Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
46Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahan Belajar : ENERGI DAN DAYA LISTRIK

Bahan Belajar : ENERGI DAN DAYA LISTRIK

Ratings: (0)|Views: 3,802 |Likes:
Published by karel_mewal

More info:

Published by: karel_mewal on Sep 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/29/2013

pdf

text

original

 
Energi dan Daya Listrik 
 
167
 
ENERGI DAN DAYALISTRIK Bab 10
 Listrik merupakan sesuatu yang sangat penting dalamkehidupan sehari-hari. Hampir semua peralatan rumahtangga saat ini menggunakan energi listrik. Energi listrik diperoleh dari hasil pengubahan berbagai bentuk energi lain. Fenomena energi listrik dan pemanfaatannya akankamu pelajari pada bab ini. Pada bab ini kamu akanmempelajari hal-hal yang berkaitan dengan energi dan dayalistrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pretest
1.Perubahan energi apakah yang terjadi pada televisi yang sedangditonton?2.Manakah yang lebih menguntungkan, menggunakan lampu pijar atau TL?3.Sebutkan macam-macam tenaga yang digunakan untuk  pembangkit listrik.
Sumber:
Ensiklopedi Iptek 
, 2004
 
Kata-Kata Kunci
 
 –daya listri –energi listri –kWh-meter 
 
168
Mari BIAS 3
 
Energi dan Daya Listrik 
 
169
Pada saat proses pembelajaran kelas VIII, kamu sudah mem- pelajari energi dan daya yang berhubungan dengan gerak. Di kelasIX ini, kamu akan lebih memperdalam energi, khususnya yang ber-hubungan dengan listrik.Energi yang dihasilkan bergantung sumber energinya. Jikaenergi berasal dari angin, energi yang dihasilkan disebut energiangin. Jika energi berasal dari panas bumi, energi yang dihasilkandisebut energi panas bumi. Coba kamu sebutkan beberapa contohenergi lain dan sumbernya.
A. ENERGI LISTRIK 
Energi listrik dapat berubah menjadi bentuk energi lain. Untuk mengubah energi listrik menjadi energi lain diperlukan alat listrik.Setrika merupakan alat listrik yang memiliki hambatan, jika di-gunakan memerlukan tegangan, arus listrik, dan waktu penggunaan.Hambatan, tegangan, kuat arus, dan waktu itulah yang memengaruhi besar energi listrik. Bagaimanakah merumuskan hubungan energilistrik dengan hambatan, tegangan, kuat arus, dan waktu?Untuk menjawab pertanyaan di atas lakukan Kegiatan 10.1secara berkelompok. Sebelumnya bentuklah satu kelompok yangterdiri 4 siswa; 2 laki-laki dan 2 perempuan.
Tujuan belajarmu adalahdapat:
menjelaskan hubunganantara tegangan, kuat arus, dan energi listrik.
Tujuan Pembelajaran
Tujuan
:1.Mengamati hubungan energi listrik dengan hambatan,tegangan, kuat arus, dan waktu2.Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain (panas)
Cara Kerja:
1.Lilitkan kawat nikelin pada badan termometer kemudiansusunlah alat seperti gambar.2.Pasang dua baterai dan catatlah suhu awal termometer kedalam tabel.3.Hidupkan sakelar bersamaan menghidupkan stopwatch dancatat kenaikan suhu setiap 5 menit.4.Catat kuat arus dan tegangan yang terukur pada ampere-meter dan voltmeter.5.Matikan sakelar dan ulangi langkah 1 s.d 4 sesuai data dalamtabel pengamatan.
Alat dan Bahan:
 –Baterai6 buah Reostat Amperemete –Kawat nikelin Sakela Termomete –Voltmete Stopwatch

Activity (46)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nico Ardiyan added this note
cara no 3 bagaimana
Sopan Purba liked this
Pein Akatsuki liked this
Khaliq Qawiy liked this
Dahlia Tambajong liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->