Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sisik Melik Tentang Perkutut

Sisik Melik Tentang Perkutut

Ratings: (0)|Views: 1,417 |Likes:
Berbicara mengenai Perkutut Katuranggan biasanya dikaitkan dengan Perkutut Lokal yang diyakini mempunyai kekuatan gaib atau supranatural/yoni menurut kepercayaan orang-orang tua kita sejak beratus-ratus tahun terutama pada masyarakat tradisi Jawa dan bukan Perkutut Silang atau sering dikenal Perkutut Bangkok yang banyak kita lihat dan pelihara saat ini yang diyakini sudah tidak lagi memiliki kekuatan gaib sesuai dengan alam pikiran masyarakat modern. Sehingga Perkutut Katuranggan sering disebut burung alam gaib yang bisa memberikan rezeki, kebahagiaan dan ketenteraman rumah tangga, pangkat dan jabatan, dll.
Berbicara mengenai Perkutut Katuranggan biasanya dikaitkan dengan Perkutut Lokal yang diyakini mempunyai kekuatan gaib atau supranatural/yoni menurut kepercayaan orang-orang tua kita sejak beratus-ratus tahun terutama pada masyarakat tradisi Jawa dan bukan Perkutut Silang atau sering dikenal Perkutut Bangkok yang banyak kita lihat dan pelihara saat ini yang diyakini sudah tidak lagi memiliki kekuatan gaib sesuai dengan alam pikiran masyarakat modern. Sehingga Perkutut Katuranggan sering disebut burung alam gaib yang bisa memberikan rezeki, kebahagiaan dan ketenteraman rumah tangga, pangkat dan jabatan, dll.

More info:

Published by: Herman Adriansyah AL Tjakraningrat on Sep 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
Sisik Melik Perkutut
 Arsip/Dokumentasi/Pustaka Pribadi Notaris Herman AALT Tejabuwana 
1SISIK MELIK TENTANG PERKUTUTBerbicara mengenai Perkutut Katuranggan biasanyadikaitkan dengan Perkutut Lokal yang diyakinimempunyai kekuatan gaib atau supranatural/yonimenurut kepercayaan orang-orang tua kita sejak  beratus-ratus tahun terutama pada masyarakat tradisiJawa dan bukan Perkutut Silang atau sering dikenalPerkutut Bangkok yang banyak kita lihat dan peliharasaat ini yang diyakini sudah tidak lagi memilikikekuatan gaib sesuai dengan alam pikiran masyarakatmodern. Sehingga Perkutut Katuranggan sering disebut burung alam gaib yang bisa memberikan rezeki,kebahagiaan dan ketenteraman rumah tangga, pangkatdan jabatan, dll.Kebiasaan menikmati bunyi suaranya anggungan perkutut yang indah ini dimulai sejak zaman Majapahit dan memang burung yang satuini pada waktu itu biasanya hanya dipelihara oleh kalangan ningrat kerajaan yangsemakin dikembangkan pada saat keraton Ngayogjakarta Hadiningrat dibawah SriSultan Hamnegku Buwono VII pada tahun 1877-1921.Perkutut juga diyakini sebagai bilangan ke-lima dari kelengkapan seorang Priya sejatiyang sempurna dalam tradisi Jawa yang berlatar kebudayaan keraton yaitu ; Wisma(rumah), Garwa (Istri), Curiga (Keris), Turangga (Kuda) dan Kukila (Perkutut).Perkutut merupakan alat pencipta kepuasan atau kenikmatan pribadi. Suaraanggungannya dan keindahan fisiknya dapat memberikan suasana tenang, teduh,santai bahagia dan seolah-olah manusia dapat berhubungan dengan alam semestasecara langsung.Sebagaimana yang telah dikemukakan pada awal tulisan ini, perkutut memilikikeistimewaan luar biasa karena dianggap memiliki kekuatan gaib yang dapatmempengaruhi pemiliknya berdasarkan ´ Katuranggan ´ yang dipercaya memilikititisan darah gaib, juga berdasarkan ´ Ciri mathi ´ adalah ramalan dalam hubungan bentuk atau sifat tertentu seekor perkutut, sehingga dipercaya memiliki pengaruh baik (membawa keberuntungan/rezeki, ketenteraman rumah tangga, pangkat, dlsb.) atau buruk (membawa sial atau mala petaka) bagi pemilik atau si pemelihara tersebut.Untuk mengetahui baik tidaknya seekor perkutut, dapat ditilik berdasarkankaturanggan dan ciri mathi berupa ciri fisik seperti bentuk tubuh, bulu, paruh, kakidan juga sifat, perilaku serta pada saat berbunyi/manggung yang dapat dijelaskansebagai berikut/seperti di bawah ini.
Perkutut Katuranggan atau Primbon antara lain :
y
 
