Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Alat Optik

Alat Optik

Ratings: (0)|Views: 1,564|Likes:
Published by karel_mewal

More info:

Published by: karel_mewal on Sep 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/13/2012

pdf

text

original

 
307
15
Bab
Setelah mempelajari bab ini, kamu harus mampu:Hasil yang harus kamu capai:
Alat Optik
Pada bab sebelumnya kamu telah mempelajarisiat-siat cahaya, di antaranya dapat dipantulkan dandibiaskan. Kamu pun sudah mempelajari siat-siat benda yang dapat memantulkan cahaya, misalnya cermin, danbenda yang dapat membiaskan cahaya, misalnya lensa.Dengan mempelajari kedua siat benda tersebut, kamudapat memanaatkannya untuk membantu keterbatasan penglihatan manusia. Alat yang cara kerjanya memanaatkan prinsip peman-tulan dan pembiasan cahaya disebut alat optik. Alat optik  yang sering digunakan adalah kacamata, kaca pembesar(lup), mikroskop, kamera, dan periskop. Akan tetapi, darisekian banyak alat optik yang diciptakan manusia, tidak adasatu pun alat optik yang dapat menyaingi ciptaan Tuhan, yaitu mata. Oleh karena itu, menjadi kewajibanmu untuk mensyukuri dan memeliharanya.
Sumber
: www.pemed.com
memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
A
.
 
Mata
B.
Kamera
C.
Lup
D.
Mikroskop
E.
Periskop
 
308
Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VIII
Untuk mempermudahmu dalam mempelajari bab ini, pelajarilah diagram alur yang disajikan sebagai berikut.
 Alat optik yang dibuat manusia sangat bermanaatdalam kehidupan sehari-hari. Dengan teropong, kamu dapatmelihat benda-benda yang jauh. Untuk melihat benda-bendarenik, kamu dapat meggunakan mikroskop.Dalam bab ini kamu akan mempelajari beberapa alatoptik yang sering digunakan, di antaranya kamera, mata, lup,mikroskop, dan periskop.
LensakristalinCairan
aqueous
dapatdiatasidapatdiatasidapatdiatasiterdiri atasterdiri atasdapat menderitamembentuk 
RetinaMikroskopKameraBayangannyata, terbalik, dandiperkecilLupMataPeriskop
Alat Optik
HipermetropiMiopiPresbiopiKorneaIrisLensacekung (-)KacamatarangkapLensacembung (+)
 
Diagram Alur
 
309
 Alat Optik 
Pikirkan jawaban pertanyaan berikut sebelum kamu membaca uraian materi bab ini. Kemudian, periksakembali jawabanmu setelah kamu selesai membaca uraian bab ini. Apakah ada yang harus diperbaiki dengan jawabantersebut?1. Apakah yang disebut alat optik?2. Apakah persamaan dan perbedaan antara matadan kamera?3. Karena sesuatu hal, mata kita jadi berkurangfungsinya sehingga mata kita menjadi cacat. Apasaja cacat mata itu?
A. Mata
Kamu diberkati oleh Tuhan sepasang mata sebagai inderauntuk melihat. Anugerah tersebut memungkinkan manusiadapat menikmati keindahan alam ini. Tahukah kamu bahwamatamu seperti kamera? Bagian-bagian kamera semuanyaada di matamu. Manusia telah menjiplak alat optik yangmaha sempurna, yaitu mata.
1. Bagian-Bagian Mata
Mata manusia memiliki bagian-bagian yang sangatsempurna. Berikut adalah bagian-bagian mata yang perlukamu ketahui.
a. Kornea
Kornea merupakan bagian mata yang bersiat tembus pandang dan berungsi sebagai pelindung matamu. Agartetap bening dan bersih, kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.
b. Cairan Aqueous
 
Di belakang kornea terdapat cairan yang disebut cairan
aqueous
yang berungsi untuk membiaskan cahaya yangmasuk sehingga terokus ke lensa mata.
c. Iris atau Selaput Pelangi
Iris terdapat di belakang kornea dan berpigmen. Pigmenini menentukan warna pada mata seseorang. Pernahkahkamu melihat seseorang atau binatang memiliki mataberwarna biru, cokelat, atau hitam?
d. Pupil
Pupil terdapat di tengah-tengah iris. Pupil dapat mengecildan membesar, seperti ungsi diaragma pada kamera. Pupilmembuka dan menutup secara otomatis bergantung padacahaya yang masuk. Jika cahaya terang, pupil akan mengecil,sedangkan ketika gelap, pupil akan membesar.
IrisRetinaPupilLensaKornea
Sumber:
www.saphire.co.id.
Tes Materi Awal
 Gambar 15.1
Bagian-bagian mata

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->