Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
76Activity
P. 1
Dunia Seismik

Dunia Seismik

Ratings: (0)|Views: 4,069 |Likes:
Published by a_mie_3
http://duniaseismik.blogspot.com
posted by Adrian Oktavinta
http://duniaseismik.blogspot.com
posted by Adrian Oktavinta

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: a_mie_3 on Sep 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2014

pdf

text

original

 
ラーミ ヒダヤティ
Page 1
http://duniaseismik.blogspot.com
Posted by ADRIAN OKTAVINTA
DUNIA SEISMIK
 
FUNDAMENTAL OF SEISMIC
Latar Belakang 
Survey seismik dilakukan untuk mendapatkan rekaman data seismik dengan kualitas yangbaik. Penilaian baik tidaknya data seismik adalah dari perbandingan antara banyaknya sinyalrefleksi dengan sinyal gangguan atau noise yang diterima. Semakin banyak sinyal refleksiserta semakin sedikit noise yang diterima maka kualitas perekaman data seismik semakinbagus. Keakuratan pengukuran waktu tempuh (travel time) juga mempengaruhi kualitasperekaman.Secara garis besar eksplorasi seismik dibagi menjadi eksplorasi seismik dangkal daneksplorasi seismik dalam. Eksplorasi seismik yang digunakan untuk eksplorasi hidrokarbon(minyak dan gas bumi) adalah eksplorasi seismik dalam. Sedangkan eksplorasi seismik dangkal (shallow seismic reflection) biasa digunakan untuk eksplorasi batubara dan bahantambang lainnya. Kedua jenis eksplorasi seismik tersebut memiliki resolusi dan akurasi yangberbeda.Seismik refleksi terbagi atas tiga bagian yaitu akuisisi data seismik, proses data seismik, danyang terakhir adalah interpretasi data. Akuisisi data adalah untuk memperoleh data seismik dari area yang disurvey. Dari proses data seismik akan diperoleh penampang seismik permukaan bawah tanah. Setelah data seismik diproses maka dilakukan interpretasi untuk menganalisa keadaan geologi di bawah permukaan dan juga untuk memperkirakan komposisimaterial batuan di bawah permukaan tersebut.Proses akuisisi data sangat penting karena mempengaruhi kualitas data seismik. Kualitas dataseismik yang baik akan menghasilkan penggambaran penampang seismik bawah tanah yangbaik sehingga proses interpretasi juga dapat dilakukan dengan baik.
 
ラーミ ヒダヤティ
Page 2
Konsep Gelombang Seismik 
Gelombang seismik adalah gelombang mekanis yang muncul akibat adanya gempa bumi.Sedangkan gelombang secara umum adalah fenomena perambatan gangguan (usikan) dalammedium sekitarnya. Gangguan ini mula-mula terjadi secara lokal yang menyebabkanterjadinya osilasi (pergeseran) kedudukan partikel-partikel medium, osilasi tekanan maupunosilasi rapat massa. Karena gangguan merambat dari suatu tempat ke tempat lain, berarti adatransportasi energi.Gelombang seismik disebut juga gelombang elastik karena osilasi partikel-partikel mediumterjadi akibat interaksi antara gaya gangguan (gradien stress) malawan gaya-gaya elastik.Dari interaksi ini muncul gelombang longitudinal, gelombang transversal dan kombinasidiantara keduanya. Apabila medium hanya memunculkan gelombang longitudinal saja(misalnya di dalam fluida) maka dalam kondisi ini gelombang seismik sering dianggapsabagai gelombang akustik.Dalam eksplorasi minyak dan gas bumi, seismik refleksi lebih lazim digunakan daripadaseismik refraksi. Hal tersebut disebabkan karena siesmik refleksi mempunyai kelebihan dapatmemberikan informasi yang lebih lengkap dan baik mengenai keadaan struktur bawahpermukaan.Penyelidikan seismik dilakukan dengan cara membuat getaran dari suatu sumber getar.Getaran tersebut akan merambat ke segala arah di bawah permukaan sebagai gelombanggetar. Gelombang yang datang mengenai lapisan-lapisan batuan akan mengalami pemantulan,pembiasan, dan penyerapan. Respon batuan terhadap gelombang yang datang akan berbeda-beda tergantung sifat fisik batuan yang meliputi densitas, porositas, umur batuan, kepadatan,dan kedalama batuan. Galombang yang dipantulkan akan ditangkap oleh geophone dipermukaan dan diteruskan ke instrument untuk direkam. Hasil rekaman akan mendapatkanpenampang seismik.
Sumber Gelombang Seismik
Sumber gelombang seismik pada mulanya berasl dari gempa bumi alam yang dapat berupagempa vulkanik maupun gempa tektonik, akan tetapi dalam seismik eksplorasi sumbergelombang yang digunakan adalah gelombang seismik buatan. Ada beberapa macam sumbergelombang seismik buatan seperti dinamit, benda jatuh, air gun, water gun, vaporchoc,sparker, maupun vibroseis. Sumber gelombang seismik buatan tersebut pada hakekatnyamembangkitkan gangguan sesaat dan lokal yang disebut sebagai gradien tegangan (stress).
 
