Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
asam urat

asam urat

Ratings: (0)|Views: 983 |Likes:
Published by Liza Khairunnisa

More info:

Published by: Liza Khairunnisa on Sep 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/05/2013

pdf

text

original

 
Pada saat usia bertambah umur dibantu dengan pola makan yang kurang baik maka dayatahan tubuh pun menjadi kurang sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit yangsenantiasa menghinggapi para orang tua diantaranya kadar kolesterol, gula darah danasam urat yang tinggi melebihi ambang batas yang ditetapkan. Asam urat adalah sisametabolisme dari zat-zat purin dalam makanan yang kita konsumsi ataupun dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang dapat terjadi secara normal ataupun karena penyakittertentu. Zat-zat purin ini banyak terdapat dalam inti sel. Jadi dalam setiap bahanmakanan yang merupakan bagian tubuh dari makhluk hidup, seperti daging, jerohan, dan berbagai jenis buah dan sayuran pasti terdapat purin. Secara normal tubuh mempunyaimekanisme tersendiri untuk membuang asam urat dari dalam tubuh, yaitu melalui feses(kotoran) dan urin (air seni).
Kelebihan asam urat dapat disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh untuk membuang asam urat melalui urin, atau karena meningkatnya konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung banyak purin.
Kelebihan asam urat cenderungakan terkumpul di persendian-persendian. Penumpukan asam urat paling sering terjadi pada sendi di pangkal jempol kaki. Tetapi dapat pula menyerang persendian lainnya,seperti sendi-sendi pada jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku, lutut, dan pergelangankaki. Sendi yang terkena terlihat bengkak, kemerahan, terasa panas, dan luar biasanyerinya. Rasa nyeri terutama terasa di malam hari atau pagi hari ketika baru banguntidur.Ibu Sur. (58 tahun) mendadak merasa lututnya nyeri hebat. Setiap hendak bangkit dari berjongkok, ia mengalami kesulitan. Begitu juga kalau menggerakkan sendi lutut. Adarasa nyeri mengigit di situ. Seorang tetangganya bilang kalau itu asam urat.Keluhan yang sama diutarakan Pak Dir., belum genap 60 tahun. Nyerinya bukan di lutut,melainkan di pangkal paha. Istrinya menganjurkan minum obat antiasam urat karenamengira kelebihan asam urat. Pak Dir. menurut saja.Sebulan minum obat yang dibeli di warung, tetap saja nyeri pangkal pahanya tak mereda.Setelah diperiksa dokter, kadar asam urat darahnya tidak tinggi. Jadi bukan kasus asamurat.Kedua kasus di atas, kalau memang tidak menyembuh setelah minum obat antiasam urat, berarti benar bukan asam urat tinggi penyebabnya. Betul bahwa gejala asam urat tinggidalam darah bisa muncul di sendi mana saja, termasuk di lutut dan pangkal paha. Namun,tidak selalu setiap keluhan nyeri atau encok di situ, pasti asam urat penyebabnya.Asam urat tinggi hanya sate dari lebih seratus penyebab encok atau gangguan sendi.Seperti ditusuk jarum
 
