Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kegunaan Sosiologi Hukum Dalam Pembangunan Sistim Hukum Nasional

Kegunaan Sosiologi Hukum Dalam Pembangunan Sistim Hukum Nasional

Ratings: (0)|Views: 3,061 |Likes:
Published by Tmr Gitu Looh

More info:

Published by: Tmr Gitu Looh on Sep 27, 2010
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

 
By Timur Abimanyu, SH.MHKEGUNAAN SOSIOLOGI HUKUM DALAM PEMBANGUNANSISTIM HUKUM NASIONALA.Latar Belakang
Perkembangan Sosiologi Hukum di awali oleh Anzilloti pada Tahun 1882 yaituyang memperkenalkan ruang lingkup dan objek kajian sosiologi hukum dan jugadipengaruhi oleh disiplin ilmu filsafat hukum, ilmu hukum dan sosiologi hukum.
1
Dimana filsafat hukum adalah yang menjadi penyebab lahirnya sosiologi hukum yaitualiran Positivisme yang artinya hukum itu tidak boleh bertentangan dengan ketentuanyang lebih diatas derajatnya dengan maksud bahwa yang paling bawah adalah PutusanPeradilan dan diatasnya adalah Undang-Undang dan Kebiasaan dan diatasnya lagiadalah Konstitusi dan diatasnya lagi adalah Grundnorm yaitu dasar atau basis sosial darihukum yang merupakan salah satu obyek pembahasan didalam sosilogi hukum.Dengan demikian dalam upaya pembangunan sistim hukum harusmemperhatikan Konsitusi dan Kebiasaan yang hidup didalam masyarakat, karena jikahukum positif yang diberlakukan didalam masyarakat tidak sejalan dan bertentangandengan hukum yang hidup didalam masyarakat maka dapat dipastikan hukum posirif atau undang-undang tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif.
B.Tujuan dan Maksud
Untuk mengetahui secara mendalam Sosiologi Hukum
2
yang merupakan sumber dari pemberlakuan hukum positif, karena hukum positif 
3
harus sejalan dengan kebiasaandan hukum yang hidup didalam masyarakat, dengan bersandar pada nilai-nilai yangterkandung didalam Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang merupakansebagai proyeksi dari sosiologi hukum.
C.Kerangka Teori dan Konseptual
Dengan didasari oleh Kerangka teori dan konsep dari sosiologi hukum menurut
difinisiCarl Von Savigny
adalah :
1
. HLA. Hart, Th Consept of Law, (londn : Oxford University Pes, 1961), hal.32.
2
. Sarjono Soekanto, Mengenal Sosiologi Hukum. (Bandung : Penrit : PT.Citra Aditya Bakti,1989), hal..23.
3
. Donal Black, The Behavior of Law, (New York : Academic Press, 1976), hal, 25.
 
 Hukum itu tdak dibuat, akan tetapi tumbuh dan berembang bersma-sama denganmasyarakat (volksgis
)
”.
Menurut difinisi Jeremy Bentham (aliran Utilitry)
bahwa :
” Hukum itu harus bermanfaat bagi masyarakat, guna mencapai hidup bahagia”.
Dan Menurut Eugen Ehrlich (aliran Sociological Jurisprudence)
adalah :
 Hukum yang dibuat harus sesuai dengan hukum yang hidup didalam masyarakat ( livinglaw )”.
D. Landasan Hukum.
 Nilai-nilai Sosiologi Hukum sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai filsafat hukumdan dalam kaitannya dengan pembangunan sistim hukum di Indonesia tidak terlepasdari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, yaituPasal 22 : (1) Dalam hal ikhwal kegentingan yang memaksa, Presiden berhamenetapkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang. (2) PeraturanPemerintah itu harus mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat dalam persidangan yang berikut. (3) Jika tidak mendapat persetujuan, maka PeraturanPemerintah itu harus dicabut dan Pasal 22A yaitu ketentuan lebih lanjut tentang tatacara pembentukan undang-undang diatur dengan undang-undang.
E.Perumusan Masalah
Rumusan permasalahan Kegunaan Sosiologi Hukum dalam Pembangunan SistimHukum :-Sampai sejauhmanakah peraturan perundang-undang yang diberlakukan dapat efektif dijalan didalam kehidupan masyarakat tersebut ?
F.Asumsi
Asumsi penulisan adalah sebagai berikut :-Semua Undang-Undang maupun peraturan perundang-undang yang dibuat olehlembaga eksekutif dengan lembaga legislatif harus memperhatikan nilai-nilai sosialyang bersandar pada nilai dan kaidah-kaidah sosiologi hukum yang merupakankebiasaan atau konstitusi, jika pemberlakukan undang-undang maupun perundang-undang mengenyampingkan nilai-nilai tersebut maka undang-undang maupun perundang-undang tersebut tidak akan efektif dan berjalan dengan baik karena dapatdipastikan akan bertentangan dengan hukum yang hidup didalam masyarakat.
G. Pengertian :g. 1. Pengertian Sosiologi Hukum :
Sosiologi Hukum adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang secara analistisdan empiris yang menganalisis atau mempelajari hubungan timbal balik antarahukum dengan gejala-gejalan sosial lainnya.
4
(menurut Soerjono Soekanto).Sedangkan menurut pendapat ahli lainnya baha sosiologi hukum (sociology of law)adalah pengetahuan hukum pada pola perilaku masyarakat dalam konteks sosialnya.
4
. Satjipto Raharjo, Ilmu Hukum, (bandung, Aumni, 1982), h, 310.
2
 
