memperlihatkan adanya hubungan antara massa arom dengan sifat-sifat unsur.
Kelemahan:
1. Kelemahan pengelompokan ini terletak pada kenyataan bahwa jumlahunsur yang memiliki kemiripan sifat tidak hanya 3 buah.
3.John Alexander Reina Newlands
 
Hukum Oktaf Newlands
 Tahun 1864,
 A.R. Newlands
mengumumkan penemuannya yang disebuthukum Oktaf. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan kenaikan massaatom relatifnya. Ternyata unsur-unsur yang berselisih 1 oktaf (unsur nomor 1dengan 8, unsur nomor 2 dengan 9, dst.) menunjukkan kemiripan sifat ataubisa dikatakan terjadi perubahan sifat unsur yang teratur.Kecenderungan tersebut dinyatakan sebagai hukum Oktaf Newland, yaitu: Jika unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom maka sifat unsurtersebut akan berulang setelah unsur kedelapan.Do1Re2Mi3Fa4Sol5La6Si7HLiBeBCNOFNaMgAlSiPSClKCaCrTiMnFeCo, NiCuZnYInAsSeBrRbSrCe, LaZrDi, MoRo, RuPdAgCdUSnSbI TeCsBa, VTaWNbAuPt, IrOsHgTlPbBiThPada saat daftar Oktaf Newlands disusun, unsur-unsur gas mulia belumditemukan. Ternyata pengelompokan ini hanya sesuai untuk unsur-unsurringan (Ar rendah).
Kelebihan:
1. Dapat menyusun berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya.
Kelemahan:
1. Pengelompokan ini hanya sesuai untuk unsur-unsur ringan.
4.Dmitri Ivanovich MendeleyevHukum Mendeleyev

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->