Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
103Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam Antibiotik

Macam Antibiotik

Ratings: (0)|Views: 13,272|Likes:
Published by Agus Saeful

More info:

Published by: Agus Saeful on Sep 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

 
AMINOGLIKOSID 
Aminoglikosid merupakan senyawa yang terdiri dari 2 atau lebih gugus gula amino yang terikat lewatikatan glikosidik pada inti heksosa.Aminoglikosid merupakan produk streptomises atau fungus lainnya. Seperti
Streptomyces griseus
 untuk Streptomisin,
Streptomyses fradiae
untuk Neomisin,
Streptomyces kanamyceticus
untuk Kanamisin,
Streptomyces tenebrarius
untuk Tobramisin,
 Micromomospora purpures
untuk Gentamisindan
 Asilasi kanamisin A
untuk Amikasin.Aminoglikosid dari sejarahnya digunakan untuk bakteri gram negatif.Aminoglikosid pertama yangditemukan adalah Streptomisin.Antibiotika lain untuk bakteri gram negatif adalah golongan Sefalosporin generasi 3 yang lebih aman,akan tetapi karena harganya masih mahal banyak dipakai golongan Aminoglikosid.Aktivitas bakteri Aminoglikosid dari Gentamisin, Tobramisin, Kanamisin, Netilmisin dan Amikasinterutama tertuju pada basil gram negatif yang
aerobik 
(yang hidup dengan oksigen).Masalah resistensi merupakan kesulitan utama dalam penggunaan Streptomisin secara kronik; misalnya pada terapi Tuberkulosis atau endokarditis bakterial subakut.Resistensi terhadap Streptomisin dapatcepat terjadi, sedangkan resistensi terhadap Aminoglikosid lainnya terjadi lebih berangsur-angsur.
Sediaan dari Aminoglikosid
Sediaan dari Aminoglikosid dapat dibagi dalam dua kelompok :a.
 
Sediaan Aminoglikosid sistemik untuk pemberian IM atau IV yaitu Amikasin, Gentamisin,Kanamisin dan Streptomisin b.
 
Sediaan Aminoglikosid topikal terdiri dari Aminosidin, Kanamisin, Neomisin, Gentamisindan Streptomisin. Dalam kelompok topikal termasuk juga semua Aminoglikosid yangdiberikan per oral untuk mendapatkan efek lokal dalam lumen saluran cerna.Sediaan Aminoglikosid pada umumnya tersedia sebagai garam sulfat.1.
 
Streptomisin
 Untuk suntikan tersedia bentuk bubuk kering dalam vial yang mengandung 1 atau 5 gzat.Kadar larutan tergantung dari cara pemberian yang direncanakan; dan cara penyuntikantergantung dari jenis dan lokasi infeksi.Suntikan IiM merupakan cara yang paling sering diberikan. Dosis total sehari berkisar 1-2 g(15-25 mg/kg BB); 500 mg - 1 g disuntikkan setiap 12 jam. Untuk infeksi berat dosis hariandapat mencapai 2-4 g dibagi dalam 2-4 kali pemberian.Dosis untuk anak ialah 20-30mg/kgBB sehari, dibagi untuk dua kali penyuntikkan.
 
2.
 
Gentamisin
 Tersedia sebagai larutan steril dalam vial atau ampul 60mg/1,5 ml; 80 mg/2 ml; 120 mg/3 mldan 280 mg/2 ml. Salep atau krim dalam kadar 0,1 and 0,3 % salep mata 0,3 %.Sediaan
 parenteral 
ada di pasar tidak boleh digunakan untuk suntikan
intratekal 
atau
intraventrikular 
(otak) karena mengandung zat pengawet.3.
 
Kanamisin
 Untuk sediaan tersedia larutan dan bubuk kering. Larutan dalam vial ekuivalen dengan basaKanamisin 500 mg/2 ml dan 1 g/3 ml untuk orang dewasa; serta 75 mg/2 ml untuk anak. Vial bubuk kering berisi 1 g dan 0,5 g. Untuk pemberian oral tersedia bentuk kapsul/tablet 250 mgdan sirup 50 mg/ml.4.
 
Amikasin
 Obat ini tersedia untuk suntikan IM dan IV dalam vial berisi 100; 250; 500; 1.000; da 2.000mg. Dosis total sehari umumnya tidak lebih dari 1,5 gram sehari. Penyesuaian dosis perludipertimbangkan pada berbagai keadaan. Adanya gangguan faal ginjal memerlukan pengurangan dosis dan perpanjangan interval waktu antara dosis, dengan berpedoman padakadar efektif dalam darah yang berkisar antar 5-10 ug/ml sampai 20-25 ug/ml.5.
 
T
obramisin
 Obat ini tersedia sebagai larutan 80 mg/2 ml untu suntikan IM.Untuk infus Tobramisindilarutkan dalam Dekstrose 5% atau larutan NaCl isotonis dan diberikan dalam 30-60menit.Jangan diberikan lebih dari 10 hari.6.
 
