Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
[Flash] Modul Flash Sadana Production

[Flash] Modul Flash Sadana Production

Ratings: (0)|Views: 2,066 |Likes:
Modul belajar Animasi flash berbahasa indonesia, dipersembahkan oleh SADANA Studio. Pengenalan, latihan, teori dan praktek, bahkan tips dan trik lengkap dibahas pada terbitan kedua ini. semoga bermanfaat.
Modul belajar Animasi flash berbahasa indonesia, dipersembahkan oleh SADANA Studio. Pengenalan, latihan, teori dan praktek, bahkan tips dan trik lengkap dibahas pada terbitan kedua ini. semoga bermanfaat.

More info:

Published by: Jadmiko Agung Wicaksono on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/08/2013

pdf

text

original

 



!"#$#

SADANA PRODUCTION PRESENT

 

 

 
With Adobe Flash
Nama :Alamat :Contact Person :Web / Blog :
STORY - TUTORIAL – TIPS & TRIKS – TEKNIQ - LINK PATNER
 



!"#$#

MEMBUAT ANIMASI – PAHAMI & PRAKTEK’an
Jadmiko Agung Wicaksono
 Email :
 
 jadmikoz@gmail.com
 
Website :
 
http://www.jadmikoz.co.cc
 
“Disusun oleh beberapa sumber dan pengalaman pribadi penulis”
Prolog :
Perkembangan teknologi komputer demikian pesatnya, yang memiliki fungsi awalsebagai alat bantu dalam menyelesaikan persoalan dan masalah dalam segala bidangkemudian memasuki fungsi sebagai penghibur. Hal ini ditandai dengan banyak produk-produk yang berbasis komputer dalam dunia hiburan. Salah satu dunia hiburan yang banyak diminati adalah kartun. Penggunaan komputer untuk menghasilkan kartun yang professionalsudah dilakukan diawali dengan kartun-kartun yang dibuat Hollywood Amerika Serikatyang menggunakan komputer. Di Indonesia sendiri bermunculan forum-forum yangmembahas tentang animasi kartun ini dan beberapa perusahaan-perusahaan yangmemfokuskan diri di bidang animasi kartun. Pembuatan animasi kartun ini jika ditekuniakan dapat menciptakan peluang-peluang kerja baru di Indonesia. Dalam skripsi ini akandigambarkan cara membuat animasi kartun dengan menggunakan Macromedia Flash atauAdobe Flash.
1.
 
Pendahuluan
Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkansecara berurutan. Pada video atau film, animasi merancu pada teknik dimana setiap framedalam film dibuat secara terpisah. Frame bisa dihasilkan dari komputer, dari fotografi ataudari gambar lukisan. Ketika frame-frame tersebut digabungkan, maka terdapat ilusiperubahan gambar, sesuai dengan teori yang disebut dengan “persistance of vision” Jenis- jenis AnimasiApapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek)pada gambar atau obyek. Visual efek dapat dibuat dengan cara:-
 
 Motion dynamics
, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.-
 
Update dynamics
, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna,struktur, dan tekstur)-
 
Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera. Computer Based AnimationAdalah teknik pengolahan animasi menggunakan komputer dengan tool untuk membuatvisual effect.
 



!"#$#

1.
 
Input process
Sebelum komputer dapat dipakai dalam animasi, gambar harus didigitalisasiuntuk membentuk keyframe terdigitasi.
2.
 
Composition Stage
Adalah stage dimana foreground dan background dikombinasikan untuk menghasilkan individual frame untuk animasi final. Hal ini dapat dilakukan denganmenggunakan “image-composition techniques”, yaitu dengan menempatkan lowresolution frame dalam array.
3.
 
Inbetween Process
Pergerakan dari satu posisi ke posisi lain membutuhkan komposisi frame denganposisi intermediate antar key frame. Proses tersebut dilakukan dengan menggunakaninterpolasi.Kelemahan interpolasi adalah kurang realistis. Sehingga dapat pula dilakukandengan menggunakan spline (menggunakan vektor).
4.
 
Pengubahan warna
Untuk mengubah warna animasi digunakan CLUT (Color Look Up Table) padaframe buffer. Animasi pengubahan warna dilakukan dengan cara memanipulasi LUT(misalnya dengan mengganti warna secara berurutan) daripada mengganti keseluruhangambar dengan gambar yang baru yang pasti akan memakan bandwidth lebih besar.Modul
 Animation Maker 
ini sebenarnya cakupannya luas, dimulai dari mana animasidapat terlihat hidup, sesi pembuatan cerita yang apik, dan banyak lagi lainnya. Untuk mempercepat proses pembelajaran akan di bahas beberapa poin pemahaman penting yangharus dimengerti oleh pembelajar. Poin-poin penting tersebut di dalam flash sudahkompatibel dengan banyak aplikasi lain, jadi bila kita telah terbiasa menggunakan banyak macam aplikasi-aplikasi grafis tersebut banyak menerapkannya, pelajari dan pahami poinpenting di bawah ini :
 Komponen Utama Animasi1.
 
 Layer
Illustrasi Layer danStage

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rizky Mawar Ajjah added this note
apa sih fungsi dari swap bitmap dengan trace bitmap bantu aku donk...
Adi Sopian liked this
Fitri Ana liked this
N-oe Fa liked this
Sekti Wicaksono liked this
Hendy Kosandy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->