(menurut Satjipto Raharjo). Kemudian sosiologi hukum di Indonesia berkembangdan menurut R. Otje Salman bahwa sosiologi hukum adalah ilmu yangmempelajari hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosiallainnya seara empris analitis.
5
g.2.Latar Belakang Sosiologi Hukum :
Sosiologi Hukum di awali oleh Anzilloti pada Tahun 1882 yaitu yangmemperkenalkan ruang lingkup dan objek kajian sosiologi hukum dan jugadipengaruhi oleh disiplin ilmu filsafat hukum, ilmu hukum dan sosiologi hukum.Dimana filsafat hukum adalah yang menjadi penyebab lhirnya sosiologi hukumyaitu aliran Positivisme yang artinya hukum itu tidak boleh bertentangan denganketentuan yang lebih diatas derajatnya dengan maksud bahwa yang paling bawahadalah Putusan Peradilan dan diatasnya adalah Undang-Undang dan Kebiasaan dandiatasnya lagi adalah Konstitusi dan diatasnya lagi adalah Grundnorm yaitu dasar atau basis sosial dari hukum yang merupakan salah sat obyek pembahasan didalamsosilogi hukum. Kemudian dipengaruhi pula oleh perkembangan Ilmu Hukum yangmenganggap bahwa hukum sebagai gejala sosial, banyak mendorong pertumbuhansosiologi hukum. Kemudian sosiologi yang berorientasi pada hukum menurut pendapat Emile Durkheim, Max eber, Roscoe Pound yang berpendapat bahwadalam setiap masyarakat selalu ada solideritas, ada yang solideritas organi dan adasolideritas mekanis yaitu terdapat dalam masyarakat sederhana, hukumnya bersifatreprensip yang diasosiasikan seperti dalam hukum pidana. Sedangkan solideritasorganis yaitu terdapat dalam masyarakat modern, hukumnya bersifat restitutif yangdaisosiakian seperti dalam hukum perdata.
g.3.Ruang Lingkup Sosiologi Hukum :
Terdiri dari dari dasar-dasar sosial dari hukum atau basis sosial dari hukummisalnya hukum nasional di Indonesia, dasa sosialnya adalah pancasila dengan ciri-ciri adalah musyawarh/mufakat dan kekeluargaan. Sedangkan Efek-efek hukumterhadap gejala sosial adalah UU anti rokok, UU Narkoba , UU Hak asasi manusiadan lain-lain sebagainya. Dengan tidak terlepas dari pendekatan instrumentaldengan bertujuan untuk mendapatkan prinsip-prinsip hukum dan ketertiban yangdidasari secara rasional dan dogmatis dan Pendekatan Hukum Alam dan krititerhadap pendekatan positivistik 
g.4. Karakteristik Sosilogi Hukum :
Adalah fenomena hukum didalam masyarakat dalam mewujudkan deskripsi, penjelasan, pengungkapan (revealing) dan prediksi. Karakteristik kajian adalahdimana sosiologi hukum berusaha untuk memberikan deskripsi terhadap praktek- praktek hukum yang dibedakan kedalam pembuatan undang-undang, penerapandalam pengadilan, mempelajari dan bagaimana praktek yang terjadi pada masing-masing kegiatan hukum. Sosiologi hukum bertujuan untuk menjelaskan mengapasosial masyarakat itu terjadi, sebab-sebab, faktor-faktor yang berpengaruh dansebagainya. Kemudian sosiologi hukum untuk menguji kesahihan empiris dari
5
R. Otje Salman, Sosiologi Hukum : Suatu Pengantar, (Bandung : Penerbi CV, Armico, 1992),hal.13.
3

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
jessica_sibarani liked this
octavia_permata liked this
Fay MN liked this
Kiwan Musba liked this
Dank Irawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->