Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
terjemahanOHSAS-18001-2007

terjemahanOHSAS-18001-2007

Ratings: (0)|Views: 1,016|Likes:
Published by Rancika
Terjemahan standar sistem manajemen K3 OHSAS 18001 2007
Terjemahan standar sistem manajemen K3 OHSAS 18001 2007

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: Rancika on Sep 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/02/2014

pdf

text

original

 
 Diterjemahkan oleh Iim Ibrohim – Konsultan ISO dan Manajemen Operasional www.ibrosys.com
    H   a    l   a   m   a   n
    1
Terjemahan
OHSAS 18001:2007
Standar Sistem Manajemen K3
Untuk tujuan memudahkan pemahaman, penterjemahan dilakukan tidak secara ketat mengikutisusunan kata, frase ataupun istilah dari dokumen asli OHSAS:18001:2007 versi bahasa Inggris.Diterjemahkan oleh Ir. Iim Ibrohim – konsultan ISO dan manajemen operasional
Dapatkan artikel dan dokumen-dokumen yang berguna bagi pengembangansistem manajemen mutu, lingkungan dan keselamatan kerja. Kunjungi:Ibrosys.com - Situs informasi tentang sistem manajemen mutu, lingkungan dan K3 
 
 Diterjemahkan oleh Iim Ibrohim – Konsultan ISO dan Manajemen Operasional www.ibrosys.com
    H   a    l   a   m   a   n
    2
1. Ruang LingkupSeri persyaratan penilaian keselatan dan keselamatan kerja ini memuat persyaratan sistem manajemenkeselamatan dan kesehatan kerja (K3) agar organisasi mampu mengendalikan resiko-resiko K3 dandapat meningkatkan kinerja K3 nyq. Persyaratan ini tidak secara khusus menyatakan kriterira kinerja K3(yang harus dipenuhi), juga tidak memberikan spesifikasi detil tentang sistem manajemen.Standar OHSAS ini dapat diterapkan oleh organisasi yang inging:1.
 
Menerapkan sistem manajemen K3 untuk mengurangi atau menghilangkan resiko kecelakaandan keselamatan terkait aktifitas organisasi pada personil dan pihak lain yang berkepentingan.2.
 
Menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen K33.
 
Menjamin bahwa organisasi sesuai dengan kebijakan K3 yang dibuat sendiri oleh organisasi4.
 
Menunjukkan kesesuai dengan standar OHSAS ini dengan cara:a.
 
Melakukan penilaian diri sendiri dan mendeklarasikan diri sendiri (sesuai denganstandar OHSAS ini)b.
 
Mendapat pengakuran kesesuaian (dengan standar OHSAS ini) dari pihak-pihak yangberkepentingan seperti pelanggan.c.
 
Mendapat pengakuan untuk menguatkan deklarasi (point a) dari pihak ketiga.d.
 
Mendapatkan sertifikat sistem manajemen K3Standar OHSAS ini dimaksudkan untuk hanya mencakup kesehatan dan keselamatan kerja, dan tidakdimaksudkan untuk mencakup area lain seperti program kesehatan karyawan (asuransi dan sebagainya),keamanan produk, kerusakan properti dan dampak lingkungan.2. Publikasi yang menjadi acuanBeberapa standar yang memberikan informasi atau panduan yang berkaitan dengan stndar OHSAS18001 ini:
 
OHSAS 18002, sistem manajemen K3 – pandukan untuk penerapan OHSAS 18001
 
International Labour Organization:2001, Panduan sistem manajemen kesehatan dankeselamatan kerja.3. Istilah dan DefinisiBerikut ini adalah Istilah yang definisi yang berlaku yang digukan dalam dokumen OHSAS 18001 ini:3.1 Resiko yang dapat diterimaResiko yang telah diturunkan hingga menjpai tingkat yang dapat ditoleransi dengan mempertimbangkanperaturan legal dan kebijakan K3 organisasi.
 
 Diterjemahkan oleh Iim Ibrohim – Konsultan ISO dan Manajemen Operasional www.ibrosys.com
    H   a    l   a   m   a   n
    3
3.2 AuditProses sistematic, independen dan terdokumentasi unutk memperleh bukti audit dan mengevaluasinyasecara objective untuk menentukan sejauh mana kriteria audit terpenuhi.Catatan 1: Independen tidak berarti harus pihak dari luar organisasi. Dalam banyak kasus, khususnya diorganisasi kecil, independensi dapat berarti bebas dari tanggung jawab terhadap aktifitas yang diaudit.Catatan 2: Untuk panduan lebih lanjut tentang bukti audit dan kriteria audit, lihat ISO 19011.3.3 Peningkatan berkelanjutanProses berulang untuk meningkatkan sistem manajemen K3 untuk mencapai peningkatan dalam kinerjaK3 secara keseluruhan yang selaras dengan kebijakan K3 organisasi.Catatan 1 Proses Peningkatan tidak perlu dilakukan di semua area secara bersamaan.Catatan 2 Definisi diatas disadur dari ISO 14001:20043.4 Tindakan koreksiTindakan untuk menghilangkan penyebab ketidaksesuaian atau situasi yang tidak diinginkan yangterdeteksi.Catatan 1 Bisa saja ada lebih dari satu penyebab ketidaksesuaian.Catatan 2: Tindakankoreksi adalah tindakan yang diambil untuk mencegah terulangnya kejadiansedangkan tindakan pencegahan diambil untuk mencegah terjadinya kejadian (yang belum terjadi).3.5 DokumenInformasi dan media pendukungnya.Catatan: Media dapat berupa kerjtas, magnetik, CD, foto atau sample master atau kombiasi dari hal haltersebut.3.6 Bahaya (hazard)Sumber, situasi, tindakan yang potensial menimbulkan cedera atau penyakit atau kombinasi keduanyaterhadap manusia.3.7 Identifikasi bahawaProses untuk mengetahui adanya bahaya dan menentukan sifat-safatnya.3.8 PenyakitKondisi fisik atau mental yang meburuk yang dapat diketahui yang mucul dari dan/atau diperburuk olehaktifitas dalam pekerjaan dan/atau situasi yang berhubungan dengan pekerjaan.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Budi Handoyo liked this
edwin ramli2 liked this
Yonatan Selan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->