Perkutut Songgo Ratu
:
  perkutut ini dipercaya sebagai titisan seorang putra Raja Bali di zaman Majapahityang dikejar-kejar musuhnya dan melarikan diri sampai ke Desa Tutul diBlambangan, Banyuwangi dan mati terbunuh, kemudian berubah menjadiPerkutut yang diberi nama Perkutut Songgo Ratu.. Perkutut ini berciri khas dikepalanya ada jambul semacam mahkota berwarna putih. Sifatnya juga sepertiningrat yang tidak suka berkeliaran, hidupnya hanya di tempat yang sepi seperti
 
Sisik Melik Perkutut
 Arsip/Dokumentasi/Pustaka Pribadi Notaris Herman AALT Tejabuwana 
2didalam goa atau di pekuburan. Perkutut ini kuat menahan lapar dan haus sampai beberapa hari, tidurnya selalu ditempat yang paling tinggi dibanding perkututlainnya. Mempunyai wibawa yang sangat besar, shingga perkutut yang beradadidekatnya tidak akan berani bersuara/bunyi. Ciri-ciri fisiknya yang lain adalah,kaki dan paruhnya berwarna hitam. Bulunya agak kehitam-hitaman. Perkutut yangmempunyai yoni yang besar, biasanya jarang berbunyi dan suaranya relatif jugakecil, demikian pula perkutut yang satu ini. Perkutut ini bisa untuk menolak santet/ilmu hitam, melancarkan rezeki dan mempunyai kewibawaan yang tinggi bagi pemiliknya.
y
 
Perkutut Lurah
:
 Dilihat dari corak warna perkutut, sepintas dapat dilihat persamaan tersamar dengan ular, dimana keduanya mempunyai lurik yang hampir sama. Perkututmempunyai bulu dada yang warnanya lebih terang, bahkan keputih-putihan, begitu juga dengan ular. Perkutut Lurah ini tinggal dihutan makannya disuapi ataudibawakan makanan oleh perkutut yang lain yang menjadianak buahnya.Biasanya perkutut ini dipelihara oleh atasan atau pemimpin yang mempunyaikedudukan, karena perkutut ini mempunyai yoni kewibawaan yang luar biasa danmendatangkan rezeki yang berlimpah.
y
 
Perkutut Putih:
Perkutut ini merupakan primadona yang banyak dikejar-kejar orang, sebab selainsangat langka, perkutut putih ini diyakini bisa mendatangkan kekayaan bagi si pemilik atau si pemeliharanya. Warna bulunya seluruhnya putih, matanya merah, paruh kelabu kemerahan, kaki merah bergaris-garis hitam dan kuku berwarna putih. Perkutut ini biasanya dahulu hanya dimiliki oleh para Raja atau pemimpin.Perkutut ini juga diyakini dari hasil perkawinan In breed yaitu antar saudarasekandung yang berlangsung beberapa generasi sekitar 5 sampai 10 tahunlamanya. Jadi perkutut putih belum tentu anak-anaknya adalah putih, tetapi perkutut biasa yang membawa darah putih pada suatu ketika akan mempunyaiketurunan berbulu putih. Konon karena langkanya biasanya sebelum dimilikiseseorang, perkutut putih datang lewat mimpi dengan rupa orang yang sudah tua, berambut serta berjenggot putih.
y
 
Perkutut Hitam atau Kol Buntet:
seluruh bulunya hitam legam yang dianggap rajanya perkutut, kalau dipeliharaakan memberikan keberuntungan.Di samping itu masih ada beberapa jenis perkutut Katuranggan antara lain ;
y
 
Perkutut berekor 15 lembar ( Pendawa Mijil ),
y
 
Perkutut berwarna tepung tumpeng atau disebut juga Perkutut DaringKebak/Tembus,
y
 
