Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Mekanisme Fibrinolisis

Makalah Mekanisme Fibrinolisis

Ratings: (0)|Views: 2,390 |Likes:
Published by Hendry C R Ulaen

More info:

Published by: Hendry C R Ulaen on Sep 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANI.1 Latar Belakang
Hemostatis adalah proses dimana darah dalam sistem sirkulasitergantung dari kontribusi dan interaksi dari 5 faktor, yaitu dindingpembuluh darah, trombosit, faktor koagulasi, sistem fibrinolisis, daninhibitor. Hemostasis bertujuan untuk menjaga agar darah tetap cair didalam arteri dan vena, mencegah kehilangan darah karena luka,memperbaiki aliran darah selama proses penyembuhan luka. Koagulasi(pembekuan)yang merupakan salah satu proses hemostasis terpentingterapi untuk tetap mengalir darah harus cair. Oleh karena itu dalamkeadaan fisiologis, disamping mekanisme koagulasi juga juga ada suatumekamisme lain dengan efek antagonis yang bertujuan untukmengimbangi mekanisme koagulasi dan memelihara agar darah tetapcair; salah satu diantaranya adalah proses fibrinolisis.Dengan adanya mekanisme fibrinoloisis bekuan yang terjadi dapatdi batasi dan pembuluh darah yang tersumbat dapat dialirakan darahkembali. Koagulasi dan fibrinolisis merupakan mekanisme yang salingberkaitan erat sehingga seorang tidak dapat membicarakan masalahkoagulasi tanpa di sertai dengan fibrinolisis demikian juga sebaliknya.Dalam sistem koagulasis dan fibrinolisis terdapat sistem lain yangmengatur agar kedua proses tidak langsung berlebihan. Sistem tersebutterdiri dari faktor-faktor penghambat (inhibitor). Seluruh prosesmerupakan mekanisme terpadu antara aktifitas pembuluh darah, fungsitrombosit, interaksi antara prokoagulan dalam sirkulasi dengan trombosit,aktifasi fibrinolisis, dan aktifitas inhibitor.Setelah dipulihkan dan hemostasis adalah jaringan diperbaiki,bekuan darah atau trombus harus disingkirkan dari jaringan yang cedera.Hal ini dicapai dengan jalur fibrinolisis. Produk akhir jalur ini adalah enzim
 
2
 
 plasmin,
enzim proteolitik yang kuat dengan spektrum yang luaskegiatan
.
Bila ada kerusakan dinding pembuluh darah, misalnya tusukan jarum pada saat pengambilan sampel darah, maka pada tempat luka didinding pembuluh darah akan terjadi proses sebagai berikut :1.
 
espon pembuluh darah adalah mengkerut untuk memperkecilkebocoran.2.
 
Adanya bahan kolagen, vWF, dll dari dinding pembuluh darah(terpapar karena dinding pembuluh darah terluka) yang menariktrombosit untuk datang ke tempat itu dan trombosit akan teraktifasi,menggerombol, yang berfungsi sebagai sumbatan (gumpalan)hemostasis yang menutupi luka tadi.3.
 
Setelah terbentuk sumbatan hemostasis, maka terjadilah prosesselanjutnya yaitu kerja dari beberapa factor pembekuan (prosesnyakompleks) yang berguna untuk memperkuat sumbatan hemostasisdalam menutup kebocoran tadi. Perdarahan terhenti. Bila kita lihatmaka di tempat tusukan jarum, sudah tidak keluar darah lagi.4.
 
Proses penyembuhan dinding pembuluh darah berjalan beriringan,sehingga luka menutup dan dinding pembuluh darah tidak ada lukalagi.5.
 
Tubuh melakukan mekanisme fibrinolisis yaitu proses selanjutnyayang berfungsi menghancurkan sumbatan hemostasis tadi yang sudahselesai tugasnya.6.
 
Hasil akhir, pembuluh darah mulus kembali sumbatan hilang.Pembekuan darah & fibrinolisis adalah wasit sepenuhnya jurnalinternasional bahwa fitur meninjau dan artikel penelitian asli pada semuaklinis, laboratorium dan aspek eksperimental hemostasis dan trombosis.
 
3
 
I.2 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhitugas yang diberikan oleh Dosen Patologi Klinik sebagai bahan diskusikelas dengan materi
 
³Mek 
anism
e
ibrinolisis´,
 
dan bertujuan agarmemahami tentang definisi fibrinolisis dan mekanisme fibrinolisis.

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
elangfajar liked this
pulauburu liked this
Tirzah Finoza R liked this
Ema Ervan liked this
Rista Lewiyonah liked this
Edlyn Dwi Putri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->