Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Trainer

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Trainer

Ratings: (0)|Views: 3,388 |Likes:
Published by Junaidin Ladimu

More info:

Published by: Junaidin Ladimu on Sep 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

 
Menjadi Trainer SuksesMeskipun pelatihan tampak seperti profesi glamor bagi sebagian orang, tetapi sepertiprofesi lain menjadi seorang trainer memiliki tantangan tersendiri. Memiliki keterampilanuntuk menjadi trainer hanya merupakan salah satu prasyarat. Persyaratan lain yang jauhlebih sulit bagi seorang trainer sukses adalah memiliki ketenangan mental dan emosional.Pelatihan adalah profesi yang menuntut dua hal ini. Oleh karena itu seorang trainermembutuhkan energi output yang konstan. Berdasarkan hasil pengamatan penulis selamaproses pelatihan pada Balai Diklat Kehutanan dan penelusuran beberapa pustaka, agarseorang menjadi trainer yang berhasil beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :
1.
Memiliki rasa humor. Humor adalah salah satu cara untuk membuat peserta tertarikuntuk terus mengikuti jalannya pelatihan.
2.
Penguasaan materi. Materi menjadi penting untuk dikuasai oleh seorang trainer,karena materi adalah hal yang disampaikan ke peserta untuk dikuasai. selainpenguasaan materi perlu juga dikuasai bagaimana menyampaikan materi tersebut.pemilihan metode maupun gaya penyampaian menjadi hal yang penting, karena disinilah kunci pemahaman peserta terhadap materi yang ada. dengan penyampaianyang baik, keberterimaan materi dapat dirasakan penuh oleh peserta. penyampaianyang baik tentu saja ditunjang dengan penguasaan materi yang baik. cara mudahnyaadalah dengan mempelajari slide materi, memperbanyak lagi sumber atau refernsimengenai materi tersebut, baik dari buku maupun dengan ngobrol dengan traineryang telah berpengalaman.
3.
Penggunaan bahasa yang mudah dimengerti, hindari penggunaan jargon/istilahtertentu. Karena peserta pelatihan merupakan orang-orang dari berbagai macamrupa, umur dan latar belakang, maka seorang trainer yang baiknya menggunakanbahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.
4.
Hadapi peserta dengan luwes, tidak kaku, kikuk atau “nervous”. Jika trainer sudahkikuk rencana pelatihan yang sudah dipersiapkan bisa jadi terlupakan. Untuk itupersiapan mental sebelum berhadapan dengan peserta sangat penting. Agarprogram pelatihan berjalan sesuai rencana, catatan kecil mengenai alur pelatihandapat pula dipersiapkan
5.
Berikan waktu yang cukup bagi peserta untuk berpikir dan menjawab. Oleh karenaitu waktu belajar dapat dibuat fleksibel dengan kebutuhan peserta tetapi tetapmempertimabngkan kesinambungan program pelatihan
6.
Perhatikan kondisi diri sendiri. Hal ini merupakan pegangan untuk merasakan situasipeserta. Jika trainer merasakan suatu kebosanan, biasanya peserta juga memilkiperasaan serupa
7.
Perhatikan bahasa tubuh peserta.Memiliki beberapa kemampuan diatas belumlah cukup untuk modal menjadi seorangtrainer. Seperti profesi lain ada hal-hal lain yang harus dipersiapkan agar seseorang dapatmenjadi trainer yang berhasil. Berikut adalah beberapa aspek yang sebaiknya dipersiapkanuntuk menjadi trainer yang berhasil :
Seorang trainer harus bersedia bekerja lebih dari hari 8 jam. Meskipun programpelatihan dapat dijadwalkan dari pukul 9.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore,seorang trainer mungkin akan datang ke ruang pelatihan jauh lebih awal daripada9.00 dan tinggal lebih lama dari pukul 17.00 sore. Sebuah sesi pelatihan yangdisiapkan dengan baik membutuhkan ruang yang cukup untuk berpikir dan persiapanbahan. Jika trainer tiba di ruang pelatihan pada waktu yang sama dengan pesertapelatihan, trainer akan merasa tidak teratur dan tidak siap. Trainer bahkan dapatmulai terlambat karena persiapan menit-menit terakhir.
 