 Nyeri encok memang beragam. Kaliberasi nyeri berbeda antara encok yang satu denganyang lain. Demikian pula mula timbul dan durasi nyerinya. Encok asam urat disebut goutatau penyakit pirai.
Nyeri penyakit pirai bersifat khas, seperti ditusuk jarum, karena asam urat yangmenumpuk di persendian akan berubah menjadi kristal urat. Kristal renik mirip jarum berukuran mikron ini yang menusuk-nusuk persendian dan memunculkankeluhan nyeri tertusuk jarum.
Encok asam urat biasanya terjadi sekaligus pada beberapa sendi. Paling sering di jempolkaki. Sering sehabis memakai sepatu yang kesempitan. Tak jarang sehabis dioperasi,selagi emosi atau sedang kelelahan. Kumat di malam hari, dan biasanya bersifat progresif, semakin hari semakin berat.
Sesuai dengan mekanisme terbentuknya kristal urat, persendian yang dekat denganpermukaan kulit lebih sering terkena.
Hawa dingin memudahkan terbentuknya kristalurat pada bagian sendi yang asam uratnya meninggi. Begitu juga persendian yang seringmengalami tekanan mekanik, seperti oleh sepatu, sandal, siku, bahu (memikul barang).Berbeda dengan encok lainnya, encok asam urat membuat kulit persendian merahmeradang, juga membengkak. Muncul rasa nyeri jika ditekan, mungkin disertai demamdan lesu.Serangan pada yang klasik bersifat episodik setahun sekali. Biasanya mereda sendiri.Kalau hebat, perlu obat pereda nyeri selain penurun asam urat.Kenapa meninggi?Asam urat meninggi sebab ada gangguan metabolisme protein atau ginjal gagalmembuang asam urat berlebih, kalau bukan kebanyakan menu tinggi purin (gugus protein). Gangguan ini bisa bersifat genetik. Normalnya asam urat tak lebih dari 7mg% (pria) dan 6mg% (wanita). Lebih dari kadar normal, sebagian besar akan muncul keluhan nyeri sendi. Adakalanya pula kendati sudahmelebihi nilai normal, keluhan belum muncul.
Asam urat yang bukan turunan bisa sebab penyakit leukemia (kelebihan sel darahputih), kelebihan sel darah merah, hiperaktif kelenjar gondok (hyperthyroidism),darah tinggi, jantung koroner, gangguan ginjal, keracunan timbel, minum obatdarah tinggi golongan thiazide dan asam salisilat, serta kegemukan.
Jadi, pengobatan asam urat tak cukup hanya dengan antiasam urat. Pada kasus sebabturunan, mungkin memang tak dapat dilakukan koreksi karena “dapur” tubuh tidak beressejak awal. Namun, tidak demikian bila penyebabnya bukan turunan, melainkanoleh faktor didapat, seperti sudah disebut di atas.
 
Faktor penyebab dapatan itu perlu dikoreksi agar pasien tidak bergantung minum obatsepanjang hayat.Penyakit di belakang meningginya asam urat harus dikoreksi, sehingga setelah penyakittiada, pasien tak perlu melanjutkan minum obat antiasam urat lagi.KomplikasiJika asam urat dibiarkan terus meninggi untuk waktu lama, kristal urat akan merusak  persendian. Kerusakan sendi bisa bersifat permanen. Cacat sendi bisa membuat invalid.Selain di persendian, kristal urat mungkin tersangkut di saluran kemih di dalam ginjal,lalu membentuk batu urat. Batu di dalam ginjal mencetuskan infeksi dan kerusakanginjal. Lama-lama fungsi ginjal menurun, tekanan darah mungkin meninggi, yang bisa berakhir dengan payah ginjal.Mereka yang berbakat mewarisi asam urat tinggi, perlu rutin berkala melakukan pemeriksaan asam urat. Jika lebih dari normal, langsung minum obat antiasam urat, agar tak telanjur terbentuk kristal urat. Diet batasi menu dengan purin tinggi. Upayakan badantidak gemuk, banyak minum, cegah kekurangan cairan, dan urin dibuat tidak masam(basa).Mereka yang berbakat urat tinggi harus memperhatikan konsumsi obat-obatan yangmengandung thiazide dan asam salisilat; menjaga badan keton dalam darah (gangguanmetabolisme pada kencing manis); dan menghindari alkohol.Diet ketat purinSerangan asam urat mudah dicetuskan hanya oleh faktor diet purin tinggi. Sehabismengonsumsi hati-ampela, misalnya, keluhan nyeri urat langsung muncul. Oleh karenaitu, diet menu dengan kadar purin tinggi perlu diwaspadai.Kadar asam urat berfluktuasi sesuai dengan ragam menu harian yang dikonsumsi. Terlalu banyak kandungan purin dalam menu, cenderung meninggikan asam urat darah. Nyerisehabis pesta, liburan, atau hari besar, kemungkinan penyebabnya asupan menuenak (berprotein) melebihi normal.Kita perlu mencatat jenis sumber makanan dengan kandungan purin tinggi yang perludipantang ketat atau cukup dibatasi (lihat tabel). Lain dari itu, perlu memperbanyak minum dan konsumsi menu berkarbohidrat tinggi. Sebaliknya, menu berlemak tinggi,kondisi kelaparan, konsumsi alkohol, dan kemungkinan terbentuknya benda keton(komplikasi kencing manis) harus dihindari.Sumber makanan mengandung purin

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ai Niech Inoel liked this
nadyanavira liked this
nafira00 liked this
Santos Ngesot liked this
Okta Gaskins II liked this
Riska Tampubolon liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->