Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
79Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Pekerjaan (Job Analysis)

Analisis Pekerjaan (Job Analysis)

Ratings: (0)|Views: 18,257|Likes:

More info:

Published by: Bobby Arianto Purnama Saputra on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/04/2014

pdf

text

original

 
BAB 4Analisis Pekerjaan (Job Analysis)4.1
Mendiskusikan Pengertian Analisis Pekerjaan, Termasuk Tujuan danCara Mengaplikasikannya.
Tujuan dari analisis pekerjaan ini adalah memperlihatkan bagaimana caramenganalisis pekerjaan dan menuliskan deskripsi pekerjaan. Kita akan melihat bahwamenganalisis pekerjaan meliputi penentuan lingkup dari pekerjaan tersebut secara detail, danorang seperti apa yang harus dipekerjakan oleh perusahaan untuk pekerjaan seperti itu. Kita juga akan mendiskusikan beberapa teknik analisis pekerjaan, dan bagaimana caramenggunakan internet dan lebih banyak metode tradisional yang dapat digunakan untuk merancang deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan.Analisis pekerjaan adalah prosedur untuk menentukan tanggung jawab dan persyaratan keterampilan yang dibutuhkan dari pekerjaan dan jenis orang yang harusdipekerjakan untuk pekerjaan tersebut. Analisis pekerjaan menentukan tanggung jawab posisitersebut, karakteristik orang-orang yang bekerja untuk posisi tersebut dan memberikaninformasi yang digunakan untuk membuat deskripsi pekerjaan (daftar tentang pekerjaan itu)dan spesifikasi pekerjaan (jenis orang yang harus dipekerjakan untuk pekerjaan tersebut).Penyelia atau spesialis SDM biasanya mengumpulkan beberapa informasi berikutmelalui analisis pekerjaan:
 Aktivitas pekerjaan.
Pertama, orang tersebut mengumpulkan inforamasi mengenaiaktivitas pekerjaan tersebut yang sebenarnya, seperti membersihkan, menjual ,mengajar atau melukis.
 Perilaku manusia.
Spesialis itu juga dapat mengumpulkan informasi mengenai perilaku- perilaku manusia seperti merasakan, berkomunikasi, memutuskan, dan menulis.
Mesin, perangkat, peralatan, dan bantuan pekerjaan.
Kategori ini termasuk informasimengenai perangkat yang digunakan, bahan-bahan yang di proses.
Standar prestasi.
Pengusaha juga mungkin menginginkan informasi mengenai standar  prestasi pekerjaan (misalnya dalam konteks level atau mutu untuk setiap kewajiban pekerjaan).
 Konteks pekerjaan.
Merupakan informasi tentang hal-hal seperti kondisi fisik pekerjaan,
 