Seorang trainer juga harus siap untuk tinggal lebih lama dari setelah waktu pelatihantelah berakhir. Prinsip yang sama juga berlaku setelah program pelatihan telahberakhir. Biasanya, trainer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semuaperalatan yang digunakan untuk pelatihan dikeluarkan dari ruangan, trainermungkin harus mengawasi penggantian meja dan kursi. Bahkan trainer mungkinperlu untuk merapikan ruangan. Selain itu, banyak peserta tinggal setelah waktupelatihan berakhir agar mereka bisa mengajukan pertanyaan karena mereka tidakingin bertanya di depan seluruh peserta. Mereka berharap trainer berada di sana dansiap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dalam suasana yang hangat.Selain itu, Trainer juga mungkin harus menyelesaikan detail kecil pekerjaan padapada akhir pelatihan seperti menambahkan catatan untuk handout pelatihan, ulasanpresentasi Power Point untuk hari berikutnya, merevisi jadwal pelatihan untuk hariberikutnya, tugas-tugas administrasi yang belum lengkap, berkas bahan pelatihan,mengirim beberapa bahan pelatihan tambahan kepada peserta, atau mempersiapkanflip chart untuk hari berikutnya.
Seorang trainer harus siap untuk berdiri sepanjang hari. Trainer sering tidak memilikikesempatan untuk duduk karena harus memfasilitasi pelatihan. Seorang trainerbiasanya harus berdiri selama semua presentasi dan selama sebagian besar diskusi.Bahkan ketika para peserta dalam kelompok kecil, trainer berpindah dari satukelompok ke kelompok siap untuk menjawab pertanyaan, mengatasi masalah, atautahu kapan harus beralih ke topik berikutnya.
Seorang trainer harus siap unruk menanggapi segala kejadian tak terduga. Untukpersiapan yang matang sekalipun seorang trainer harus sigap untuk segala sesuatuyang dapat terjadi dalam sesi pelatihan. Trainer harus siap untuk menanggapipertanyaan-pertanyaan dan peristiwa-peristiwa yang tak terduga. Terkadang Trainerharus fleksibel karena agenda yang direncanakan bisa saja berjalan tidak sesuaidengan kebutuhan peserta. Seorang trainer yang baik menyesuaikan agenda danperubahan materi sehingga memenuhi kebutuhan peserta. Seorang trainer yangefektif juga membaca peserta dan menyesuaikan tingkat pelatihan tersebut agarsesuai dengan tingkat pemahaman peserta.
Seorang trainer harus siap untuk melakukan pelatihan walaupun berada pada kondisiyang kurang fit. Pelatihan sering dilakukan dengan cara tatap muka untuk waktuyang cukup lama dan sering peserta pelatihan melakukan perjalanan jauh untukmenghadiri pelatihan. Oleh karena itu, trainer harus mampu hadir antusias bahkanketika kurang fit.
The show must go on!
Seorang trainer harus siap untuk terus memberi tanpa mengharapkan untukmenerima sesuatu sebagai imbalan. Trainer sering dilihat oleh orang lain sebagai"penyembuh" - orang-orang yang selalu memiliki jawaban dan yang dapatmelakukan "sihir." Sebaliknya, trainer biasanya tidak dianggap sebagai orang-orangyang mempunyai kebutuhan mereka sendiri. Akibatnya, peserta sering berharapdengan mengikuti program pelatihan Trainer bisa melepaskan beberapa beban daridada mereka. Bahkan, terkadang trainer harus rela kehilangan waktu untuk istirahatdan makan siang karena harus mendengarkan peserta yang ingin mendiskusikanmasalah pribadinya.
Seorang trainer harus siap menjadi teladan sempurna sepanjang waktu. Adalah tugasseorang trainer untuk mengajar yang "benar" cara untuk melakukan sesuatu. Trainer juga harus siap untuk mempraktekkan apa yang disampaikan. Trainer menjalankanrisiko kehilangan kredibilitas jika tidak dianggap contoh sempurna dari apa yangmereka ajarkan. Dan, karena tidak ada yang sempurna, trainer juga harus mengakuihal itu ketika mereka melakukan kesalahan. Trainer tidak bisa membiarkan pesertauntuk meninggalkan sesi latihan dengan informasi yang salah.
Seorang trainer harus siap mengatasi masalah logistik dan peralatan pelatihansecara tiba-tiba. Walaupun mungkin telah ada yang bertanggungjawab untuk

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
andreynalin liked this
Munfa Etyc liked this
Wulan Sharie liked this
zizi72 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->