Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tentang Gontor Putri

Tentang Gontor Putri

Ratings: (0)|Views: 7,838|Likes:
Published by Setan Bedul
Sekilas tentang Gontor Putri. Dibaca untuk di pelajari bila putrinya berniat masuk Gontor
Sekilas tentang Gontor Putri. Dibaca untuk di pelajari bila putrinya berniat masuk Gontor

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Setan Bedul on Sep 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2
Sejak tahun 1997 telah dibuka Pondok Modern Darussalam Gontor Putri IIuntuk menerima pendaftaran calon-calon santriwati pada bulan Juni/Juli (awal tahunajaran nasional), namun saat itu tempatnya masih menjadi satu dengan kampusGontor Putri I. Baru pada tahun 2001 telah dibangun kampus Gontor Putri II, sebelahbarat kampus Gontor Putri I, menempati areal tanah seluas 6 ha. Adanya pondok ini,bertujuan untuk mempersiapkan santriwati yang akan menimba ilmu di KMI PondokModern Darussalam Gontor Putri I. Saat ini, seluruh kegiatan di Pondok ModernDarussalam Gontor Putri II berada di bawah tanggung jawab Drs. Hamim Syuhadadengan dibantu beberapa guru.
Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan di Pondok Modern Gontor Putri II lebih ditekankan padaupaya pembekalan calon siswi dengan berbagai kemampuan akademis agar berhasildan lulus mengikuti ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri. Sejakawal, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri II dibuka untuk menerima pendaftarancalon siswi baru setiap saat, selama kapasitas dan fasilitas yang tersedia masihmemungkinkan. Meskipun demikian setiap calon siswi baru harus mengikuti ujianpenempatan (
 placement test 
) guna menentukan kelas yang sesuai dengankemampuannya. Adapun kelas-kelas yang ada di KMI Pondok Modern DarussalamGontor Putri II adalah sebagai berikut: 
1.
Kelas Khusus Pondok Alumni (KPA)
Kelas ini diperuntukkan para calon siswi yang pernah belajar di PondokPesantren alumni dan menguasai materi-materi ujian masuk KMI Pondok ModernDarussalam Gontor Putri I dengan baik. Untuk anggota kelas KPA, selain pendalamanmateri ujian masuk juga diajarkan materi-materi pelajaran kelas I KMI Gontor Putri I.
1.
Kelas untuk Capel Tamatan MTs/SMP atau MA/SMU:
2.
Kelas A
Untuk calon pelajar yang sudah mampu membaca Al-Qur’an danmenulis Arab/Imla’ dengan baik.
1.
Kelas C
Dikhususkan bagi calon siswi yang sudah lumayan mampu membacaAl-Qur’an dan menulis Arab/imla’.
 
1.
Kelas G
Terdiri dari para calon pelajar yang belum mampu membaca Al-Qur’andan menulis Arab/imla’.
1.
Kelas untuk Capel Tamatan MI/SD:
2.
Kelas B
Diperuntukkan calon siswi yang sudah mampu membaca Al-Qur’andan menulis Arab/imla’ dengan baik.
1.
Kelas D
Untuk para calon pelajar yang sudah lumayan mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’.
1.
Kelas F
Dikhususkan bagi calon pelajar yang belum mampu membaca Al-Qur’an dan menulis Arab/imla’.
1.
Kelas H
Untuk para calon pelajar yang sangat lemah penguasaannya terhadap bacaanAl- Qur’an dan tulis Arab/ imla’. Di tengah proses pembelajaran, diadakan Ujian Perpindahan Kelas (
Replacement Test 
) untuk memacu semangat belajar para calon siswi dan mengenalkan ujianmasuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I kepada para calon siswi.Ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I dilaksanakan pada bulanSya’ban dengan klasifikasi kelulusan beragam yakni lulus di KMI Gontor Putri I, II,atau III. Bagi mereka yang lulus, pada bulan Syawwal dapat mengikuti ujian lanjutanke kelas yang lebih tinggi di pondok masing-masing sesuai kemampuan. Adapun bagicalon pelajar yang belum lulus dalam ujian masuk tersebut, diberi kesempatan untukmengikuti ujian masuk pada bulan Syawwal. Bagi mereka yang belum lulus atauingin mengikuti ujian lanjutan diharuskan mengikuti bimbingan tes sampaipertengahan bulan Ramadan. 
Kurikulum
Mengacu pada maksud didirikannya Pondok Modern Darussalam Gontor PutriII, kurikulum didalamnya lebih ditekankan pada materi-materi ujian masuk KMIPondok Modern Darussalam Gontor Putri I, antara lain: Al-Qur’an, imla’ (dikte menulisArab), berhitung, bahasa Indonesia, dan fikih. Untuk para santri yang telahmenguasai materi-materi tersebut diberikan materi pelajaran kelas I KMI PondokModern Darussalam Gontor Putri.Di samping kurikulum tersebut, juga diterapkan kurikulum KMI bagi santriwati yangtelah lulus ujian masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I danditempatkan di Gontor Putri II untuk jangka waktu 1 semester. Pada semesterberikutnya, mereka akan dipindahkan ke Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Idan III sesuai nilai masing-masing pada ujian pertengahan tahun. 
 
Tenaga Pengajar
Para guru di KMI Pondok Darussalam Gontor Putri II adalah tamatan KMIPondok Modern Gontor Putri I dan tamatan ISID. Selain sebagai guru pengajar dikelas, mereka juga aktif membimbing calon santriwati dalam kegiatan-kegiatanekstra kurikuler. 
Kegiatan Ekstra kurikuler
Untuk mengenalkan calon santriwati dengan dinamika kehidupan di PondokModern Darussalam Gontor Putri I dan untuk menyempurnakan proses pendidikan,sejak awal masuk ke pondok calon santriwati sudah dikenalkan dengan berbagaikegiatan ekstra kurikuler yang meliputi kepramukaan, olahraga, latihan pidato,pembinaan bahasa, dll
PendaftaranKULLIYATU-L-MU'ALLIMIN/MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH (KMI)A. Syarat-syarat pendaftaran.
1.Menyerahkan 3 lembar fotocopy STTB terakhir atau Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.2.Berbadan sehat dengan surat keterangan dokter dari Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat(BKSM) Pondok Modern Darussalam Gontor.3.Menyerahkan pasfoto 4 x 6 dan 3 x 4 sebanyak masing-masing 6 lembar (putra), pasfoto berjilbab4 x 6 @ 2 lembar dan 3 x 4 @ 8 lembar (putri).4.Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan pada waktu pendaftaran.5.Menyerahkan 3 lembar fotocopy akta kelahiran.6.Menyerahkan 2 lembar fotocopy kartu keluarga (khusus putri).7.Mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditentukan.
NB: Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan di Kantor KMI atauPanitia Ujian Masuk KMI.B. Syarat-syarat penerimaan
1.Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau yang sederajat, untuk masukkelas biasa dengan masa belajar 6 tahun, dan berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP)atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang sederajat untuk masuk kelas Intensif dengan masabelajar 4 tahun.2.Mempunyai dasar agama, yakni:3.Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik.4.Dapat membaca al-Qur'an dengan baik.5.Dapat membaca dan menulis Arab dengan lancar.6.Lulus dalam testing/ujian masuk dan Psyco-test.7.Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakan.
C. Waktu dan cara pendaftaran
Pendaftaran masuk KMI ada dua gelombang:

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ujang Yufrianto liked this
Yanyan Junot liked this
thsutikno liked this
Alif Mauliddina added this note|
saya mw daftar masuk di gontor putri........ ada brapa golongan pesantren gontor putri ea ?
Adi Isworo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->