 jadwal kerja, konteks organisasi dan sosial. Misalnya, siapa karyawan yang biasanyaakan berinteraksi.
 Persyaratan manusia.
Ini termasuk informasi mengenai persyaratan manusia untuk  pekerjaan itu, seperti pengetahuan atau keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan (pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja).
4.2 Menggunakan Tiga Metode Pengumpulan Informasi AnalisisPekerjaan dengan Cara Wawancara, Kuesioner, dan Observasi.
Ada beragam cara untuk mengumpulkan informasi mengenai kawajiban, tanggung jawab, dan aktivitas dari pekerjaan, dan kita akan membahas hal yang paling penting dalam bagian ini. Dalam praktiknya, Anda dapat menggunakan salah satu dari teknik-teknik tersebut, atau dapat mengkombinasikan teknik-teknik yang paling cocok dengan tujuan Anda.Jadi, wawancara mungkin sesuai untuk membuat deskripsi pekerjaan, sedangkan kuesioner analisis posisi lebih sesuai untuk mengukur nilai kompensasi dari pekerjaan.Melakukan analisis pekerjaan biasanya melibatkan gabungan dari seorang spesialisSDM, pegawai yang bersangkutan, dan penyelia pegawai tersebut. Spesialis SDM(barangkali seorang manajer SDM, analisi pekerjaan, atau konsultan) dapat mengamati danmenanalisis pekerjaan itu, kemudian membuat deskripsi dan spesifikasi pekerjaan. Penyeliadan pekerja dapat mengisi kuesioner yang berisi aktivitas para bawahannya.Dalam praktik, perusahaan biasanya mengumpulkan data analisis pekerjaan dari beragam “ahli masalah subjek(kebanyakan pemegang jabatan pekerjaan) denganmenggunakan kuesioner dan wawancara. Kemudian, mereka membuat rata-rata data dari beberapa karyawan untuk masing-masing dari beberapa tugas tertentu. Masalahnya adalahkaryawan yang memiliki jabatan pekerjaan yang sama tetapi bekerja dalam Departemen berbeda dapat mengalami tekanan yang sangat berbeda. Karenanya, hanya denganmenambahkan dan membuat rata-rata jumlah waktu yang katakanlah, dibutuhkan asistenSDM untuk “mewawancarai kandidat” dapat berakhir dengan hasil yang menyesatkan.Intinya adalah Anda harus memahami konteks departemental pekerjaan itu: Cara seseorangmenghabiskan waktunya dengan jabatan pekerjaan tertentu tidaklah selalu sama dariDepartemen yang satu dengan yang lain. Wawancara kuesioner, observasi dan diary/logadalah metode yang paling populer untuk mengumpulkan data analisis pekerjan. Mereka
 
memeberikan informasi realisitis tentang apa yang sebenarnya dilakukan pemegang jabatan pekerjan itu. Para manajer menggunakannya untuk mengembangkan deskripsi pekerjaan danspesifikasi pekerjaan
WAWANCARA
Para manajer menggunakan tiga jenis wawancara untuk mengumpulkan data analisis pekerjaan yaitu wawancara individual dengan setiap karyawan, wawancara kelompok dengankelompok karyawan yang memiliki pekerjaan yang sama dan wawancara penyelia dengansatu atau dengan banyak penyelia yang mengetahui pekerjaan tersebut. Jenis wawancaraapapun yang Anda gunakan ada harus yakin bahwa orang yang diwawancarai memahamisepenuhnya alasan wawancara itu. Karena ada kecenderungan bahwa wawancara demikianadalah bentuk dari penilaianbenar atau salah yang menjadi evaluasi efisiensi.
PRO DAN KONTRA
Pro dan kontra wawancara adalah metode yang paling banyak digunakan untuk mengenali kewajiban dan tanggung jawab pekerjaan. Dan karena kelebihan yang dimilikinya.Seorang pewawancara yang terampil dapat menggali aktivitas penting yang terjadi hanyasekali-kali, wawancara juga memberikan kesempatan untuk menjelaskan fungsi dari analisis pekerjaan. Beberapa pertanyaan wawancara yang biasa diajukan meliputi :Pekerjaan apa yang dilaksanakan ?Apakah kewajiban dari posisi anda ? Apa yang tepatnya anda kerjakan ?Seperti apa lokasi titik anda bekerja ?Dalam aktivitas apakah anda berpartisipasi ?Apakah tanggung jawab dan kewajiban dari pekerjaan itu ?
PEDOMAN WAWANCARA
Pertama, analisis pekerjaan dan penyelia harus bekerja sama untuk mengenali pekerjan yang paling mengetahui pekerjaan itu dan lebih disukai adalah mereka yang dapatsecara objektif menjelaskan tanggung jawab mereka.Kedua, mengadakan hubungan dengan orang yang akan diwawancarai ketahuinamanya, berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti secara singkat telah tujuan

Activity (79)

You've already reviewed this. Edit your review.
iykin93 liked this
Dodol Kine liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Pophie Reja liked this
Dennis Mahardika liked this
ekkand added this note|
gimana cara downloadnya nih yg free
dedioded liked this
Hafizah Ali liked this
Ika Zakaria liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->