Perkutut Udan Emas,
y
 
Perkutut bermata merah dan kuning ( Mercu Jiwa ),
y
 
Perkutut Rondo Semoyo, dll.Yang kesemuanya mempunyai yoni sendiri-sendiri antara lain untuk nolak santet danketenteraman keluarga ( Tepung Tumpeng ), untuk kewibawaan ( Pendawa Mijil danMercu Jiwa yang kewibawaannya besar ), kelancaran berdagang ( Rondo Semoyo ).Jadi dapat dibayangkan jika kita mempunyai seekor perkutut berwarna TepungTumpeng, matanya merah atau kuning dan ekornya berjumlah 15 lembar, maka jelas
 
Sisik Melik Perkutut
 Arsip/Dokumentasi/Pustaka Pribadi Notaris Herman AALT Tejabuwana 
3
 dan pasti perkutut ini adalah perkutut bagus dan langka serta mahal harganya.
J
enis Perkutut
Perkutut (Geopelia striata) banyak hidup di hutan-hutan dataran rendah. Sebagai burung yang masuk dalam suku Columbidae, perkutut mempunyai banyak kerabatdekat seperti peragam dan punai yang tersebar luas di seluruh dunia. Namun, khusus jenis perkutut penyebarannya hanya terbatas dari Semenanjung Malaya sampaiAustralia.Di Indonesia jenis perkutut cukup banyak. Penghobi membedakan perkutut yang adasesuai dengan daerah asalnya, misalnya perkutut Sumatera, perkutut Jawa, perkututBali, dan perkutut Nusa Tenggara. Khusus untuk di Jawa, masih dibedakan lagi sesuaidengan asal daerah yang selama ini dikenal sebagai daerah penghasil perkutut berkualitas, misalnya perkutut Pajajaran, perkutut Mataram, perkutut Majapahit, perkutut Tuban, dan perkutut Madura.Di Jawa dulunya perkutut banyak dijumpai di daerah bersemak terbuka yang keringatau di pinggiran hutan yang berdekatan dengan pemukiman penduduk. Bahkan, dulu perkutut juga sering dijumpai mencari makan di ladang atau persawahan.Umumnya perkutut hidup dan mencari makan secara berpasangan atau dalamkelompok kecil. Burung-burung ini biasanya makan di atas permukaan tanah. Tidak  jarang ditemukan perkutut yang sedang minum secara bersamaan pada sumber air.Karena tidak mudah terganggu dengan kehadiran manusia dan bisa didekatidalam jarak beberapa meter, perkutut dikenal sebagai burung yang agak jinak. Bila merasaterancam, burung ini akan terbang cepat dan berhenti dalam jarak yang pendek atau bertengger di atas pohon yang tidak jauh dari tempat asalnya.Di alam bebas perkembang biakan perkutut tidak sebaik di breeding farm. Di alam bebas perkutut hanya bertelur dua sampai tiga kali setahun yang terjadi pada bulanJanuari-September. Musim berbiak ditandai dengan pembuatan sarang oleh sepasang perkutut yang sedang berahi. Bentuk sarang agak datar dan tipis. Bagian bawahsarang dibuat dari kumpulan ranting yang agak kasar, sedangkan bagian atasnyadilapisi daun rerumputan kering atau serabut yang lebih halus. sarang umumnyadiletakkan pada pohon atau semak yang tidak terlalu tinggi dari permukaan tanah.Beberapa hari setelah sarang jadi, perkutut betina akan bertelur sebanyak dua butir.Telur ini berwarna putih dengan bentuk oval. Ukuran telur kurang lebih 22 X 17mm.Telur akan dierami secara bergantian oleh kedua induk selama kurang lebih duaminggu, setelah itu telur menetas. Anak perkutut yang baru menetas tampak berwarnamerah, tidak mempunyai bulu, dan matanya masih tertutup. Pada saat seperti inianakan masih memerlukan kehangatan dari tubuh induknya. Oleh karena itu, induk akan mengeraminya sampai tumbuhnya bulu (sekitar umur dua minggu).Anakan perkutut yang baru menetas oleh induknya diberi makan berupa susu yangdihasilkan oleh tembolok induknya. Proses penyusuan ini berjalan sesuai dengannaluri alamiah burung. Anak yang belum bisa melihat tersebut menyentuh-nyentuhkan paruhnya ke arah mulut induknya. Setelah mengena, anakan tersebut akanmemasukkan kepalanya di tenggorokan induknya. Proses inilah yang dinamakan

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
anita liked this
margajebat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->