Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
APAKAH ITU BIOLOGI

APAKAH ITU BIOLOGI

Ratings: (0)|Views: 760 |Likes:
Published by anon_905569

More info:

Published by: anon_905569 on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

 
APAKAH ITU BIOLOGI?
Biologi adalah cabang ilmu yang mempelajari kehidupan dan segala proses yang terjadi didalam kehidupan. Biologi sendiri asal katanya berasal dari bahsa Belanda yaitu Biologie, yang juga diambil dari bahasa Yunani yaitu , bios ("hidup") dan ,logos("lambang", "ilmu"). Dahulu Biologi disebut juga dengan ilmu hayat.Biologi adalah sebuah ilmu yang universal, objek kajiannya sangat luas. Tentu kita pernahmendengar tentang Taksonomi, Anatomi, Evolusi, Genetika, dan Zoologi, itu semuatermasuk dalam objek kajian ilmu biologi.Sejarah biologi sangat panjang, dimulai pada era prasejarah dimana manusia-manusiaawal yang merupakan pemburu mempelajari organ-organ tubuh mahluk hidup yangmereka buru. Merka juga mulai mengetahui beberapa obat-obatan alami seperti daunCatmint yang dipercaya dapat menyembuhkan flu. Biologi berkembang pesat pada masakeemasan Yunani Kuno, yaitu pada masa kehidupan seorang Guru dari segala ilmuan, yaituAristoteles. Aristoteles memperkenalkan filosofi alam yang merupakan cabang filosofi yang mempelajari fenomena kehidupan. Aristoteles melakukan penelitian sejarah alam dipulau Lesbos. Hasil penelitiannya, termasuk Sejarah Hewan, Generasi Hewan, dan BagianHewan, berisi beberapa observasi dan interpretasi, dan juga terdapat mitos dankesalahan. Bagian yang penting adalah mengenai kehidupan laut. Ia memisahkan mamalialaut dari ikan, dan mengetahui bahwa hiu dan pari adalah bagian dari grup yang ia sebutSelach (selachians). Ilmu biologi modern lahir setelah penemuan mikroskop, yangmembuka mata dunia terhadap keberadaan unit kehidupan terkecil yang diberi nama seloleh Robert Hooke. Ilmu biologi terus berkembang sampai sekarang, bahkan ada sebuahcabang ilmu biologi yang dinamakan ASTROBIOLOGI yang mempelajari kehidupan diplanet lain.
MENGAPA KITA HARUS MEMPELAJARI BIOLOGI?
Mengapa kita harus mempelajari biologi? Jawabannya simple saja:1.
 
Biologi membuka mata kita terhadap dunia kehidupan yang ada di seluruh mukabumi ini sehingga kita lebih mengagumi ciptaan tuhan.2.
 
Biologi adalah ilmu yang menawarkan kita untuk mempelajari diri sendiri, sehinggailmu ini tidak terasa asing bagi kita.3.
 
Biologi sangat berpengaruh kepada perkembangan peradaban manusia, berkatbiologi kita mampu mengenali penyakit dan menanggulanginya serta memanfaatkanberbagai jenis mahluk hidup.4.
 
Biologi memperlihatkan bagaimana mahluk hidup dapat dihubungkan satu sama laindalam taksonomi. Itu berarti setiap mahluk hidup adalah saudara karena memilikiketerkaitan, hal ini membuat kita dapat menghargai satu sama lain.
 
Makanya setiap pelajaran biologi itu jangan tidur! Dengarkan penjelasan guru baik-baik,sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya!
 
OLIMPIADE SAINS NASIONAL
Olimpiade Sains Nasional
 
adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi parasiswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti OlimpiadeSains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan propinsi dankarenanya adalah siswa-siswa terbaik dari propinsinya masing-masing.Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagaituan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO - International Physics Olympiad) yangdiselenggarakan di Bali pada tahun 2002.Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan inimerupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswiterbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidangkompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkatinternasional.KANG IBING1.Banyak-banyak deh mengkonsumsi karbohidrat kompleksKarbohidrat kompleks itu lebih lambat dipecah jadi gula darah, dengan kitamengkonsumsi karbohdirat kompleks, gula darah tidak mengalami kenaikan tinggisehingga kondisinya stabil dan dapat membantu proses metabolisme tubuh. Karbohidratkompleks itu contohnya Ubi, jagung, oatmeal, dan roti.2.Bagi yang gak suka makan sayur-sayuran, hati-hati dehPuasa bagi tubuh adalah program detoksifikasi, artinya pembuangan racun dan ampas-ampas tak berguna. Nah serat pada sayuran fungsinya adalah sebagai alat pembersihbagi usus besar untuk melenyapkan segala ampas-ampas tak berguna. Kebayangkan kalaukita malas makan sayur?3.Kurangin makan gorenganMungkin ini nih yang bikin kita sering lemas dan ngantuk waktu puasa, bukaannya pakaigorengan! Gorengan itu memmbuat sel darah kita menggumal sehingga suplay oksigen ituberkurang.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Irul Ibnu liked this
Akma Sweet liked this
Regina Cecillia liked this
Erna Fitriani liked this
Winn Aling liked this
Dessy Sianturi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->