Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cahaya

Cahaya

Ratings: (0)|Views: 350 |Likes:
Published by karel_mewal

More info:

Published by: karel_mewal on Sep 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2011

pdf

text

original

 
273
14
Bab
Setelah mempelajari bab ini, kamu harus mampu:Hasil yang harus kamu capai:
Cahaya
Mengapa kamu dapat melihat benda-benda di sekitarmu? Apakah kamu dapat melihat ketika lampu di rumahmu padam? Kamu dapat melihatnya karena ada cahaya. Padamalam hari atau dalam sebuah kamar yang gelap kamutidak dapat melihat apa-apa karena tidak ada cahaya. Bisadibayangkan kalau Tuhan tidak menciptakan cahaya, apakahkamu dapat melihat benda-benda di sekeliling kamu? Adanya matahari sebagai sumber cahaya yang paling besarserta mata kamu yang begitu indah merupakan ciptaanTuhan yang maha kuasa sehingga kamu dapat melihat bendadi sekitar kamu. Oleh karena itu, marilah bersyukur dengancara memelihara alam ini dan mempelajari segala kejadiandi alam ini.
Sumber: Dokumentasi Penerbit 
memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa.
A
.
 
Pengertian Cahaya
B
.
 
Pemantulan Cahaya
C
.
 
Cermin dan SifatBayangan
D
.
 
Pembiasan Cahaya
E
.
 
Lensa
F
.
 
Bayangan pada Lensa
G
.
 
Dispersi Cahaya
 
274
Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII
Untuk mempermudahmu dalam mempelajari bab ini, pelajarilah diagram alur yang disajikan sebagai berikut.
Cahaya adalah salah satu bentuk gelombang. Cahayadapat merambat di ruang hampa udara karena termasuk  jenis gelombang elektromagnetik. Jika cahaya mengenaisuatu benda, seperti halnya gelombang mekanik, cahayatersebut dapat dipantulkan dan dibiaskan.Pada bab ini, kamu akan mempelajari beberapa siatcahaya, di antaranya cahaya dapat merambat lurus, dapatdipantulkan, dapat dibiaskan, dan dapat mengalami penguraian warna. Selain itu, akan dipelajari pula siat-siatlensa dan cermin. Siat-siat cahaya pada cermin dan lensabanyak dimanaatkan untuk membuat alat yang bermanaatbagi manusia, misalnya mikroskop, lup, teleskop, dan lensa.
Sumber
:
Dokumentasi Penerbit 
Indeks bias dansudut deviasiTeropong panggungdan kacamata (+)Lup, kamera,mikroskop, dankacamata (+)
sifat-sifatnyaterdiri atasterdiri atasterdiri atascontohnyapadacontohnyapadadirumuskandirumuskandalamdigunakanpadaparameter
MengalamipemantulanPemantulantidak teraturPemantulanteraturHukumPemantulanLensaCekungCekungCembungCembungCermin
Cahaya
MerambatlurusHukumSnelliusMengalamipembiasanMengalamipenguraian/dispersi
Gambar 14.1
Kamu dapat melihat benda-benda di sekitarmu karenaadanya cahaya.
 
Diagram Alur
 
275
Cahaya
 Ayo Coba 14.1
Pikirkan jawaban pertanyaan berikut sebelum kamu membaca uraian materi bab ini. Kemudian, periksakembali jawabanmu setelah kamu selesai membaca uraian bab ini. Apakah ada yang harus diperbaiki dengan jawabantersebut?1. Dalam keseharianmu, kamu tidak bisa lepasdari cahaya. Semua aktivitas yang kamu lakukanmemerlukan cahaya sebagai penerangan. Tahukahkamu bagaimana proses melihat. Apakah sifat-sifatcahaya?2. Pada saat kamu memasukkan sebuah pensil kedalam gelas yang berisi air, tampak pensil tersebutagak bengkok. Dalam Fisika, disebut apa peristiwatersebut?
A. Pengertian Cahaya
Di bawah terik matahari kamu dapat melihat bayangan-mu bergerak sesuai dengan gerakanmu. Secepat apapunkamu bergerak, bayanganmu tetap ada di dekatmu. Ketikahari berubah menjadi mendung, bayanganmu tidak terlihat.Ke manakah bayanganmu itu? Apakah yang menyebabkanbayanganmu ada?Bayangan terjadi karena adanya cahaya. Cahayamerupakan salah satu bentuk gelombang. Cahaya dapatmerambat tanpa medium termasuk jenis gelombangelektromagnetik. Tuhan telah menciptakan Matahari dancahayanya sedemikian rupa sehingga makhluk yang beradadi Bumi dapat memanaatkan cahaya tersebut.
1. Cahaya Merambat Lurus
Bagaimanakah cahaya itu bergerak, apakah merambatlurus atau berkelok-kelok? Pernahkah kamu memperhatikanseberkas cahaya yang masuk pada sebuah lubang kecildi ruang yang relati gelap? Bagaimanakah perambatancahaya yang kamu lihat? Untuk membuktikan jawabanmu,lakukanlah kegiatan Ayo Coba 14.1 berikut.
Tujuan
Mengamati perambatan cahaya
 Alat dan bahan
Kotak cahaya, tiga lembar karton berukuran 20 × 20 cm, dan layar
Cara kerja
1. Siapkan alat dan bahan.2. Berilah lubang kecil di bagian tengah ketiga karton.3. Susunlah alat dan bahan seperti pada Gambar 14.2.4. Aturlah ketiga karton sehingga cahaya tertangkap di layar, laluamati perambatan cahaya tersebut.
Tes Materi Awal
 Gambar 14.2
Cahaya merambat denganlintasan lurus pada sebuahlubang di suatu ruangan.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Iin Suminar liked this
Kang Djoen liked this
Joule Satriani liked this
Nita Nurtafita liked this
YuRa DhaRma liked this
YuRa DhaRma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->