Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
28Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MELATIH DAN MENGEMBANGKAN KARYAWAN

MELATIH DAN MENGEMBANGKAN KARYAWAN

Ratings: (0)|Views: 7,994|Likes:

More info:

Published by: Bobby Arianto Purnama Saputra on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2014

pdf

text

original

 
BAB 7MELATIH DAN MENGEMBANGKAN KARYAWAN
1 PROSES PELATIHAN.
Pelatiahn adalah proses megajar keterampilan yang dibutuhkan karyawan baru untuk melakukan pekerjaannya. Pelatihan dapat mengurangi bahaya dan kerugian bagi pekerja ataukaryawan maupun perusahaan. Memiliki karyawan yang berpotensi tidaklah menjamin bahwa pekerja atau karyawan tersebut dapat berhasil dalam pekerjaanya dan dapat memajukan ataumenguntungkan perusahaan. Pekerja atau karyawan harus dapat mengetahui dan dapatmemahami dan menguasai tugasnya dengan baik sesuai dengan apa yang pemimpin atau perusahaannya inginkan, sehingga terjalinlah hubungan yang baik antar pekerja, manajer dantujuan perusahaan.
1.1 KONTEKS STRATEGIS PELATIHAN
.
Dahulu pelatihan hanya menekankan pada keterampilan teknis, seperti pelatihan kepadatenaga perakit untuk menyolder kabel atau guru untuk menyusun rencana pelajaran. Saat ini, pelatihan teknis seperti itu tidak memadai. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu sta pengajar pelatihan: sekarang tidak hanya berkonsentrasi pada pelatihan tradisional tetapi bekerjasama dengan manajemen dan membantu mengidentifikasi tujuan dan sasaran strategis sertaketerampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapainya.Pelatihan juga berperan penting dalam proses manajemen kinerja. Manajemen kinerjaadalah proses yang digunakan oleh pengusaha untuk memastikan karyawan bekerja searahdengan tujuan organisasi. Pelatihan adalah proses terintregasi yang digunakan oleh pengusahauntuk memastikan agar para karyawan bekerja untuk mencapai tujuan organisasi. Ini berartimelakukan pendekatan terintregasi dan berorientasi pada tujuan untuk menugaskan, melatih,menilai dan memberikan penghargaan pada kinerja karyawan. Melakukan pendekatanmanajemen kinerja berarti bahwa upaya-upaya pelatihan yang dilakukan harus sesuai dengan apayang diinginkan pengusaha untuk diberikan oleh setiap karyawan agar tujuan perusahaan dapat
 
dicapai.Pelatihan memiliki catatan positif yang menarik dalam hal memengaruhi efektivitasorganisasi, memberikan nilaiyang lebih tinggi daripada penilaian dan umpan balik, dan hanyasedikit dibawah penetapan tujuan dalm hal pengaruhnya pada produtivitas.
1.2 LIMA LANGKAH PROSES PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN.
Program pelatihan terdiri dari lima langkah. Pertama, langkah analisis kebutuhan, yaitumengetahui keterampilan kerja spesifik yang dibutuhkan, menganalisis keterampilan dankebutuhan calon yang akan dilatih, dan mengembangkan pengetahuan khusus yang terujur sertatujuan prestasi. Langkah kedua, merencanakan instruksi, untuk memutuskan, menyusun, danmenghasilkan isi program pelatihan, termasuk buku kerja, latihan dan aktivitas; yangmenggunakan teknik seperti yang telah dibahas dalam bab ini, dengan pelatihan kerja langsungdan mempelajarinya dibantu dengan komputer. Ketiga, langkah validasi, dimana orang-orangyang terlibat membuat sebuah program pelatihan dengan menyajikan kepada beberapa pemirsayang dapat mewakili. Langkah keempat adalah menerapkan program itu, yaitu melatih karyawanyang ditargetkan. Yang kelima adalah evaluasi dan tindak lanjut, dimana manajemen menilaikeberhasilan atau kegagalan program ini.
PELATIHAN, BELAJAR, DAN MOTIVASI.
Pelatihan tidak bermanfaat jika peserta tidak mendapatkan kemampuan atau motivasiuntuk mendapatkan keuntungan darinya. Berkaitan dengan kemampuan, peserta butuh (diantarahal-hal lain) bacaan yang diisyaratkan, keterampilan, menulis. Dan matematika, dan persyaratantingkat pendidikan, inteligensia, dan pengetahuan dasar. Seleksi karyawan secara efektif sangat bermanfaat. Sebagai tambahan, sebagian pengusaha menggunakan miniature pelatihan pekerjaanuntuk menyeleksi peserta dengan kemampuan rendah. Kita akan mendiskusikan metode inikembali, tapi pada dasarnya hal itu melibatkan penggunaan contoh tugas-tugas dari program pelatihan perusahaan untuk membantu memutuskan siapa yang akan dan tidak akan mengikuti pelatihan.Pengusaha dapat melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan motivasi belaja peserta. Memberikan kesempatan untuk praktik-praktik aktif, dan memperbolehkan peserta
 
melakukan kesalahan dan mengeksplor berulang-ulang solusi untuk meningkatkan motivasi dan pembelajaran. Kita dapat meringkaskan hal-hal motivasional berikut ini :1.Proses Belajar yang berguna, biasanya lebih mudah bagi orang yang ikut pelatihan untuk memahami dan mengingat bahan yang berarti. Karenanya :
Pada awal pelatihan, berikan kilasan singkat bahan yang akan diberikan.Mengetahui gambaran keseluruhan akan memudahkan proses belajar.
Gunakan beragam contoh yang telah dipahami.
Aturlah informasi sehingga anda dapat menyajikannya secara logis, dan dalamurutan yang jelas.
Gunakanlah hal-hal dan konsep yang telah dipahami oleh orang yang akan dilatih.
Gunakanlah sebanyak mungkin bantuan visual.2.Buatlah proses transfer keterampilan menjadi mudah, permudahlah memindahkanketerampilan dan perilaku baru dari tempat pelatihan ke tempat kerja.
Memaksimalkan kesesuaian antara situasi pelatihan dan situasi pekerjaan.
Berikanlah praktik yang memadai.
Arahkan perhatian orang yang dilatih kepada aspek yang penting dari pekerjaan.
Berikan tanda untuk setiap bentuk mesin dan/atau langkah dalam prosesnya.3. Memberikan Motivasi kepada orang yang belajar, Berikut adalah beberapa cara untuk memotivasi orang yang dilatih :
Cara belajar paling baik adalah dengan langsung melakukannya.
Orang yang dilatih akan belajar sangat baik bila pelatih dengan cepat membuat responsyang benar .
Orang yang dilatih akan belajar sangat baik berdasarkan langkah mereka sendiri.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
wien_ni liked this
Bima Satria liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
AgungBolaang liked this
Dian Pratama liked this
Jevy Albarn liked this
Farid Van Banjar liked this
A-yHu AnHa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->