Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
26Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAHAN AJAR (makalah 1)

BAHAN AJAR (makalah 1)

Ratings: (0)|Views: 5,893|Likes:
Published by Khoiru Roziqin

More info:

Published by: Khoiru Roziqin on Sep 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/13/2013

pdf

text

original

 
BAHAN AJAR, BUKU AJAR, BUKU TEKS, BUKU PENUNJANG, MEDIADAN BUKU REFERENSIPENDAHULUAN
Pada proses pembelajaran, guru tidak dapat menyampaikan seluruh bahan pelajaran secara jelas kepada siswa karena keterbatasan waktu dan banyaknyamateri yang harus disampaikan. Pada proses pembelajaran juga, guru terkadangharus mengatasi perbedaan isi/bahan ajar yang terdapat didalam buku-buku yangdigunakan. Oleh sebab itu seorang guru harus mengetahui bahan pelajaran apayang diperlukan dalam setiap jenjang pendidikan yang ada, baik dari SD sampaiSMP bahkan SMA. Sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memberikankompisisi materi yang baik didalam setiap jenjangnya. Jadi ada berbagai pengertian awal yang harus diketahui oleh guru sebelum memberikan suatu materidi dalam kelas, seperti bahan ajar, buku ajar, buku teks, buku penunjang, media,dan buku referensi. Dalam makalah ini pemakalah akan menjelaskan pengertiandari masing-masing istilah.Makalah ini dibuat sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Telaah BukuTeks yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa tentang bagaimana persiapan yang harus dilakukan guru sebelum memulai suatu proses belajar dan bagaimana seharusnya suatu buku dirancang dan diaplikasikan agar  potensi mahasiswa berkembang secara maksimal. Dalam makalah ini jugadijelaskan tentang bahan ajar, buku ajar, buku teks, buku penunjang, media, dan buku referensi, sehingga diharapkan setelah mempelajari makalah ini kita sebagaicalon guru diharapkan mampu :1)Menjelaskan masing-masing istilah tersebut2)Mengurutkan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memberikan suatumateri kepada siswa.
Bahan Ajar
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantuguru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yangdimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
 
Bahan ajar atau
teaching-material 
, terdiri atas dua kata yaitu
teaching 
ataumengajar dan
material 
atau bahan. Bahan ajar merupakan informasi, alat danteks yang diperlukan guru/instruktor untuk perencanaan dan penelaahanimplementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yangdigunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
(National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
Pengelompokan bahan ajar menurut
 Faculde Psychologie et desSciences de l’Education Universide Genève
dalam website adalah sebagai berikut :Media tulis, audio visual, elektronik, dan interaktif terintegrasi yangkemudian disebut sebagai
medienverbund 
(bahasa jerman yang berarti mediaterintegrasi) atau mediamix.Sedangkan Bernd Weidenmann, 1994 dalam buku
 Lernen mit Bildmedien
mengelompokkan menjadi tiga besar, pertama
auditiv
yang menyangkut radio(
 Rundfunk 
), kaset (
Tonkassette
), piringan hitam (
Schallplatte
). Kedua yaitu visual(
visuell 
) yang menyangkut
 Flipchart 
, gambar (
Wandbild 
), film bisu (
Stummfilm
),video bisu (
Stummvideo
), program komputer (
Computer-Lernprogramm
), bahantertulis dengan dan tanpa gambar (
 Lerntext 
,
mit und ohne Abbildung 
). Ketigayaitu audio visual (audiovisuell) yang menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan gambar (Tonbildschau),dan film/video.Dari berbagai pendapat di atas dapat disarikan bahwa bahan ajar adalahmerupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga terciptalingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain :a.Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru) b.Kompetensi yang akan dicapaic.Content atau isi materi pembelajarand.Informasi pendukunge.Latihan-latihan
 
f.Petunjuk kerja, dapat berupa Lembar Kerja (LK)g.Evaluasih.Respon atau balikan terhadap hasil evaluasiBahan ajar 
 
terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yangdikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), StandaKompetensi (SK), dan Kompetensi Dasar (KD) pada standar isi yang harusdipelajari oleh siswa dalam rangka mencapai kompetensi yang telah ditentukan.Contoh sederhana bahan ajar adalah sebagai berikut. Untuk KompetensiDasar (KD) 6.1:
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Bahan ajar yang berkaitan dengan KD ini meliputi ciri-ciri makhluk hidup, yakni bergerak, tumbuhdan berkembang, bernafas, membutuhkan makan, peka terhadap rangsangan,mengeluarkan zat sisa dan berkembang biak. Namun, seberapa dalam danseberapa luas bahan ajar ini untuk siswa kita, dari mana saja sumber bahan ajar inidapat kita peroleh, dan bagaimana mengemas bahan ajar ini, tentu sajamemerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang pengembangan bahan ajar.
Buku Ajar
Setelah menentukan bahan ajar yang digunakan, guru harus menentukan buku ajar yang digunakan. Buku ajar adalah buku wajib yang harus ada didalammata pelajaran tatap muka ditambah dengan buku yang lain sesuia dengan mata pelajarannya. Buku ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentuseperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku saat ini,kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, isi buku atau sudutkeilmuannya yaitu apakah teori-teori yang digunakan di dalam penulisan bukuajar ini sudah sesuai atau belum, dsb.
Buku Teks
Ada beberapa pengertian buku teks yang diungkapkan para ahli. Berikutini beberapa pengertian yang terdapat dalam buku Telaah Buku Teks BahasaIndonesia.

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adhie Orange liked this
Nur Aini Dewi liked this
Riza Rea liked this
Arnia Putri liked this
Phytik ItyQz liked this
Amma Zonndutt liked this
Fitry Safitry liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->