Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
51Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hubungan masyarakat dan individu dalam kehidupan sosial antar manusia

Hubungan masyarakat dan individu dalam kehidupan sosial antar manusia

Ratings: (0)|Views: 14,893|Likes:
Published by Hendry C R Ulaen

More info:

Published by: Hendry C R Ulaen on Sep 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/14/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH SOSIAL DASAR 
DISUSUN OLEH :Hendry Ulaen080113086FAKULTAS KEDOKTERANPROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGIUNIVERSITAS SAM RATULANGIMANADO2009
 
BAB IIISI
1. Pengertian Masyarakat
Masyarakat merupakan salah satu satuan sosial sistem sosial, atau kesatuanhidup manusia. Istilah inggrisnya adalah
 society
, sedangkan masyarakat itu sendiri berasal dari bahasa Arab
Syakara
yang berarti ikut serta atau partisipasi, kata Arabmasyarakat berarti saling bergaul yang istilah ilmiahnya berinteraksi. Masyarakatdapat diartikan bermacam-macam menurut pendapat tiap orang. Berikut ini akandijelaskan beberapa pengertian masyarakat menurut para ahli :
Menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat masyarakat adalah manusia yang saling berinteraksi yang memiliki perasaan untuk kegiatan tersebut dan adanya suatuketerikatan untuk mencapai tujuan bersama.
Mac Iver dan Page mengatakan bahwa : “Masyarakat ialah suatu sistem darikebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerjasama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan manusia.Keseluruhan yang selalu berubah ini kita namakan masyarakat.”
Menurut Ralph Linton masyarakat merupakan setiap kelompok manusia yangtelah hidup dan bekerja bersama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur dirimereka dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas- batas yang dirumuskan dengan jelas.
Selo Soemardjan menyatakan bahwa masyarakat adalah orang-orang yanghidup bersama, yang menghasilkan kebudayaan.
Menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatuketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antarakelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suau kenyataan objektif  pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulanmanusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama,2
 
tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukansebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.
F. Znaniecki menyatakan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem yangmeliputi unit biofisik para individu yang bertempat tinggal pada suatu daerahgeografis tertentu selama periode waktu tertentu dari suatu generasi.
Smith, Stanley dan Shores mendefinisikan masyarakat sebagai suatukelompok individu-individu yang terorganisasi serta berpikir tentatang diri merekasendiri sebagai suatu kelompok yang berbeda.
Dari berbagai pendapat tersebut di atas maka W F Connell (1972, p. 68-69)menyimpulkan bahwa masyarakat adalah (1) suatu kelompok orang yang berpikir tentang diri mereka sendiri sebagai kelompok yang berbeda, diorganisasi, sebagaikelompok yang diorganisasi secara tetap untuk waktu yang lama dalam rintangkehidupan seseorang secara terbuka dan bekerja pada daerah geografls tertentu,(2) kelompok orang yang mencari penghidupan secara berkelompok, sampai turuntemurun dan mensosialkan anggota anggotanya melalui pendidikan, (3) suatu keorang yang mempunyai sistem kekerabatan yang terorganisasi yang mengikatanggota-anggotanya secara bersama dalam keselurühan yang terorganisasi.
2. Unsur-Unsur Masyarakat
Menurut Soerjono Soekanto dalam masyarakat setidaknya memuat unsur sebagai berikut ini :1.Beranggotakan minimal dua orang.2. Anggotanya sadar sebagai satu kesatuan.3. Berhubungan dalam waktu yang cukup lama yang menghasilkan manusia baruyang saling berkomunikasi dan membuat aturan-aturan hubungan antar anggotamasyarakat.4. Menjadi sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan serta keterkaitansatu sama lain sebagai anggota masyarakat.
3. Kriteria masyarakat yang baik 
Menurut Marion Levy diperlukan empat kriteria yang harus dipenuhi agasekumpulan manusia bisa dikatakan / disebut sebagai masyarakat.3

Activity (51)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dody Setiawan liked this
Estrella Vd liked this
Minati Jay liked this
Bella R Ayunda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->