Netilmisin
 Obat ini boleh diberikan IM atau IV, dan tersedia sebagai larutan 50 dan 100, 150 mg/2 ml.Dosisnya ialah 4-6,5 mg/kg BB sehari yang dibagi dalam 2-3 dosis.Untuk penggunaan intravena dosis tunggal diencerkan dalam 50 sampai 200 ml pelbagailarutan.7.
 
Neomisin
  Neomisin tersedia untuk penggunan topikal dan oral, penggunaan parenteral tidak lagidibenarkan karena toksisitasnya.Salep mata dan kulit mengandung 5 mg/g untuk digunakan 2-3 kali sehari. Untuk oral tersediatablet 250 mg. Dosis oral neomisin dapat mencapai 4-8 g sehari, dalam dosis terbagi; misalnyayang digunakan pada pengendalian koma hepatik atau pembersihan lumen usus.Untuk pemilihan obat Aminoglikosid yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasike dokter.Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat Aminoglikosid dengan merk yang berbedasecara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore.Sehingga anda dapat memilih dan beliobat Aminoglikosid sesuai dengan kebutuhan anda.
SEFALOSFORIN 
Sefalosporin termasuk golongan antibiotika Betalaktam. Seperti antibiotik Betalaktam lain, mekanismekerja antimikroba Sefalosporin ialah dengan menghambat sintesis dinding sel mikroba. Yang dihambatadalah reaksi transpeptidase tahap ketiga dalam rangkaian reaksi pembentukan dinding sel.Sefalosporin aktif terhadap kuman gram positif maupun garam negatif, tetapi spektrum masing-masingderivat bervariasi.
Penggolongan Sefalosporin
Hingga tahun 2006 golongan Sefalosporin sudah menjadi 4 generasi, pembedaan generasi dariSefalosporin berdasarkan aktivitas mikrobanya dan yang secara tidak langsung sesuai dengan urutanmasa pembuatannya.
Berikut pembagian generasi Sefalosporin :
No.
 
Nama
 
Generasi
 
Cara Pemberian
 
AktivitasAntimikroba
 1. Cefadroxil 1 Oral
Aktif terhadap kuman gram positif dengan keunggulandari Penisilin aktivitas nyaterhadap bakteri penghasilPenisilinase
 2. Cefalexin 1 Oral3. Cefazolin 1 IV dan IM
 
4. Cephalotin 1 IV dan IM5. Cephradin 1 Oral IV dan IM6. Cefaclor 2 Oral
Kurang aktif terhadap bakteri gram postif dibandingkan dengangenerasi pertama, tetapilebih aktif terhadap kumangram negatif; misalnya
 H.
influenza, Pr 
.
Mirabilis, E 
.
coli
, dan Klebsiella
 7. Cefamandol 2 IV dan IM8. Cefmetazol 2 IV dan IM9. Cefoperazon 2 IV dan IM10. Cefprozil 2 Oral11. Cefuroxim 2 IV dan IM12. Cefditoren 3 Oral
Golongan ini umumnyakurang efektif dibandingkan dengangenerasi pertama terhadapkuman gram positif, tetapi jauh lebih efektif terhadapEnterobacteriaceae,termasuk strain penghasilPenisilinase.
 13. Cefixim 3 Oral14. Cefotaxim 3 IV dan IM15. Cefotiam 2 IV dan IM16. Cefpodoxim 3 Oral17. Ceftazidim 3 IV dan IM18. Ceftizoxim 3 IV dan IM19. Ceftriaxon 3 IV dan IM20. Cefepim 4 Oral IV dan IM
Hampir sama dengangenerasi ketiga
 21. Cefpirom 4 Oral IV dan IM
Indikasi Klinik 
Sediaan Sefalosporin seyogyanya hanya digunakan untuk pengobatan infeksi berat atau yang tidak dapat diobati dengan antimikroba lain, sesuai dengan spektrum antibakterinya. Anjuran ini diberikankarena selain harganya mahal, potensi antibakterinya yang tinggi sebaiknya dicadangkan hanya untuk hal tersebut diatas.
Adapun indikasi dari masing Sefalosporin sebagai berikut :
1.
 
Cefadroxil dan Cefalexin
 Obat golongan Cefalosporin ini yang digunakan untuk mengobati infeksi tertentu yangdisebabkan oleh bakteri pada kulit, tenggorokan, dan infeksi kandung kemih. Antibiotik initidak efektif untuk pilek, flu atau infeksi lain yang disebabkan virus.2.
 
Cefazolin
 Cefazolin digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan penyakit pada infeksi pada kandungempedu dan kandung kemih, organ pernafasan,
 genito urinaria
(infeksi pada organ seksualdan saluran kencing), pencegahan infeksi pada proses operasi dan infeksi kulit atau luka.3.
 
Cephalotin
 

Activity (103)

You've already reviewed this. Edit your review.
Wirdatul Ahya liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Don Morrison liked this
Arian Surya liked this
Rinaldy Manurung liked this
vinorry_vheeta liked this
Galih Nugraha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->