ラーミ ヒダヤティ
Page 3
Gradien tegangan mengakibatkan terganggunya keseimbangan gaya-gaya di dalam mediumsehingga terjadi pergeseran titik materi yang menyebabkan deformasi yang menjalar darisuatu titik ke titik lain. Deformasi ini dapat berupa pemampatan dan perenggangan partikel-partikel medium yang menyebabkan osilasi densitas/tekanan maupum pemutaran (rotasi)partikel-partikel medium. Apabila medium bersifat elastis sempurna maka setelah mengalamideformasi sesaat tadi medium kembali ke keadaan semula.
Jenis Gelombang Seismik
 
Secara garis besar gelombang seismik dibagi menjadi 3 jenis yaitu:1. Menurut cara bergetarnya Menurut cara bergetarnya gelombang seismik dibagi menjadi dua macam yaitu:1.
 
Gelombang Primer (longitudinal/compussional wave)Gelombang primer dalah gelombang yang arah getarannya searah dengan arahbergetarnya gelombang tersebut. Gelombang ini mempunyai kecepatan rambat palingbesar diantara gelombang seismik yang lain.2.
 
Gelombang Sekunder (transversal/shear wave)Gelombang sekunder adalah gelombang yang raah getarannya tegak lurus terhadap arahperambatan gelombang. Gelombang ini hanya dapat merambata pada material padat sajadan mempunyai kecepatan gelombang yan lebih kecil dibandingkan gelombang primer.2. Menurut tempat menjalarnya Berdasarkan tempat menjalarnya, gelombang seismik dapat dibedakan menjadi dua bagian,yaitu gelombang tubuh (body wave) yang menjalar masuk menembus medium dangelombang permukaan (surface wave) dimana amplitudonya melemah bila semakin masuk kedalam medium. Beberapa tipe gelombang permukaan yaitu:1.
 
Gelombang RayleighGelombang Rayleigh adalah gelombang yang merambat pada batas permukaan saja danhanya dapat merambat pada media padat serta arah getarannya berlawanan arah denganarah perambatannya.2.
 
Gelombang LoveGelombang love adalah gelombang yang hanya merambat pada batas lapisan saja anbergerak pada bidang yang horisontal saja.3.
 
Gelombang TabungGelombang tabung merupakan gerak/aliran fluida di sepanjang sumur pengeboran.Gerakan fluida ini diakibatkan oleh getaran dinding sumur yang merambat dalam arahaxial. Gelombang tabung mempunyai tiga proses yaitu pertama adalah kontraksi dindingsumur, kedua adalah merenggangnya dinding sumur, dan ketiga adalah aliran fluida didalam lubang sumur.3. Menurut bentuk muka gelombang Muka gelombang adalah suatu bidang permukaan yang pada suatu saat tertentu membedakanmedium yang telah terusik dengan medium yang belum terusik. Muka gelombang merupakanpotret dari penjalaran usikan. Berdasarkan bentuk muka gelombang (wave front) , gelombangseismik dapat dibedakan atas empat macam yaitu:1.
 
Gelombang BidangGelombang bidang/datar ditimbulkan oleh sumber terkomilasi. Gelombang bidangmenjalar sepanjang satu arah tertentu dengan muka gelombang yan berupa bidang datartegak lurus pada arah perambatan.

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
a_mie_3 liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Dewi Aysiah liked this
delacour liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->