Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
34Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SENI BUDAYA

SENI BUDAYA

Ratings: (0)|Views: 16,158|Likes:
Published by dewi_novitasari96

More info:

Published by: dewi_novitasari96 on Sep 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
definisi seni
Dalam bahasa Sanskerta, kata seni disebut cilpa. Sebagai kata sifat, cilpa berartiberwarna, dan kata jadiannya su-cilpa berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yangindah atau dihiasi dengan indah. Sebagai kata benda ia berarti pewarnaan, yangkemudian berkembang menjadi segala macam kekriaan yang artistik. Cilpacastrayang banyak disebut-sebut dalam pelajaran sejarah kesenian, adalah buku ataupedoman bagi para cilpin, yaitu tukang, termasuk di dalamnya apa yang sekarangdisebut seniman. Memang dahulu belum ada pembedaan antara seniman dantukang. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi belum ada danseni adalah ekspresi keindahan masyarakat yang bersifat kolektif. Yang demikian ituternyata tidak hanya terdapat di India dan Indonesia saja, juga terdapat di Baratpada masa lampau.Dalam bahasa Latin pada abad pertengahan, ada terdapat istilah-istilah ars, artes,dan artista. Ars adalah teknik atau craftsmanship, yaitu ketangkasan dan kemahirandalam mengerjakan sesuatu; adapun artes berarti kelompok orang-orang yangmemiliki ketangkasan atau kemahiran; dan artista adalah anggota yang ada di dalamkelompok-kelompok itu. Maka kiranya artista dapat dipersamakan dengan cilpa.Ars inilah yang kemudian berkembang menjadi l'arte (Italia), l'art (Perancis), elarte(Spanyol), dan art (Inggris), dan bersamaan dengan itu isinyapun berkembangansedikit demi sedikit kearah pengertiannya yang sekarang. Tetapi di Eropa ada jugaistilah-istilah yang lain, orang Jerman menyebut seni dengan die Kunst dan orangBelanda dengan Kunst, yang berasal dari akar kata yang lain walaupun denganpengertian yang sama. (Bahasa Jerman juga mengenal istilah die Art, yang berarticara, jalan, atau modus, yang juga dapat dikembalikan kepada asal mula pengertiandan kegiatan seni, namun demikian die Kunst-lah yang diangkat untuk istilahkegiatan itu).Yunani yang dipandang sebagai sumber kebudayaan Eropa walaupun sejak awalsejarahnya sudah mengenal filsafat dan juga fisafat seni, ternyata tidak juga memilikikata yang dapat disejajarkan dengan pengertian kita sekarang tentang seni. Istilahyang paling dekat dengan pengertian itu ialah ?hne??ng sekarang kita kenal memiliki
 
hubungan langsung dengan perkataan ?nik??Pengertian Dasar Tentang Lingkup SenirupaKata seni yang bersumber dari bahasa asing itu menekankan arti pada hasil aktivitasseniman. Lingkup seni sebagai hasil aktivitas artistik yang meliputi seni suara, senigerak dan seni rupa sesuai dengan media aktivitasnya. Media dalam hal inimempunyai arti sarana yang menentukan batasan-batasan dari lingkup senitersebut.
J
enis tari tradisional
Tari Merak, Jaipong dan Topeng Raih "Rating" Tertinggi Sabtu, 20 Maret 2010 | 03:19 WIBKompas/uki
BANDUNG, KOMPAS.com
--Tiga jenis tarian tradisional asal Jawa Barat yakni tariMerak, Topeng dan tari Jaipong memiliki "rating" atau popularitas tertinggi dimancanegara.
"Ketiga tarian itu selalu dipesan untuk ditampilkan saat pentas dimancanegara, ratingnya cukup tinggi di luar negeri,"
kata Kepala DinasKebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Herdiwan Iing Suranta di Bandung, Jumat.
 
Meski demikian, Jawa Barat berupaya untuk menampilkan sejumlah seni busayalainnya untuk pentas di luar negeri. Di Jabar sendiri saat ini terdapat sekitar 300 jenis kesenian.Hal itu, menurut Herdiwan untuk menjaga agar pentas di luar negeri hanya ketigaseni tari itu . Meski demikian, pihaknya tetap mengakomodir keinginan pasarpentas di luar negeri.Pentas seni di luar negeri biasanya dilakukan atas undangan negara yangbersangkutan atau undangan dari KBRI.
"Kami pentaskan seni tradisi lainnya, jangan sampai seni Jabar yang dikenal hanya tari merak, topeng dan jaipong saja,sambutan dari luar negeri cukup bagus," 
kata Herdiwan.Selain itu,
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar
juga mengubah strategipengembangan seni budaya, salah satunya memerankan Taman Budaya Bandungtidak sebatas mementaskan kesenian tradisional namun memberikan pembinaanuntuk latihan para seniman seni tradisi.
"Disbudpar tidak akan menjadi lembaga yang ¶memanggungkan¶ seni budaya,namun dilakukan perubahan sudut pandang dengan strategi lebih mendorong pengembangan dan pelestarian seni budaya," 
kata Herdiwan.Pihaknya akan terus mendukung para seniman untuk berlatih dan melestarikan senibudaya, dan akan mengapresiasinya dengan mementaskan mereka dalampagelaran di
panggung Taman Budaya
maupun di
Monumen PerjuanganRakyat Jabar.
 
"Kami mengundang mereka untuk pentas, bukan mengundang mereka sematadengan bayaran uang. Tapi lebih memberikan ruang pentas dan apresiasi seni budaya sehingga para pelaku seni budaya mendapat ruang ekspresi," 
kataHerdiwan.Ia menyebutkan, upaya pengembangan seni budaya pada 2010 dilakukan denganmerenovasi 15 sanggar seni di tiga zona budaya berbeda yakni Betawian,Cirebonan dan Dermayon.Pembangunan sanggar seni yang memiliki kekhasan tersebut cukup efektif sehingga sanggar itu kembali hidup dan seni budaya setempat mendapat ruangpentas yang memadai.

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gus Rockm liked this
Nazilatun Ni'mah liked this
Arief Setyawan liked this
Erlin Mariana liked this
Gebby Sya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->