Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Etika, Hukum dan Perlakuan yang Adil dalam Manajemen SDM

Etika, Hukum dan Perlakuan yang Adil dalam Manajemen SDM

Ratings: (0)|Views: 3,989|Likes:

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Bobby Arianto Purnama Saputra on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/10/2013

pdf

text

original

 
BAB 14Etika, Hukum dan Perlakuan yang Adil dalam ManajemenSDM
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan perilaku yang etis saatbekerja.
Arti Etika.
Etika
adalah prinsip-prinsip melaksanakan pengaturan terhadap individu atausuatu kelompok; khususnya standar-standar yang anda gunakan untuk memutuskan bagaiman cara anda meleksanakan sesuatu.Keputusan yang berkaitan dengan etika selalu memiliki dua karakteristik.Pertama, keputusan-keputusan tersebut selalu melibatkan penilaian normatif. Penilaiannormative mengimplikasikan bahwa sesuatu itu baik atau buruk, benar atau salah, lebih baik atau lebih buruk.Keputusan etika selalu melibatkan moralitas, standar-standar perilaku mana yangditerima oleh masyarakat. Standar-standar moral berbeda dengan standar lain dalam beberapa hal. Mereka berkaitan dengan perilaku yang memiliki konsekuensi seriusterhadap kesejahteraan masyarakat, seperti pembunuhan, penipuan, dan pencemarannama baik. Mereka tidak dapat dibangun dan diubah oleh keputusan badan kewenangantertentu seperti legisltif dan mereka harus lebih penting daripada keinginan pribadi.Banyak orang percaya bahwa penilaian moral tidak pernah situsional. Penilaian moralcenderung memicu emosi.
Etika dan Hukum.
Hukum bukanlah hal terbaik dalam hal etika, karena sesuatu bisa saja sah tapitidak benar, dan sesuatubisa saja benar tapi tidak sah. Anda dapat membuat keputusanyang melibatkan etika berdasarkan apa yang sah. Etika adalah membuat keputusan yang
 
merupakan representatif dari apa yang kita dukung, tidak hanya menurut hukum kadangkala perilaku tidak sah dan etis.
Etika, Perilaku Yang Adil , dan Hukum.Keadilan
adalah bagian yang terintegrasi dari apa yang dipikirkan orang sebagaihukum. Para ahli umumnya mendefinisikan hukum organisasional dalam tiga komponen:1)
Hukum distributif 
mengacu pada keadilan dan dari hasil suatu keputusan.2)
Hukum procedural
mengacu pada keadilan suatu proses yang digunakan oleh perusahaan untuk mengalokasikan kenaikan tunjangan.3)
Hukum Interaksional
atau Interpersonal mengacu pada perilaku saat manajer melakukan hubungan antarpersonal mereka mereka dengan para karyawan, dankhususnya pada tingkatan mana mereka memperlakukan karyawan dengan rasahormat sebagai lawan dari tindak kekerasan dan ketidakhormatan.
Mendiskusikan Faktor-Faktor Penting Yamg Membentuk PerilakuEtis Saat Bekerja.
Apa Yang Membentuk Perilaku Yang Etis Saat Bekerja.
Faktor- Faktor Perorangan.
Karena orang membawa nilai-nalai apa yang mereka anggap benar dansalah ke pekerjaan mereka, setiap individu harus menanggung beban kredit untuk  pilihan etika yang dibuatnya.Dalam kasus apapun ujian kejujuran menunjukan bahwa sebagian oranglebih cenderung untuk membuat pilihan etis yang salah.
Faktor-Faktor Keorganisasian.
Pengaruh Atasan.
 
Atasan menetapkan karakter umum, tindakan merupakan sinyal-sinyaltentang apa yang benar dan apa yang salah.Disini terdapat beberapa contoh tentang bagaimana para penylelia secarasadar mengarahkan bawahan untuk melakukan hal yang tidak benar :1.Mengatakan pada para staf untuk melakukan apa pun yang diperlukanuntuk mencapai hasil.2.Membebani berlebihan orang-orang dengan kinerja puncak untumemastikan pekerjaan tersebut selesai.3.Mencari jalan lain saat terjadi hal-hal illegal.4.Mengambil hasil kerja orang lain atau menghindari kesalahan.
Aturan Hukum dan Kebijakan Etika.
Aturan dan kebijakan etika adalah satu tanda bahwa perusahaan serius dalammasalah etika. Kadang kala aturan etika berjalan dengan baik, dan kadang kala tidak.Sebagian perusahaan sangat mendorong karyawannya untuk mengikuti “tes etika” cepatuntuk mengevaluasi apa yang akan mereka lakukan sesuai dengan aturan sikap di perusahaan yang bersangkutan.
Budaya Organisasi.
Karakteristik nilai, tradisi dan perilaku perusahaan yang dimiliki oleh parakaryawan.
 Apa yang dimaksud dengan budaya organisasi?
Karakteristik nilai, tradisi dan perilaku perusahaan yang dimiliki oleh parakaryawan. Nilai adalah keyakinan dasar tentang apa yang benar atau apa yang salah, atauapa yang harus anda lakukan atau tidak. Nilai penting karena nilai-nilai itu memberikan pedoman dan menghubungkan perilaku.Para manajer harus memikirkan cara untuk mengirimkan sinyal yang benar pada para karyawan mereka. Antara lain :
Mengklarifikasikan Harapan.
Gunakan Sinyal dan Persimbolan.
Menyediakan Dukungan Fisik.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ahmad Yani liked this
Jcl Rahel liked this
Dedy Suharjono liked this
May Siti liked this
Zaenal Arifin liked this
Maia Roesmala liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->